Currently set to Index
Currently set to Follow

Jadi Kebanggaan Kaum Zaman Now, Apa Sih Forbes 30 Under 30?

Baru-baru ini, jagat pemberitaan nasional serta media sosial dibanjiri ucapan selamat dan kebanggaan setelah berbagai nama asal Indonesia berhasil masuk ke daftar Forbes 30 Under 30 versi Asia. Beberapa nama diantaranya adalah Youtuber tersohor Jerome Sijabat, aktris Maudy Ayunda, atlet Lalu Muhammad Zohri hingga CEO Sucor Sekuritas Bernardus Setya Ananda Wijaya.

Nama-nama tersebut bersanding dengan sosok inspiratif muda asal Asia lainnya. Misalnya, penyanyi sekaligus anggota kelompok musik Mamamoo, Hwasa dan aktor drama Korea Selatan Nam Joo Hyuk. Selain itu, nama-nama asal tanah air tersebut juga disejajarkan dengan sosok muda bermasa depan menjanjikan lainnya, salah satunya adalah Co-Founder Team Labs Harsh Dalal yang masih berusia 19 tahun.

Memang, meraih sukses di usia muda adalah impian semua orang. Apalagi, jika kesuksesan itu diakui oleh khalayak luas dan dimuat ke dalam salah satu organisasi media dengan reputasi baik seantero dunia. Namun sebenarnya, apa sih, daftar Forbes 30 Under 30 tersebut?

Baca juga: Ini Daftar Orang Terkaya Indonesia 2020 Versi Forbes

Jadi Kebanggaan Kaum Zaman Now, Apa Sih Forbes 30 Under 30?, Pluang

Mengenal Daftar Forbes 30 Under 30

Forbes 30 Under 30 adalah daftar nama yang disusun oleh majalah Forbes untuk menghargai sosok-sosok inspiratif yang berusia di bawah 30 tahun. Daftar ini sudah berlangsung selama satu dekade. Setiap tahunnya, Forbes menghadirkan daftar 30 Under 30 di tiga regional utama, yakni Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Untuk versi Asia sendiri, daftar ini bertabur 300 nama-nama muda yang tak hanya berisikan orang-orang sukses namun juga menjadi sumber inspirasi masyarakat.

Mengutip Forbes, sosok-sosok yang berada dalam deretan ini berhasil menunjukkan sikap kepemimpinan yang mumpuni, memberikan dampak ke masyarakat, serta memiliki potensi karier yang cerah di masa depan.

Lantas, bagaimana Forbes memilih nama-nama yang berhak masuk daftar tersebut? Nah, sekadar informasi, Sobat Cuan, kurasi sosok-sosok yang berhak gabung di daftar bergengsi ini tidak sembarangan. Sebab, nama-nama mereka ternyata telah diseleksi ketat oleh panel juri yang juga kompeten.

Awalnya, Forbes mengumpulkan 2.500 nominasi daftar 30 Under 30 secara daring. Kemudian, tim peneliti dan penelusur fakta Forbes memangkas daftar tersebut menjadi 500 semifinalis.

Setelahnya, daftar nama-nama tersebut “dibedah” oleh dewan juri yang berkompeten beserta pakar-pakar yang piawai di industri masing-masing. Nah, para dewan juri ini kemudian menyusutkan daftar tersebut menjadi 300, yang kemudian menjadi jajaran final Forbes 30 Under 30.

Terdapat 12 anggota dewan juri yang berhak memilih 300 nama tersebut untuk edisi tahun ini. Panel seleksi tersebut terdiri dari CEO Rakuten Mickey Mikitani, CEO bandLab Technologies Kuok Meng Ru, Founder GaryPepperGirl Nicole Warne, hingga Founding Partner INCE Capital JP Gan.

Dalam menentukan jajaran nama tersebut, para dewan juri menggunakan kriteria-kriteria penilaian seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, panel juga mempertimbangkan faktor lainnya seperti inovasi dan kemampuan mereka dalam mendisrupsi sektor usaha yang existing.

Selain itu, secara keseluruhan, daftar ini berisikan nama-nama muda menjanjikan yang berasal dari 22 negara dengan latar belakang dan keahlian yang beragam.

Apa Pentingnya Daftar Forbes 30 Under 30?

Mereka yang masuk daftar ini tentu akan sangat bangga sekali. Sebab, menjadi orang sukses di bawah usia 30 tahun saja sudah jarang, apalagi jika kesuksesan tersebut diakui oleh khalayak banyak.

Selain itu, mereka yang menjadi bagian dari deretan ini tentu juga mendapatkan manfaat tersendiri. Selain titel ini bisa dipamerkan di akun LinkedIn mereka, gelar Forbes 30 Under 30 ini bisa membangun reputasi bagi sosok-sosok yang berada di dalamnya, termasuk usaha-usaha yang tengah dirintis masing-masing.

Nah, eksposur besar inilah yang nantinya bisa membawa mereka terhadap jejaring bisnis baru. Sehingga, usaha yang mereka geluti nantinya diharapkan kian berkembang pesat. Terlebih, di dalam dunia bisnis, reputasi adalah salah satu faktor utama yang mendukung keberlangsungan usaha jangka panjang.

Selain itu, bagi masyarakat, daftar Forbes 30 Under 30 tentu seharusnya menjadi motivasi untuk selalu memberikan usaha yang maksimal sejak usia muda. Daftar ini berisikan golongan-golongan muda dengan latar belakang yang beragam, yang membuktikan bahwa siapa pun memiliki kesempatan untuk bisa menjadi sukses.

Kesempatan Sobat Cuan untuk menjadi sukses bisa dimulai dari hal-hal kecil. Salah satunya adalah dengan berinvestasi! Nah, mumpung ada kesempatan investasi yang praktis, aman, dan cuan, mending Sobat Cuan berinvestasi saja di aplikasi Pluang! Kamu bisa berinvestasi emas, S&P 500, Bitcoin, dan Ethereum hanya dalam satu aplikasi saja.

Baca juga: Ini, Lho, Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2021. Kamu Kapan Masuk Daftar Ini?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Forbes

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img