Buka Situs Blokiran Lebih Mudah dengan VPN, Begini lho Caranya!

Dengan tajuk Internet Positif, beberapa situs diblokir pemerintah atau provider di Indonesia. Tapi bagi kamu yang masih merasa perlu mengakses situs web itu, VPN bisa menjadi solusi mengatasi blokir ini. Fungsi VPN untuk membuka forum Reddit atau Netflix yang diblokir mendorong banyak orang mencari tahu cara menggunakan VPN.

Jika kamu baru mengenal istilah VPN dan sedang butuh mengakses situs-situs yang diblokir itu, tenang saja, kita akan kupas serba-serbi VPN dalam artikel ini.

Virtual Private Network alias VPN adalah koneksi yang memungkinkan pengguna internet untuk memperoleh pengalaman berinternet yang lebih aman dan terhindar dari pengintaian.

 fungsi vpn
Business people browsing the web on a screen

Jika kamu tahu cara menggunakan VPN dan dapat memanfaatkan fungsi VPN, pengalaman berinternetmu akan jadi lebih bebas, terutama untuk browsing atau mengunduh data.

Keamanan menjelajahmu dijamin karena pengguna VPN akan memperoleh alamat IP internet yang mampu menyembunyikan datamu. VPN ini bisa diibaratkan sebuah terowongan atau jalur khusus yang dapat dilewati oleh data yang akan dikirim ke tujuannya.

Karena itu, VPN juga dapat digunakan sebagai metode koneksi untuk menambahkan keamanan dan privasi ke jaringan pribadi atau publik. Dengan fungsi VPN seperti ini, VPN digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data sensitif.

Mulanya, VPN memang hadir untuk penggunaan skala bisnis atau perusahaan. Tapi seiring waktu, VPN pribadi jadi makin populer, apalagi untuk mengatasi persoalan situs web yang diblokir.

Baca juga: Lindungi Keamanan Datamu, Waspada Penggunaan VPN untuk Transaksi Online

Fungsi VPN secara umum

VPN kali pertama digunakan pada 1996. Ketika itu, Gurdeep Singh Pall, seorang karyawan Microsoft, menemukan Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP) yang membantu pengguna memperoleh koneksi internet aman.

cara menggunakan akses internet

VPN digunakan sebagai teknologi alternatif untuk keperluan perusahaan. Terutama perusahaan dengan kebutuhan dapat terhubung dengan kantor-kantor cabangnya, seiring dengan semakin meluasnya jaringan bisnisnya.

VPN menghadirkan koneksi yang aman dan memenuhi lima kebutuhan mendasar perusahaan dalam penggunaan internet:

    • Kendali atas akses: pihak yang tidak memiliki akses tidak akan bisa mengakses jaringan;
    • Authentication: fungsi VPN ini ditujukan untuk menguji identitas perusahaan lain yang hendak melakukan transaksi;
    • Non repudiation: berguna untuk mencegah kecurangan antara salah satu pihak;
    • Integritas: berguna untuk menjaga kebutuhan file atau dokumen sehingga tidak mengalami perubahan dalam proses pengiriman;
    • Kerahasiaan: fungsi VPN yang utama adalah menjaga tingkat keamanan yang lebih baik

Dengan banyaknya manfaat ini, layanan VPN pun digunakan untuk kepentingan perorangan. Misalnya, keperluan personal untuk melindungi data pribadi dengan kredensial akun pada internet banking.  VPN juga dapat menghindari aksi penyadapan yang dilakukan pihak tidak dikenal.

Penggunaan VPN untuk keperluan personal secara umum ditujukan untuk hal-hal berikut:

#1 Mencegah serangan virus/malware

Beberapa situs web tergolong tidak aman karena malware dapat menginfeksi gawai kita. Malware bersifat merusak dan menyusup ke sistem perangkat lunak dari gawai yang diserang.

Selain malware, spyware juga memungkinkan datamu diintai dan diakses oleh pihak lain. Sementara, adware dapat menginstalasi diri pada perangkat tanpa diketahui oleh pengguna dan menampilkan iklan saat kamu menjelajah internet.

Fungsi VPN untuk mencegah atau memperingati pengguna dari serangan virus/malware dari situs web yang tidak aman seperti ini.

buka situs web diblokir

#2 Memperoleh alamat IP yang aman dan menyembunyikan lokasimu

Dengan menggunakan VPN, kamu dapat memperoleh identifikasi alamat IP. Ini memungkinkanmu untuk akses internet lebih aman karena IP lokasimu mengakses internet disembunyikan dan diubah dengan alamat IP berbeda.

Alamat IP ini akan disesuaikan dengan server VPN yang kamu gunakan. Jika kamu sangat menjaga kerahasiaan dan privasimu, maka VPN sangat membantu dalam menyembunyikan lokasimu.

#3 Mengakses situs web yang diblokir

Pemerintah ataupun provider di Indonesia banyak memblokir akses pengguna internet ke situs web. Terutama web yang terkait pornografi dan perjudian.

Tapi, jika kamu menggunakan VPN, kamu dapat gunakan fungsi VPN dan dimungkinkan mengakses situs-situs tersebut.

Sebagaimana halnya China, pemerintah setempat membatasi akses masyarakat ke situs web YouTube, Facebook, Gmail, dan bahkan Google. Ini karena pemerintah merasa dirugikan oleh situs web tersebut.

Akses VPN menjadi jalan keluar untuk persoalan blokir ini.

Baca juga: VPN Tarumanegara dari KlikBCA Bisnis, Amankah untuk Transaksi Keuangan?

Cara menggunakan VPN: jajal beberapa aplikasi ini untuk fungsi VPN maksimal!

Terlepas dari gencarnya kampanye Internet Positif, beberapa situs bermanfaat justru ikut kena blokir, seperti Reddit ataupun Netflix.

Tenang, berhubung kamu sudah tahu fungsi VPN, ini saatnya kamu menjajal bagaimana cara menggunakan VPN.

Berikut ini sejumlah aplikasi VPN yang dapat kamu gunakan:

#1 Turbo VPN

aplikasi turbo

Turbo VPN adalah salah satu aplikasi VPN populer dengan hingga 50 juta pengguna. Ukurannya yang ramping, hanya 9,3 MB dan kecepatan tinggi yang ditawarkan membuat aplikasi ini diganjar 4,6/5 bintang di Google Play.

Aplikasi ini memang terbukti ampuh dalam mengakses berbagai situs yang diblokir pemerintah. Mendukung koneksi WiFi, 4G LTE, 3G, dan jaringan data lainnya, Turbo VPN 100% gratis diakses.

turbo vpn

#2 VPN Master

fungsi vpn

Sama dengan Turbo VPN, aplikasi satu ini telah diunduh hingga 50 juta pengguna. Kapasitasnya 9,7 MB saja. Dikembangkan oleh developer Innovative Connecting, aplikasi ini gratis dan menyediakan sejumlah fitur unggulan.

Aksesnya cepat, VPN Master dan fungsi VPN yang mumpuni dengan pilihan server hingga 20 negara tanpa batasan membuatmu bisa mengakses situs-situs yang diblokir dengan mudah. Tak heran, skornya 4,7/5 bintang di Google Play.

cara menggunakan vpn

#3 SuperVPN Free VPN Client
cara menggunakan vpn

Masih tanpa bayaran alias gratis, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur unggulan VPN. Kamu akan memperoleh perlindungan privasi selama membuka situs-situs yang diblokir.

Tanpa batasan bandwidth dan tanpa perlu registrasi, kamu sudah bisa tancap gas menggunakan aplikasi besutan SuperSoftTech ini. Fungsi VPN yang maksimal pun ada di genggamanmu. Dengan hingga seratus juta pengguna, aplikasi ini diganjar skor 4,4/5 bintang di Google Play.

fungsi vpn

Sumber: Finansialku, Jalantikus

Simak juga:

Inovasi Nadiem: Hapuskan UN Pada 2020 & Kembangkan Platform Pendidikan ‘Merdeka Belajar’

Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini

Penat di Kantor? Coba 7 Tips Ini yang Bisa Dongkrak Motivasi Kerjamu!

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img