Currently set to Index
Currently set to Follow

Harga Emas Melemah di Tengah Antisipasi Pengumuman The Fed

Harga emas di pasar spot pagi hari ini,Rabu (27/1), pukul 09.00 WIB melemah 0,26% ke US$1.846,16 per ons. Harga emas di pasar komoditas berjangka acuan COMEX juga lesu 0,33% ke angka US$1.848,6 per ons.

Pelemahan harga emas ini dipicu oleh sikap menahan diri investor yang tengah menanti kebijakan moneter teranyar The Fed, yang saat ini masih melangsungkan rapat komite pasar terbuka federal (FOMC).

Bank sentral AS tersebut diperkirakan masih akan memasang tingkat suku bunga acuan mendekati 0% demi menyelamatkan ekonomi Amerika Serikat. Adapun, rapat tersebut akan selesai pada Rabu waktu setempat.

Selain itu, pelaku pasar juga kini menanti sikap senat AS terhadap program stimulus ekonomi sebesar US$1,9 triliun yang diumumkan Presiden AS Joe Biden dua pekan lalu. Pemimpin fraksi Partai Demokrat di Senat Chuch Schumer mengatakan bahwa lembaga legislatif itu akan memroses rencana pemerintah yang dimaksud secepatnya.

Jika stimulus terjadi, maka jumlah uang beredar akan meningkat dan menguatkan daya beli di negara adidaya tersebut. Ujung-ujungnya, inflasi akan terjadi.

Pada kondisi tersebut, investor akan khawatir bahwa nilai harta yang ia pegang akan tergerus inflasi. Sehingga, mereka akan mengalihkan penempatan hartanya ke aset pelindung nilai, seperti emas.

Baca juga: Nilai Dolar dan Rapat The Fed Jadi Sentimen Harga Emas Hari Ini

Banner Blog Pluang

Sentimen Optimisme Ekonomi Pengaruhi Harga Emas Hari Ini

Harga emas juga dipengaruhi oleh sentimen perbaikan ekonomi

Pada Selasa, International Monetary Fund (IMF) juga telah meningkatkan proyeksinya atas pertumbuhan ekonomi global di tahun ini. Lembaga tersebut juga mengatakan bahwa pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19 tahun lalu akan mereda di tahun ini.

Optimisme perbaikan ekonomi juga tercermin di indeks keyakinan konsumen AS yang meningkat secara moderat pada Januari.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img