Currently set to Index
Currently set to Follow

Sebelum Investasi, Ketahui Dulu yuk Sejarah dan 10 Fakta Unik Emas Ini!

Tidak banyak yang tahu jika medali emas ajang Olimpiade hanya mengandung enam persen emas. Masih banyak fakta tentang emas, khususnya lagi fakta investasi tentang emas, yang jarang diketahui.

Hampir semua emas di bumi berasal dari meteorit yang membombardir planet ini selama lebih dari 200 juta tahun.

Rick Munarriz pada 2005 mempertanyakan nilai investasi mana yang lebih baik antara emas dan Google. Pada akhir 2008, fakta investasi emas ditutup pada 866 USD per ons, sementara itu Google ditutup pada 307,65 USD per saham. Fakta tentang emas sebagai noble metal membuat permintaannya semakin meningkat.

Emas terbukti memiliki ketahanan yang kuat. Di tengah kekhawatiran resesi pada bulan Maret 2008 silam, fakta investasi emas membuat harga emas mencapai 1.000 USD per ons untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Fakta investasi emas stok emas terbesar di dunia dapat ditemukan lima lantai di bawah tanah di dalam Federal Reserve Bank New York dan memiliki 25% cadangan emas dunia (540.000 batang emas). Meskipun mengandung lebih banyak emas daripada Fort Knox, sebagian besar fakta tentang emas tersebut milik pemerintah asing

Baca juga: Berapa Uang yang Dibutuhkan untuk Hidup Bahagia? Ini Kata Pakar

Sejarah nilai emas

fakta investasi emas

Fakta tentang emas memperlihatkan sejarah panjang emas. Ada lebih dari 400 referensi emas dalam Alkitab. Salah satunya adalah petunjuk khusus untuk menutupi Kabah dengan emas murni.

Pada 1.200 BC, orang-orang Mesir menggunakan kulit domba yang tidak dicukur untuk menambang emas di Laut Hitam. Praktik ini diyakini sebagai inspirasi istilah “bulu emas’.

Turin Papirus menunjukkan peta pertama tambang emas di Nubia, yang merupakan produsen emas utama di zaman purba. Emas dalam bahasa Mesir adalah “nub” yang menggambarkan Nubia yang kaya emas. Pengrajin emas Mesir membuat perhiasan untuk para bangsawan dan bisa menikmati status yang tinggi. Namun, budak emas menderita di tambang emas.

Sementara itu, sejarah orang Yahudi menyebutkan jika mereka memiliki banyak emas di sekitar anak lembu ketika Musa berbicara kepada Allah di Gunung Sinai. Sayangnya, beberapa sejarawan menyangsikan fakta tentang emas ini. Menurut mereka, emas belum memiliki nilai tinggi, seperti uang, sehingga orang Yahudi tidak bisa menggunakannya untuk menyuap diri mereka sendiri.

Dari daratan Romawi, emas diperkenalkan pertama kali oleh bangsa Lydia, sebuah kerajaan di kawasan Turki, pada 560 SM. Emas bernama electrum yang berasal dari campuran emas dan perak. Namun, Herodotus, orang pertama yang membuka toko secara ritel, mengkritisi materialisme bangsa Lydia tersebut. Ketika raja Lydia ditangkap oleh Persia pada tahun 546 SM, koin emas sudah mulai umum digunakan.

Koin emas ini menggantikan ternak dan produk tanaman yang sebelumnya digunakan sebagai emas.

Nilai satu pon emas di Roma pada tahun 307 M adalah 100.000 dinar (koin Romawi) dan naik menjadi 300.000 dinar pada tahun 324 M. Pada pertengahan abad keempat, satu pon adalah 2.120.000.000 dinar. Di masa tersebut, Roma mengalami inflasi yang tidak terkendali. Sayangnya, fakta tentang emas tersebut menjadi faktor atas runtuhnya kekaisaran Romawi.

Baca juga: Menimbang-nimbang, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual/Beli Emas?

Sepuluh fakta menarik tentang emas

#1 Fakta tentang emas – bisa didaur ulang

Daur ulang emas sangat populer dilakukan. Bahkan ada yang menyebutkan jika sebagian emas di perhiasan modern berasal dari peleburan koin kuno dan artefak lain yang berbahan dasar emas.

#2 Digunakan di mobil

Meski emas sering diasosiakan dengan kesejahteraan, emas tetap memiliki fungsi kegunaan. Beberapa mobil menggunakan emas untuk membantu menghilangkan panas.

#3 Fakta tentang emas – emas tidak beracun

Emas mengandung beberapa zat senyawa yang sebagian besar aman bagi manusia. Bahkan, beberapa minuman beralkohol mengandung emas. Namun, jenis emas klorida bisa beracun jika dikonsumsi.

#4 Ada orang yang alergi emas

Emas memang tidak membahayakan, namun ada beberapa orang yang mengalami alergi kulit ketika mengenakannya. Fakta tentang emas menunjukkan perempuan lebih sering mengalami alergi dibanding laki-laki.

#5 Emas di lautan

Emas bisa ditemukan di mana saja, termasuk lautan. Namun, proses ekstraksi di laut ini banyak tantangannya.

#6 Penemuan emas pertama kali di Amerika Serikat

Logam mulia ini ditemukan pertama kali pada tahun 1803 di Reed Gold Mine, yang terletak di Georgeville, North Carolina.

#7 Emas adalah logam yang halus

Saking halusnya, emas bisa dengan mudah dibentuk menjadi berbagai macam perhiasan dan bentuk.

#8 Simbol elemen emas adalah Au

Au berasal dari nama latin kuno yang berarti ‘fajar yang bersinar’ atau ‘cahaya matahari terbit’.

#9 Fakta tentang emas – emas terbesar

Potongan emas terbesar ditemukan di California, Amerika Serikat dengan berat 195 pounds atau 88,5 kg.

#10 Konsumen terbesar emas

Fakta tentang emas menunjukkan India menjadi negara yang memiliki paling banyak konsumer emas. Namun, beberapa tahun terakhir Cina mulai mengejar India.

Sumber: Thoughtco.com, Scottsdale Bullion & Coin, Fact Retriever, Factspedia

Simak juga:

Emas Sebagai Aset Diversifikasi

Cara Mengelola Risiko Investasi Emas

Apa Hukum Membeli Emas Digital? ini Fatwa MUI yang mengaturnya

Mengapa Harus Investasi Emas?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img