Currently set to Index
Currently set to Follow

The Fed Lanjutkan Kebijakan Longgar, Harga Emas Hari Ini Berkibar

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Rabu (24/2) pukul 09.00 WIB, menguat 0,34% ke angka US$1.811,83 per ons. Penguatan juga terjadi pada harga emas di pasar komoditas berjangka acuan COMEX sebesar 0,32% ke angka US$1.811,7 per ons.

Harga emas meningkat hari ini setelah bank sentral Amerika Serikat The Fed memutuskan untuk tetap mempertahankan kebijakan moneter yang longgar demi mempercepat pemulihan ekonomi AS. Ketua The Fed Jerome Powell juga sudah menarik sugseti bahwa kebijakan moneter yang longgar bisa menyebabkan inflasi yang tak terkendali dan risiko finansial.

Pernyataan Powell tersebut akhirnya membuat imbal hasil obligasi pemerintah AS turun. Sebab, kebijakan moneter yang longgar merupakan indikasi bahwa bank sentral AS tidak akan menaikkan suku bunga acuannya. Alhasil, investor pun lari dari instrumen tersebut dan kembali memilih emas.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Tersungkur Setelah Obligasi AS Rekor dalam Setahun

The Fed Lanjutkan Kebijakan Longgar, Harga Emas Hari Ini Berkibar, Pluang

Langkah Obligasi Pemerintah AS Pengaruhi Harga Emas Hari Ini

Selama sepekan terakhir, pergerakan imbal hasil obligasi pemerintah AS selalu bikin harga emas jungkat-jungkit. Penyebabnya adalah sikap investor yang berburu instrumen tersebut karena imbal hasilnya sedang naik. Hasilnya, emas pun kemudian tak diacuhkan oleh mereka.

Namun, tingkat imbal hasil obligasi AS nampaknya perlahan mulai turun pada pekan ini. Imbal hasil surat utang pemerintah AS bertenor pendek, contohnya, kini bahkan sudah mencapai area negatif.

Hanya saja, beberapa analis masih menimbang, apakah nantinya penurunan imbal hasil ini akan berlanjut seiring tingkat kemajuan pembahasan mengenai stimulus fiskal AS.

Pada bulan lalu, Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa pemerintahannya akan menggelontorkan US$1,9 triliun untuk memulihkan kegiatan ekonomi negara adidaya tersebut yang loyo gara-gara dihantam COVID-19. Tetapi, pemerintahan Biden masih perlu menunggu persetujuan legislatif AS terkait wacana tersebut.

Baca juga: Nilai Dolar dan Rapat The Fed Jadi Sentimen Harga Emas Hari Ini

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters

spot_img

Artikel Terbaru

Creative Lead

0

Pluang Pagi – Jumat 17 September 2021

0

Head Of Human Resources

0
spot_img