Currently set to Index
Currently set to Follow

6 Peristiwa ini Bukti Elon Musk Penggerak Pasar Zaman Now

Bagi mereka yang mengikuti perkembangan investasi terkini, Elon Musk adalah sosok magnet yang memiliki daya pengaruh besar dalam teknologi paling canggih hari ini.

Seakan-akan meneruskan estafet dari Warren Buffett, kini ia menjadi “orang suci” baru yang didengar oleh para investor. Bahkan, kekuatannya menggerakkan pasar bisa ia lakukan hanya dengan bermodalkan meme atau lelucon.

Terakhir, Musk mengunggah postingannya tentang Dogecoin. Ya, cuitan meme-nya pada Kamis berhasil meroketkan harga Dogecoin. Selama dua minggu terakhir, harga Dogecoin meroket hingga 60% dari harga semula, yang juga berimbas pada peningkatan harga Bitcoin.

Ia terbukti memiliki kekuatan untuk menggerakkan pasar dengan satu cuitannya ke 45 juta pengikutnya di Twitter. Pada reli GameStop tempo hari, ia berhasil menggiring para investor untuk menumpuk dananya ke perusahaan yang tidak dikenal. Bos Tesla dan pendiri SpaceX ini memang terkenal sebagai pendukung vokal kerumunan Reddit selama saga GameStop tempo hari.

Neil Wilson, kepala analis pasar di platform perdagangan Inggris Markets.com, mengatakan bahwa menurutnya besarnya peran Musk ini mengkhawatirkan. Bagaimanapun, para investor memiliki keputusannya sendiri. “Worrying in some ways that people’s financial interests are at the whim of his tweets, but it’s up to them if they want to be in those assets.”

Baca juga: Bagaimana Harga Bitcoin Setelah “Elon Pump”? Simak Prediksi Analis Ini!

6 Cuitan Elon Musk yang Bikin Ombak Besar di Pasar

Seperti yang diketahui banyak orang, Elon Musk adalah sosok yang memiliki ketertarikan besar di tiga bidang yang menurutnya sangat penting bagi dunia: internet, energi bersih, dan ruang angkasa. Tak pelak, ia kini mengelola usaha di bidang-bidang tersebut: SpaceX, Tesla, Solar City, hingga Hyperloop.

Baik atau buruk, investor kian menyadari bahwa cuitan Elon Musk adalah kunci dari pergerakan pasar hari ini. Berikut adalah enam contoh peran besar Musk dalam investasi:

#1 Elon Musk Bikin Harga Dogecoin Naik 60% dalam Beberapa Menit

Pada Kamis (4/2), harga aset kripto Dogecoin melonjak sebanyak 59% dalam sekejap. Mengapa? Karena Elon Musk kembali mencuitkan di Twitter, ia mengunggah gambar berdasarkan film Lion King. Gambar itu menunjukkan dia memegang Doge, sebuah meme anjing Shiba yang menjadi simbol Dogecoin.

Mata uang digital tersebut menyentuh hingga US$0,0579 pada hari yang sama. Meski ini jauh dari level tertinggi sepanjang masa sebesar US$0,0792 yang dicapai pada Januari. Keesokan harinya, Dogecoin turun sekitar 11% menjadi US$0,0457.

6 Peristiwa ini Bukti Elon Musk Penggerak Pasar Zaman Now, Pluang

#2 Elon Musk Bantu Menggerakkan “Kegilaan” Investasi GameStop

Salah satu intervensi Elon Musk paling penting di pasar adalah yang terjadi pada akhir Januari. Tepatnya, ketika ia memasuki hiruk pikuk perdagangan harian yang menjadikan saham GameStop melonjak dan menghantam dana lindung nilai.

Pada 26 Januari setelah pasar tutup, karena minat akan saham GameStop meningkat di antara investor ritel jejaring sosial Reddit, pengaruh cuitannya langsung terasa. Musk hanya mencuit “Gamestonk!!” saja dengan tautan ke forum Reddit Wall Street Bets.

