Currently set to Index
Currently set to Follow

Harga Emas Hari Ini Melemah Seiring Bergesernya Selera Risiko Investor

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Selasa (23/3) pukul 09.30 WIB, melemah 0,41% ke US$1.731.93 per ons. Harga emas di pasar berjangka komoditas COMEX juga melorot 0,34% ke US$1.734.4 per ons.

Pelemahan harga emas kali ini disebabkan karena investor sudah mulai beralih lagi ke aset-aset berisiko, seperti saham, setelah imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat sudah mulai meredup. Saat ini, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun sudah berada di kisaran 1,6%, setelah sebelumnya mencetak 1,7% pada akhir pekan lalu.

Hasil dari pergeseran selera risiko tersebut tercermin dari kenaikan indeks-indeks saham utama AS. Indeks saham Dow Jones, misalnya, ditutup menguat 0,32% dibanding sesi pembukaan pada Senin (22/3). Selain itu, indeks S&P 500 justru mencatat pertumbuhan yang lebih mencengangkan, yakni 0,7% di waktu yang sama.

Hijrahnya investor ke aset berisiko juga disebabkan karena mereka kini sudah mulai tidak mencemaskan kenaikan inflasi yang kencang setelah imbal hasil obligasi AS melorot dari puncak tertingginya.

Selama ini, inflasi dianggap sebagai angin segar bagi harga emas. Sebab, investor akan memborong emas untuk melindungi kekayaannya dari gerusan nilai inflasi, yang pada gilirannya akan mengerek naik harga logam mulia.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Keok Dihajar Dolar AS

Harga Emas Hari Ini Melemah Seiring Bergesernya Selera Risiko Investor, Pluang

Sentimen Lain Harga Emas Hari Ini

Kilau harga emas hari ini diprediksi kian meredup adalah kemungkinan terjadinya gelombang ketiga infeksi COVID-19 di Eropa. Sehingga, investor cemas bahwa akan terjadi pembatasan sosial baru di benua biru tersebut. Hal ini sudah ditandai dengan langkah kota Paris yang sudah memberlakukan kebijakan lockdown terbaru sejak akhir pekan lalu.

Namun, di Amerika Serikat, vaksin COVID-19 besutan AstraZeneca menunjukkan performa yang lebih baik dari ekspektasi. Sehingga, pemerintah AS mungkin akan segera menyetujui penggunaan darurat vaksin tersebut dan meningkatkan optimisme ekonomi global.

Baca juga: Dolar AS Melemah, Apa Dampaknya Terhadap Perekonomian Asia?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters, CNBC

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img