Currently set to Index
Currently set to Follow

Emas Dunia Melesat Di Tengah Ketidakpastian Pemilu AS

Emas dunia naik hampir 3% pada perdagangan di hari Kamis (05/11), menuju kenaikan mingguan terbesar dalam lebih dari tiga bulan. Di sisi lain, dolar melemah. Kenaikan emas di minggu ini mencapai $50 dimulai dengan awal minggu di level $1,890/oz hingga menyentuh $1,956/oz di pertengahan hari Jumat.

emas dunia
Sumber: Investing.com. 19:00WIB

Kilau Emas Dunia Di Tengah Pemilu AS

Di awal perdagangan minggu ini (02/11), emas diperdagangkan masih di bawah level $1,900/oz. Namun, sejak Jumat minggu lalu, emas mulai bergerak naik mendekati level kunci tersebut. Hal ini dikarenakan oleh ketidakpastian atas hasil pemilihan AS hari Selasa.

Selain itu, kenaikan emas sebagai safe-haven juga didukung oleh wabah kasus virus korona baru yang mengkhawatirkan di seluruh dunia juga telah meningkatkan emas sejak Jumat. Prancis dan Jerman telah memberlakukan kembali lockdown sementara Inggris akan bergerak menuju pembatasan serupa akhir pekan ini.

Emas telah mengalami perdagangan cukup volatil dalam beberapa pekan terakhir, tetapi telah berhasil bertahan di atas $ 1,900 pada Selasa.

Seperti yang dapat dilihat dari grafik di atas, setelah pemilu AS di tanggal 3 November, emas sempat mengalami penurunan.

Ini terjadi karena persaingan ketat di negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama dalam pemilu Amerika Serikat. Membuat para investor berebut untuk menentukan peluang perubahan dalam pertempuran sengit untuk kepresidenan AS.

Hasil pemilu belum keluar karena jumlah surat suara yang masuk termasuk banyak dan masih perlu dihitung, sebuah dampak dari virus korona.

Dari sisi bank Sentral, BoE dan Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga untuk tidak berubah dalam pengumuman kebijakan bulanan mereka pada hari Kamis.

Peran Emas Dunia Sebagai Lindung Nilai

Harga emas melonjak hampir 3% dan menyentuh $1,950 menjelang keputusan dari bank sentral yang kemudian juga mendorong harga emas. The Fed mempertahankan suku bunga, sementara BoE meningkatkan program pembelian obligasi lebih dari yang diharapkan.

Tentunya harga emas dunia dipengaruhi oleh banyak faktor. Dan emas juga dikenal sebagai lindung nilai terhadap ekspansi fiskal dan ketidakpastian politik dan biasanya naik dalam keadaan seperti itu.

Oleh karena itu, Emas akan didukung oleh ekspektasi bahwa pemenang pemilu AS akan mencoba melaksanakan stimulus ekonomi Covid-19 yang baru.

Baik Biden dan Trump telah berjanji untuk mengeluarkan rencana bantuan fiskal secepat mungkin untuk membantu Amerika Serikat mengatasi efek pandemi.

Dari sisi fundamental, masih banyak faktor yang mendukung kenaikan harga emas. Dari sini investor dapat memutuskan apakah strategi yang tepat untuk saat ini. Apakah ini waktunya untuk menambah investasi? Atau, waktunya untuk mengambil keuntungan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga: 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img