Currently set to Index
Currently set to Follow

Pidato the Fed Memacu Harga Emas Minggu Lalu Naik ke Rp1,008,492

Apa kabar dengan harga emas dunia terkini? Minggu lalu, harga emas naik 1,07% menjadi $ 1.965,35 atau setara dengan Rp1,008,492. Emas telah “berjuang” selama seminggu di tengah fluktuasi sentimen investor akan harapan baru untuk vaksin COVID-19. Pemulihan ekonomi pun sangat cepat berubah.

Namun, pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell menjadi bintang utama karena investor telah berantisipasi sepanjang minggu. Hal ini akan menentukan nasib logam kuning untuk jangka panjang.

Harga Emas Dunia Terkini di Awal Minggu

Di awal minggu, emas dimulai dengan kemunduran karena dolar yang relatif kuat meningkatkan selera risiko investor. Patokan emas berjangka Desember di Comex turun $7.80, atau 0,4%, menetap di $1.939,20 setelah mencapai sesi tertinggi $1.970,30. Sementara itu, emas spot, yang biasanya diperdagangkan dengan harga diskon dari comex, mencapai $ 1.961,85 sebelum menetap di $12,33, atau 0,7%, menjadi $1.928,03.

Penurunan logam kuning dibatasi oleh ekspektasi untuk pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell di simposium Jackson Hole pada hari Kamis. Pidato utama ini dipandang sebagai panduan arah kebijakan moneter AS. Powell diharapkan untuk membuat stimulus moneter yang lebih kuat untuk membantu perekonomian. Di sisi lain, hal ini akan melemahkan dolar dan meningkatkan harga emas dunia terkini.

TD Securities mencatat bahwa “sementara terlalu banyak hal baik dalam emas masih dapat berkontribusi pada kemunduran yang lebih dalam pada logam mulia, pengumuman resmi juga dapat menghidupkan kembali aliran ke logam mulia, yang telah melambat secara substansial setelah mundurnya [dan] kelemahan lebih lanjut di kompleks akan menjadi peluang membeli.”

Emas Didukung oleh Ketidakpastian Vaksin COVID-19

Harga emas terkini pada Selasa pagi naik tipis 0,13% menjadi $ 1.941,80. Investor beralih ke safe haven setelah harapan mereka untuk pemulihan COVID-19 berkurang karena dolar tidak dapat mempertahankan pemulihannya.

Sentimen investor juga didukung oleh persetujuan penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada hari Minggu untuk pengobatan potensial yang menggunakan plasma darah dari pasien yang pulih.

Harapan selanjutnya didukung oleh siaran pers pada hari Senin dari Moderna. Di dalam siaran pers tersebut Moderna menyatakan bagaimana perusahaan biotek berada dalam pembicaraan eksplorasi lanjutan dengan Komisi Eropa untuk memasok 80 juta dosis mRNA-1273, kandidat vaksin [mereka] untuk melawan COVID-19. Tujuannya adalah sebagai bagian Komisi untuk mengamankan akses awal ke vaksin COVID-19 yang aman dan efektif untuk Eropa.

Namun, dorongan itu terpukul ketika Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bukti yang membuktikan bahwa pengobatan tersebut masih “berkualitas rendah”. Selain itu, optimisme juga dengan cepat berubah menjadi kekhawatiran dengan berita kasus pertama infeksi yang terjadi kembali di dunia. Hal ini dilaporkan oleh University of Hong Kong ketika seorang pria berusia 30-an ditemukan terinfeksi kembali dengan virus hampir lima bulan setelah infeksi awalnya.

Kebuntuan Kongres Berlanjut

Setelah seminggu menggelepar, logam kuning mendapatkan kembali kendali pada hari Rabu dengan harga naik hampir 2% pada hari itu. Momentum intraday yang positif datang sebagai hasil dari meningkatnya ekspektasi dovish untuk pidato Powell. Investor menantikan pidato ini sebagai panduan untuk kebijakan ekonomi lebih lanjut karena Kongres tidak dapat memberikan lebih banyak dukungan fiskal untuk perekonomian.

Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan bahwa RUU bantuan virus corona baru tidak mungkin disetujui sebelum September. Penyebabnya adalah ketidaksepakatan antara Presiden Donald Trump dan para pesaingnya di Kongres.

Ed Moya, seorang analis di OANDA, mengatakan bahwa semakin lama meunggu dan semakin besar paket stimulus maka emas akan bersinar terang lagi.

Harga Emas Terkini Setelah Kamis yang Dinantikan Investor

Harga emas naik 0,8% menjadi $ 1.948 pada Jumat pagi di Asia setelah pidato yang sangat diantisipasi akhirnya disampaikan pada hari Kamis. Sesuai dengan ekspektasi investor, Powell mengungkapkan strategi kebijakan moneter baru yang menjanjikan target inflasi di rata-rata 2%.

Simposium ini juga membahas “kekurangan” dari “tujuan berbasis luas dan inklusif” dari pekerjaan penuh sebagai bagian dari strateginya. Namun, di hari yang sama, data AS yang dirilis menunjukkan bahwa 1,006 juta klaim pengangguran diajukan selama seminggu terakhir.

Selain jumlah kasus COVID-19 yang mencapai lebih dari 24,4 juta kasus secara global pada 28 Agustus, kekhawatiran akan kemacetan dalam pemulihan pasar tenaga kerja membatasi keuntungan untuk logam kuning.

Di sisi lain, pergeseran dalam kerangka kebijakan Fed melemahkan dolar. Imbal hasil Treasury AS 10-tahun juga terdorong sebesar 0,787%. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 10 Juni. Selain itu, hal ini merupakan cerminan dari toleransi Fed terhadap inflasi yang lebih tinggi karena menyebabkan lebih dalamnya kurva imbal hasil.

Cailin Birch, seorang ekonom global di The Economist Intelligence Unit, mengatakan, “Dukungan untuk harga emas tetap kuat. Komentar Powell yang terkini dengan jelas mencerminkan bahwa pemulihan ekonomi dari krisis COVID-19 akan berlangsung lama dan bertahap. Apalagi dengan adanya dukungan bank sentral yang cukup diperlukan untuk emas menghindari kemunduran. ”

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Pergerakan Emas Terbatas, Harga Emas Kembali Menuju Rp1,052,527 per Gram

Pemilu AS Sudah di Depan Mata, Apa Kabarnya Para Investor?

Apa Itu Kebijakan Moneter?

Recent Articles

fixed exchange rate adalah

Apa Itu Fixed Exchange Rate?

Retained Earnings adalah

Apa Itu Retained Earnings?

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

contoh gantt chart

Apa Itu Gantt Chart?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya