Currently set to Index
Currently set to Follow

Harga Emas Hari Ini Menguat Berkat Inflasi dan Stimulus AS

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Kamis (11/3) pukul 09.30 WIB, menguat 0,26% ke posisi US$1.731,26 per ons. Penguatan juga terjadi di pasar berjangka komoditas COMEX sebesar 0,39% ke US$1.728,6 per ons.

Penguatan harga emas ditopang oleh tingkat inflasi Amerika Serikat (AS) yang solid pada Februari. Indeks Harga Konsumen AS meningkat 0,4% secara bulanan, atau 1,7% jika dihitung secara tahunan (year-on-year).

Hanya saja, inflasi ini masih didukung oleh kenaikan harga minyak. Sementara inflasi yang mencerminkan daya beli, seperti jasa perhotelan dan jasa transportasi, cenderung masih lemah.

Meski demikian, kenaikan tingkat inflasi bisa menjadi sentimen yang baik bagi harga emas. Sebab, investor tentu akan memborong emas demi melindungi harta kekayaannya dari gerusan inflasi.

Di samping inflasi, kenaikan harga emas hari ini juga didukung oleh perkembangan terakhir dari stimulus fiskal AS sebesar US$1,9 triliun. Pada Rabu (10/3), dewan legislatif AS akhirnya memberikan persetujuan final terkait proposal stimulus fiskal, yang merupakan kemenangan pertama Presiden AS Joe Biden.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Ditekan Duet Maut Dolar AS dan Obligasi Pemerintah AS

Harga Emas Hari Ini Menguat Berkat Inflasi dan Stimulus AS, Pluang

Harga Emas Hari Ini Masih Terancam Kenaikan Imbal Hasil Obligasi

Hanya saja, harga emas masih perlu was-was lantaran pergerakan imbal hasil obligasi pemerintah AS masih membayangi langkah logam mulia tersebut di hari ini.

Selama ini, kenaikan imbal hasil obligasi AS menjadi biang keladi penurunan permintaan emas dan ikut mengerek turun harganya. Sebab, kondisi tersebut bikin investor lebih tergiur menggenggam obligasi dan mulai melepas emas, sebuah aset yang tak menghasilkan imbal hasil secara periodik.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img