Currently set to Index
Currently set to Follow

Harga Emas Hari Ini Tertekan Optimisme Ekonomi Global dan Obligasi AS

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Rabu (31/3) pukul 09.00 WIB, melemah 0,25% ke US$1.681,06 per ons. Pelemahan juga terjadi di pasar berjangka komoditas COMEX, yakni sebesar 0,24% ke US$1.682 per ons.

Pelemahan harga emas hari ini disebabkan oleh meningkatnya optimisme ekonomi global. Hal ini ditunjukkan oleh tokcernya data manufaktur China beserta kenaikan indeks keyakinan konsumen Amerika Serikat.

Hari ini, Biro Statistik Nasional China mengumumkan bahwa indeks manufaktur China pada Maret di angka 51,9, atau naik dari Februari sebesar 50,6. Angka ini lebih besar dari prediksi analis sebelumnya di angka 51.

Kemudian, indeks keyakinan konsumen AS juga menanjak menjadi 109,7 di bulan ini, atau meningkat dari periode sebelumnya yakni 90,4. Optimisme perbaikan ekonomi ini tentu akan membuat investor kembali tertarik untuk menggenggam aset-aset berisiko, seperti saham.

Bank Sentral AS The Fed sebelumnya menyampaikan bahwa ekonomi AS bisa tumbuh lebih baik seiring cepatnya tingkat kemajuan program vaksinasi massal di negara adidaya tersebut. Kemudian, the International Monetary Fund (IMF) juga telah menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global di 2021 dan 2022 setelah ukuran ekonomi dunia menyusut 3,5% di tahun lalu.

Baca juga: Fokus Investasi di Obligasi? Ini 4 Strategi Jitu untuk Mengelola Portofoliomu

Harga Emas Hari Ini Tertekan Optimisme Ekonomi Global dan Obligasi AS, Pluang

Obligasi Pemerintah AS Bebani Harga Emas Hari Ini

Meningkatnya optimisme ekonomi ternyata juga menular ke kenaikan imbal hasil obligasi AS, seiring ekspektasi pelaku pasar bahwa pemulihan ekonomi akan memperbaiki daya beli dan ujungnya mengerek tingkat inflasi.

Kini, imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun sudah mencapai angka 1,77%, yang merupakan puncak tertingginya sejak 22 Januari. Dengan demikian, obligasi AS telah meroket sebesar 0,1 persen poin sejak pekan lalu.

Kenaikan tingkat imbal hasil obligasi AS tentu bikin investor tertarik menggenggam instrumen tersebut. Hasilnya, investor berpaling dari emas dan menyebabkan permintaannya menurun, yang kemudian memudarkan kilau harga logam mulia tersebut.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Tersungkur Setelah Obligasi AS Rekor dalam Setahun

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters, Bloomberg

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img