Keesokan harinya, saham GameStop meroket sebanyak 157% dan ditutup 135% lebih tinggi. Anggota Wall Street Bets pun secara luas membahas cuitan Musk. GameStop jatuh seminggu kemudian, bagaimanapun, menjadi US$70,15 pada hari Jumat.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa salah satu pengaruh Musk adalah adanya hedge fund yang memutuskan keluar setelah cuitan. Manajemen Senvest akhirnya menghasilkan US$700 juta dari momen itu.

#3 Elon Musk Bikin Investor “Nyasar” Gara-Gara Cuitan tentang “Signal”

Salah satu contoh yang lebih aneh dari kekuatan Elon Musk dalam menggerakkan pasar adalah ketika investor berbondong-bondong membeli saham dari perusahaan bernama Signal. Masalahnya adalah, mereka membeli saham Signal yang keliru.

Saham Signal Advance, perusahaan teknologi medis kecil, melonjak lebih dari 11.000% hingga mencapai US$70,85 dari sebelumnya US$0,60 lantaran cuitan Musk. Padahal yang Elon Musk maksudkan dalam cuitannyaUse Signal” alias “Gunakan Signal” adalah rujukannya pada platform pesan terenkripsi Signal.

Baca juga: Doyan Aset Kripto, Manusia Tajir Elon Musk Ingin Digaji Pakai Bitcoin

#4 Elon Musk Sebabkan Kenaikan Harga Bitcoin Hanya dengan #Tagar

Bitcoin adalah pasar yang besar, dengan kapitalisasi lebih dari US$600 miliar. Namun, Musk menjadikan harga setiap koin melonjak lebih dari 15% pada akhir Januari hanya dengan menambahkan kata “#bitcoin” ke profil Twitter-nya.

Harga Bitcoin melonjak sampai setinggi US$38.406 pada 29 Januari. Ini terjadi setelah sepanjang minggu Bitcoin bertahan di kisaran antara US$31.000 dan US$33.000. Fenomena ini kemudian disebut sebagai “Elon Pump“.

Edward Moya, analis pasar senior di platform mata uang Oanda, mengatakan dalam catatannya. bahwa “Bitcoin kehilangan perhatian ketika terjadi mania GameStop, dan cuitan Musk kembali membawa kripto ke pusat perhatian.”

Pada pekan lalu, harga Bitcoin menuju puncak tertinggi sepanjang masa setelah perusahaan besutannya, Tesla, mengungkapkan akan memborong Bitcoin senilai US$1,5 miliar.

#5 Investor Ritel Etsy Terperangkap Musk Effect

Saham Etsy melonjak sebanyak 8% pada 26 Januari, meski ditutup lemah. Dan lagi-lagi, ini disebabkan oleh cuitan Elon Musk.

Ia mencuit bahwa ia telah membeli helm “wol rajutan tangan Marvin the Martian” untuk anjingnya. Lantaran merasa puas dengan rajutan itu, ia mencuitI kinda love Etsy” alias “Agaknya aku menyukai Etsy.” Harga saham perusahaan itu pun tak pelak segera naik dibandingkan pada awal perdagangan.

#6 Elon Musk adalah Junjungan, Bahkan Cuitan Tentang Lagu pun Disangka Ajakan Investasi

Ini barangkali adalah pengaruh cuitan Elon Musk yang paling janggal. Saat ia kembali mencuit dua pekan lalu di Twitter, ia mengatakan, “Sandstorms is a masterpiece” alias “Badai pasir adalah mahakarya”. Cuitannya ini kemungkinan mengacu pada lagu hits berjudul “Sandstorm” yang dibawakan oleh DJ asal Finlandia, Darude, dan dirilis pada 2000 silam.

Akan tetapi, trader harian mencari makna di balik cuitan itu dan mengaitkannya ke pasar saham. Yang terjadi selanjutnya adalah hal kocak lainnya. Harga saham Sandstorm Gold, penambang emas Kanada, seketika meroket. Sahamnya melonjak hingga 55% dalam perdagangan pra-pasar.

Reli ini berumur pendek, bagaimanapun, dengan saham turun 1% sebelum perdagangan normal dibuka.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Markets Business Insider

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img