Currently set to Index
Currently set to Follow

Harga Emas Hari Ini Masih Dibayangi Pergerakan Obligasi AS

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Selasa (16/2) pukul 09.00 WIB, menguat 0,4% ke US$1.826.11 per ons. Penguatan juga dialami harga emas di pasar komoditas berjangka COMEX sebesar 0,09% ke angka US$1.824.8 per ons.

Penguatan emas ini memang didorong oleh melemahnya nilai tukar dolar AS terhadap beberapa basket mata uang negara laun dalam sehari terakhir.

Penurunan dolar AS menjadi angin segar bagi permintaan emas. Sebab, harga emas akan relatif lebih murah bagi investor yang tidak menggunakan mata uang dolar AS untuk transaksi sehari-hari. Sesuai hukum permintaan dan penawaran, maka kenaikan permintaan emas pun akan ikut mengerek harganya.

Hanya saja, emas masih perlu waspada. Sebab, kenaikan imbal hasil obligasi AS diperkirakan masih akan menghambat laju harganya.

Obligasi pemerintah AS memang dikenal sebagai sasaran utama investor dalam menempatkan dana ketika inflasi diperkirakan meningkat. Sebab, imbal hasil yang tinggi adalah implikasi harga obligasi tengah murah.

Namun, kondisi tersebut justru menekan harga emas.

Selama ini, emas memang dijadikan sebagai aset pelindung nilai untuk melindungi kekayaan dari gerusan inflasi. Namun, gara-gara obligasi tengah “diobral”, maka opportunity cost dalam menggenggam emas juga akan meningkat.

Baca juga: Imbal Hasil Obligasi AS Bikin Harga Emas Hari Ini di Posisi Labil

Harga Emas Hari Ini Masih Dibayangi Pergerakan Obligasi AS, Pluang

Aspek Fundamental Lain yang Pengaruhi Harga Emas Hari Ini

Di luar hal tersebut, kini pelaku pasar tengah menanti rapat moneter dewan pimpinan bank Sentral AS The Fed, yang sedianya berlangung Rabu pekan ini.

Tak hanya itu, pelaku pasar juga menanti keputusan zona Euro ihwal kapan dan apakah pemerintah negara-negara Eropa akan menarik kembali dukungan fiskalnya. Hal ini disebabkan oleh menggeliatnya lagi kegiatan ekonomi setelah vaksinasi massal dan dilonggarkannya kebijakan lockdown.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img