Belajar Finansial dari Game? Mungkin Banget! Cobain deh 5 Game Ini

Para pengembang game mulai membuktikan bahwa game bukan sekadar permainan buang-buang waktu. Beberapa judul game online malah berperan sebagai game edukasi manajemen keuangan.

Konsol game seperti Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, hingga game komputer atau mobile gaming selain membantu hilangkan rasa jenuh, juga bisa mengedukasi seputar finansial.

permaianan terbaik 2020

Game edukasi yang mulai banyak ditawarkan dalam bentuk game online bisa bantu manajemen keuangan dengan mengajarkan pemain game tentang cara mengelola keuangan yang sehat.

Game-game ini akan berguna untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran, kebutuhan hidup sehari-hari, hingga anjuran berbisnis.

Jadi, ternyata mungkin, lho, untuk dapat ilmu untuk capai kebebasan finansial dari game! Banyak sisi positif yang bisa diambil dari game asalkan kamu tahu bagaimana memetik manfaatnya.

Baca juga: Cuan Sambil Main, Ini 17 Game yang Bisa Nambah Penghasilan Kamu

Berikut ini daftar game edukasi finansial yang bisa kamu mainkan untuk mengisi waktu luang dan sekaligus memberi manfaat pembelajaran finansial untukmu.

#1 Game edukasi finansial – Harvest Moon Back to Nature

game edukasi

Generasi milenial cohort 1980-1990 pasti sudah familiar dengan game edukasi satu ini. Game simulasi ini menceritakan seorang anak yang memperoleh rumah dan tanah dari saudaranya untuk kemudian ia kelola.

Namun, ia mesti mengelola rumah dengan jumlah terbatas. Kamu akan menjadi sosok anak ini dan berupaya mengumpulkan dana dari bertani atau beternak hewan dan menggunakan perolehanmu itu untuk kehidupan sehari-hari.

Kamu juga bisa renovasi rumah bila uang mencukupi untuk itu dan begitu rumahmu sudah masuk fase butuh renovasi. Nostalgia memainkan game satu ini? Main lagi, dong!

#2 Romance of the Three Kingdoms XI

game online

Dalam game ini, kamu mesti menjadi seorang raja yang mengatur harta kerajaan untuk menyejahterakan rakyat.

Kamu mesti memikirkan matang-matang cara memperoleh cuan demi menyejahterakan rakyatmu.

Apalagi, sebagai penguasa, kamu mesti memiliki pasukan dan armada pertahanan yang kuat demi bertahan atau menyerang kerajaan lain yang menjadi ancaman.

#3 Game edukasi finansial – Monopoly

monopoly

Game Monopoli tergolong game edukasi yang sudah terkenal luas dan menawarkan banyak ilmu manajemen keuangan penting untuk kehidupan sehari-hari.

Game yang sudah berusia 100 tahun ini diperkenalkan oleh perusahaan Hasbro dan menyimpan banyak ilmu finansial yang bermanfaat.

Dari soal investasi, pengelolaan arus kas, serta membedakan kebiasaan dalam mengelola uang dengan mengetahui kebiasaanmu dalam menentukan mana kebutuhan dan mana keinginan pun bisa lengkap dipelajari dari game legendaris satu ini.

Dan terutama, game edukasi satu ini mengajarkanmu cara untuk jadi kaya dengan meniti kesabaran!

Baca juga: Dari Anak Hingga Orang Tua, Ini 23 Rekomendasi Kado Natal untuk yang Terkasih

#4 Planet Coaster

planet coaster

Game edukasi yang diperkenalkan lewat konsol komputer ini mengajarkan pemain mengenai manajemen keuangan untuk keperluan bisnis.

Kamu akan diberikan uang untuk bisa membangun taman bermain dan banyak dikunjungi selayaknya Dufan.

Selain menarik konsumen, kamu juga perlu mengatur manajemen keuangan guna menyewa petugas kesehatan, keamanan, hingga teknisi untuk melakukan perbaikan atas wahana yang rusak.

#5 Game edukasi finansial – The Sims

game edukasi

Game edukasi versi simulasi yang dirilis oleh pengembang game Electronic Arts ini terbilang sangat populer, hingga hadir dalam sekian seri.

Genre permainan game ini memang unik, menampilkan kehidupan sehari-hari sehingga pemain akan merasa “menghidupi kehidupan kedua”.

Manajemen finansial yang bisa dipelajari dari game edukasi ini adalah bahwa kamu harus pintar-pintar mengelola uang dari penghasilan yang diperoleh setiap harinya. Dari manfaat untuk beli makan, belanja perabotan, hingga melangsungkan pesta di halaman rumah.

Kalau sampai uangmu habis, karakter The Sims yang kamu mainkan bisa meninggal lantaran enggak mampu beli makan! Terkesan riil, kan?

Seru, kan, menambah ilmu keuangan dengan main game online? Yuk, main dengan kawanmu sekarang!

Sumber: Lifepal

Simak juga:

Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patungan Rp10.000 Aja, Mau?

Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

27 Kata-kata Motivasi dari Tokoh Sukses Dunia Ini Jamin Bikin Kamu Semangat Lagi!

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Recent Articles

apa itu market share

Apa Itu Market Share?

faang stocks adalah

Apa Itu FAANG Stocks?

definisi regresi

Apa Itu Regresi?

wall street adalah

Apa Itu Wall Street?

volatilitas adalah

Apa Itu Volatilitas?

Related Stories