Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Beli Rumah Ala Orang Kaya? Pastikan Kamu Punya Hal Ini di Hunian Kamu!

Di tengah krisis pandemi, para orang kaya masih memburu properti dengan tingkat pasar yang sedang menurun. Ruangan yang luas konon adalah prioritas di rumah orang kaya, dan itu pun “bukan sekadar ruang yang luas”. Tapi benar-benar ruangan yang luas.

Ruangan itu terdiri dari lapangan tenis seukuran lapangan untuk menyelenggarakan olimpiade, kamar tidur penthouse yang dapat berfungsi ganda sebagai taman dan gudang anggur, dan segala sudut rumah yang layak dipublikasikan di Instagram.

“Covid telah membuat orang menilai lagi apa yang mereka inginkan dalam hidupnya,” ujar Michelle Ciesielski, kepala penelitian hunian di Knight Frank Australia. Memang demikianlah, properti dengan tipe rumah orang kaya pun laris-manis di masa pandemi ini.

Berikut ini adalah berbagai fitur rumah yang sedang diminati di kalangan jetset ini. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya juga di rumah?

Baca juga: Mau Beli Rumah, Tapi Masih Bingung? Sini Liat Tipsnya!

Mau Beli Rumah Ala Orang Kaya? Pastikan Kamu Punya Hal Ini di Hunian Kamu!, Pluang

1. Kolam Renang

Bagi kebanyakan kalangan kaya, rumah tipe ini mungkin termasuk selera lawas. Tapi, memangnya siapa yang tidak pernah berimajinasi tentang nikmatnya menyeruput martini di tepi kolam renang? Gaya hidup hedon ini tentu kerap diilustrasikan sebagai pertanda hidup yang terjamin. Selama pandemi ini, rumah dengan kolam renang yang luas semakin memiliki daya pikat.

Sejak 2015 hingga tiga bulan pertama tahun 2020, sekitar 26% rumah terjual setiap kuartalnya di Greenwich, Connecticut, salah satu wilayah orang terkaya di AS. Dalam 12 bulan terakhir, angka pembelian rumah di wilayah itu melonjak menjadi 35%.

“Kolam menjadi daya tarik utama yang luar biasa untuk semua pembelian ini,” ungkap Jason Friedman, yang bekerja di International Realty dengan spesialisasi properti di pantai utara Long Island, New York. Para orang kaya mencari eskapisme ke wilayah itu dan sebelumnya hanya menyewa kini memutuskan untuk membeli properti di wilayah tersebut.

2. Lapangan Tenis dengan Tenda

Di Australia yang cerah, di mana kolam menjadi hal penting bagi para orang kaya, lapangan tenis dengan ukuran untuk pertandingan kejuaraan kini lebih banyak menarik perhatian. Tak heran, jika fasilitas ini akhirnya ditawarkan di rumah orang kaya.

Menurut penelitian Knight Frank, pada 2020 ini, properti super-prime dengan lapangan tenis rata-rata terjual 22% lebih banyak. Menariknya, rata-rata alasan para orang kaya ini membeli rumah dengan lapangan tenis bukan didorong alasan kesehatan atau ingin rutin olahraga. Mereka membelinya untuk investasi masa depan membesarkan anak-anak di lingkungan yang bahagia.

“Ini adalah tempat yang baik untuk anak-anak bermain dan memasang tenda untuk merayakan ulang tahun mereka,” ujar Adam Ross, yang berspesialisasi dalam penjualan barang mewah di Sydney untuk Knight Frank.

3. Ruangan Multifungsi dengan Suasana Alam

Rumah orang kaya didesain dengan berbagai ruangan yang bersifat multifungsi. Kebanyakan orang kaya ingin agar rumahnya hadir dengan desain biofilik. Yakni, pendekatan desain interior di mana suasana alam dihadirkan di dalam ruangan.

Anna Czarnowska dari Morpheus London menggunakan prinsip rumah biofilik ini saat membangun ruang taman untuk penthouse di Chelsea Waterfront di London. Dan tren ini pun berlanjut setelah pandemi. Permintaan untuk rumah orang kaya dengan desain interior yang memiliki suasana alam semakin meningkat selama beberapa bulan terakhir.

Di masa pandemi ini, rumah dengan ruangan yang dapat dialihfungsikan sebagai ruangan outdoor dan memberikan suasana alam memang sangat terasa dibutuhkan.

Rickesh Patle, direktur desain di Morpheus, menyebutkan bahwa hari-hari ini permintaan rumah orang kaya dengan ruangan berjenis “indoor-outdoor” ini semakin meningkat.

Baca juga: Menikah VS Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

4. Fitur-Fitur Hiburan

Pandemi membuat sebagian besar orang berdiam di dalam rumah dan mesti membuat dirinya nyaman dengan situasi di rumah sepanjang waktu.

Orang kaya yang memburu tipe rumah orang kaya selama pandemi ini pun tak terkecuali mengincar rumah yang menyediakan berbagai fitur hiburan. Dari fasilitas game, home theatre, bahkan fasilitas spa pribadi pun masuk ke dalam daftar fitur incaran.

Menurut Harri Williams-Jones, konsultan pengembang perumahan super-prime untuk Savills London, tren ini terkatalisasi selama pandemi. Gaya hidup kalangan jetset tercukupi ketika mereka menemukan rumah-rumah yang sepaket dengan fasilitas hiburan kelas wahidnya.

5. Rumah yang Menampung Multi-Generasi

Sebagian besar orang kaya rela membayar ekstra untuk bisa memborong langsung beberapa unit rumah sekaligus untuk keluarga besar mereka. Begitu juga, mereka rela membayar lebih untuk rumah yang dapat dihuni sekaligus oleh multi-generasi: kakek-nenek, orang tua, anak, hingga cucu. Kalau perlu, juga ruangan yang tersedia bagi para staf dan pelayan mereka.

Rumah pedesaan di Downton Abbey yang telah dipasarkan selama bertahun-tahun kini tiba-tiba kembali jadi populer. Tahun 2020 lalu, bahkan terjadi lonjakan penjualan hingga 1.900% di perkebunan pedesaan Inggris untuk jenis rumah orang kaya dengan ruangan yang cukup menampung multigenerasi ini.

“Covid benar-benar menjadi katalisatornya. Di rumah tipe ini, para orang kaya dapat mengumpulkan seluruh keluarga besarnya. Mereka juga tinggal di suatu tempat yang menakjubkan,” jelas David Forbes, kepala Kantor Swasta Savills.

6. Rumah yang Menawarkan Ketenangan

Lonjakan pembelian berbagai jenis rumah orang kaya juga terjadi di pulau-pulau pribadi Karibia. Rumah yang disediakan di wilayah ini memungkinkan kalangan jetset dapat menikmati keindahan tepi pantai bahkan di tengah pandemi sekalipun.

Tren serupa tidak hanya terjadi di wilayah Karibia. Di Hong Kong, masyarakat yang sebelumnya mencari hunian di pusat kota kini beralih mencari wilayah di luar pusat kota. Area kota yang lebih tenang seperti di Clearwater Bay atau Sai Kung di New Territories menjadi pilihan wilayah yang semakin menarik bagi mereka. Area-area ini memang menawarkan hunian dengan kepadatan lebih rendah dibandingkan wilayah pusat kota.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Bloomberg

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img