Currently set to Index
Currently set to Follow

Harga Emas Hari Ini Keok Dihajar Dolar AS

Harga emas di pasar spot pagi hari ini, Kamis (28/1), pukul 09.00 WIB melemah 0,32% ke angka US$1.838 per ons. Tren serupa juga dialami oleh harga emas di pasar komoditas berjangka COMEX yang turun 0,45% ke angka US$1.840 per ons.

Penurunan harga emas ini dipicu oleh sikap investor yang berbondong-bondong mencari dolar AS. Sikap itu dipicu oleh pernyataan The Fed yang khawatir bahwa laju pemulihan ekonomi di AS tidak akan secepat yang dibayangkan.

Pada Rabu kemarin, The Fed menyelesaikan rapat komite pasar terbuka federal (FOMC) yang dihelatnya sejak Selasa. Bank sentral AS itu mengatakan tetap akan menjaga tingkat suku bunga acuan mendekati 0% dan tidak akan mengubah kebijakan terkait operasi pasar terbuka.

Di dalam kebijakan tersebut, The Fed akan membeli obligasi pemerintah sebesar US$1,2 miliar per bulan untuk meningkatkan jumlah uang beredar dan meningkatkan inflasi. The Fed juga berjanji akan melaksanakan dua kebijakan moneter tersebut jika terdapat tanda pemulihan ekonomi penuh setelah resesi.

Alhasil, harga indeks dolar AS menyentuh titik tertingginya selama sepekan terakhir pada Rabu (27/1). Menguatnya dolar AS akan membuat emas menjadi relatif lebih mahal bagi masyarakat yang biasa bertransaksi menggunakan mata uang non-dolar AS.

Baca juga: Harga Emas Melemah di Tengah Antisipasi Pengumuman The Fed

Banner Blog Pluang

Analis Masih Optimistis Dengan Harga Emas Hari Ini

Pada pekan ini, analis dan pelaku perdagangan emas telah mengerek turun prediksi harga emas mereka. Namun, mereka masih berharap harga emas akan mencapai rekor baru di 2021.

Selain itu, beberapa negara bagian di AS juga telah melonggarkan pembatasan aktivitas lantaran tingkat penularan COVID-19 sudah mulai mereda di tengah kenaikan kasus kematian akibat penyakit tersebut.

Pelaku pasar juga menanti beberapa rilis indikator ekonomi di beberapa belahan dunia, yang sedianya akan diumumkan hari ini.

Rilis tersebut meliputi proyeksi pertumbuhan ekonomi AS kuartal IV, angka pengangguran sementara AS, dan pengumuman dewan gubernur bank sentral Jepang.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img