Currently set to Index
Currently set to Follow

Optimisme Stimulus Fiskal AS Akan Dongkrak Harga Emas Hari Ini

Harga emas di pasar spot pada Senin hari ini (25/1) pukul 09.00 WIB melemah 0,09% ke level US$1.853,9 per ons. Pelemahan juga dialami harga emas di pasar komoditas berjangka COMEX sebesar 0,1% ke angka US$1.858 per ons.

Meski melemah di pagi hari, namun harga emas diprediksi akan pulih kembali seiring keyakinan investor bahwa senat AS akan segera menyetujui paket stimulus yang diajukan pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Sebelumnya, Biden mengatakan bahwa pemerintahannya akan bernegosiasi dengan anggota senat Partai Republik dan Demokrat untuk menggelontorkan paket stimulus ekonomi sebesar US$1,9 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan juga vaksinasi massal.

Sementara itu, Komite Keuangan Senat AS secara bulat telah menyetujui Janet Yellen sebagai calon menteri keuangan perempuan pertama di AS. Hal ini mengindikasikan bahwa Senat akan menyetujui pencalonannya pada Senin pekan ini.

Di hadapan senat pekan lalu, Yellen mengatakan bahwa ia sangat mendukung kenaikan belanja fiskal demi memulihkan ekonomi AS. Bahkan, ia juga meminta senat AS untuk mengambil langkah besar dengan menyetujui stimulus tersebut.

Selain stimulus AS, permintaan emas batangan di China dan Singapura diperkirakan akan melonjak mendekati tahun baru China.

Baca juga: Profit Taking Buat Harga Emas Melemah di Jumat Pagi

Banner Blog Pluang

Mengapa Stimulus Fiskal Menaikkan Harga Emas Hari Ini?

Stimulus yang digelontorkan pemerintah AS tersebut tentu akan meningkatkan jumlah uang beredar di negara Paman Sam tersebut, di mana hal itu juga akan meningkatkan daya beli masyarakat.

Daya beli yang meningkat akan menciptakan permintaan barang dan jasa yang tinggi. Sesuai teori ekonomi, kondisi tersebut kemudian akan menciptakan inflasi. Alhasil, investor tentu akan menempatkan dananya ke aset-aset lindung nilai untuk melindungi kekayaannya dari gerusan inflasi, termasuk emas.

Baca juga: Harga Emas Diprediksi Naik Hari Kamis Ditopang Optimisme Stimulus AS

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img