Berhadiah Rp21 M, Google Tantang Hacker Sedunia Jebol Keamanan Pixel

Google menyediakan hadiah bagi para hacker yang dapat menemukan bug dalam operating system (OS) Android dan meretas titan chip pada Google Pixel. Hadiah sebesar USD 1,5 juta (atau setara Rp 21 M) bagi yang dapat melakukannya.

Titan Chip dalam Google Pixel 3 dan Google Pixel 4 ini berfungsi memproses data dan aktivitas sensitif lainnya seperti Verified Boot, enkripsi disk dalam perangkat, kunci perlindungan layar, hingga keamanan bertransaksi.

Jika hacker dapat mengeksploitasi full chain remote code yang membahayakan data yang dilindungi Titan M (terinspirasi dari Titan Chip) pada Google Pixel, maka hadiah sebesar USD 1 juta (Rp 14 M) akan ada dalam genggaman.

Dan apabila rantai peretas ini bisa bekerja hingga versi pratinjau Android, maka hadiah akan naik jadi USD 1,5 juta (Rp 21 M).

Google menyelenggarakan sayembara ini agar produk yang dikeluarkan tidak lagi bermasalah. Jika ada bug dan kerentanan lainnya, Google bisa segera memperbaikinya.

Baca juga: Tertarik Membeli Saham Google? Ketahui Dulu Risikonya di Sini!

Secanggih apa Google Pixel 3 dan Google Pixel 4?

Google Pixel 3 dan Google Pixel 4 bisa dirangkum dalam satu kata: inovasi. Semua elemen Android 9 Pie dalam gawai ini bekerja dengan responsif. Mulai dari kamera brilian dan auto complete di Gmail, AI on device termasuk berguna.

Terutama, bagi mereka yang memperhatikan kualitas kamera, ponsel ini hadir dengan kemampuan prima. Google menawarkan pengalaman Android terbaik, fitur AI unik yang tidak tertandingi, dan kamera dengan jepretan foto bagus.

Performanya yang luar biasa dan kamera kelas dunia ini memang didukung hardware mumpuni yang selalu terasa satu generasi di depan para kompetitornya.

Kehadiran titan chip memberikan ponsel ini keamanan tingkat tinggi. Chip ini menyimpan informasi sensitif dan mengawasi kerja smartphone sehingga membantu melindungi dari aktivitas mencurigakan.

Titan chip juga bantu verifikasi kata sandi lock screen ponselmu. Ini akan membuat semakin sulit bagi serangan brute force untuk menebak password dengan membatasi jumlah upaya log-in.

Chip ini membantu mengamankan proses transaksi dengan mengaktifkan Android 9 Protected Confirmation, API yang bantu memastikan bahwa otorisasi transaksi benar-benar dilakukan. Ini berguna untuk transfer uang yang dilakukan peer-to-peer.

Baca juga: Ikuti Jejak Amazon dan Facebook, Tahun 2020 Google Luncurkan Google Pay

Pengamanan maksimal dari titan chip

Titan M dalam Google Pixel terbaru mengambil inspirasi dari Titan chip yang membantu melindungi server Google. Titan M juga membutuhkan daya lebih sedikit agar tidak membebani batere.

Chip ini melindungi batere dan keamanan ponsel dari serangan hacker paling canggih sekalipun. Karena sepenuhnya terpisah dari prosesor utama Pixel 3, ini membantu menjaga data paling sensitif.

Salah satu keunggulan titan chip adalah melindungi dari serangan “boot-time”. Titan M mencegah serangan boot-time ini dengan mengikat ke Verified Boot, fitur yang diperkenalkan pada 2017 dengan Android Oreo.

Verified Boot mengonfirmasi bahwa kamu sudah menjalankan versi Android yang benar segera setelah diaktifkan.

Dengan memanfaatkan Titan M, Pixel 3 memastikan performa ponsel sebelum penyerang memiliki kesempatan untuk menurunkan performa ponsel ke keadaan lebih rentan.

Chip ini juga membantu mencegah log-in palsu, baik dengan membatasi jumlah kode sandi dan dengan sambungan listrik langsung ke tombol samping Pixel membatasi hacker dari membuat tekanan tombol palsu.

Jadi, para hacker, tertarik untuk merebut “hadiah” dari Google untuk mengecek keunggulan titan chip di Google Pixel?

Sumber: CNBC Indonesia, Detik, Indonesia Hardware Zone, Wired

Simak juga:

Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp27 Triliun

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img