Currently set to Index
Currently set to Follow

Investor Mendadak Pesimis Terhadap Ekonomi AS, Harga Emas Terbang di Akhir Pekan

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Jumat (9/4) pukul 09.00 WIB, melemah 0,01% ke US$1.755,75 per ons. Sementara itu, harga emas COMEX juga melemah 0,12% ke angka US$1.756.1 per ons.

Meski melemah di pagi hari, sebenarnya harga emas hari ini di atas angin, dengan kenaikan harian 1,15%. Menguatnya harga emas disebabkan karena melorotnya nilai dolar AS beserta imbal hasil obligasi AS karena investor mendadak pesimistis lagi terhadap pertumbuhan ekonomi negara adidaya tersebut.

Kecemasan investor tersebut berakar dari naiknya pengajuan bantuan pengangguran di AS. Departemen Ketenagakerjaan AS melaporkan pada Kamis (8/4) bahwa jumlah pendaftaran bantuan pengangguran pada pekan lalu mencapai 744.000 pendaftaran. Atau, berada di atas ekspektasi para ekonom sebesar 694.000 pengajuan.

Kehadiran data ini terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, dalam sepekan terakhir, AS seolah-olah dihujani data-data ekonomi yang menunjukkan sinyal penguatan. Salah satunya adalah tambahan lowongan pekerjaan baru yang tumbuh 4,9% ke 268.000 pada Februari. Di mana, pertumbuhan bulanan ini merupakan level tertinggi sejak Januari 2019.

Hasilnya, nilai indeks dolar AS amblas dari 92.4 pada Kamis pagi menjadi 92.1 pada Jumat pagi. Pelemahan nilai aset greenback ini sejatinya menjadi angin segar bagi harga emas. Sebab, emas akan menjadi lebih murah bagi para investor yang tidak terbiasa bertransaksi dengan dolar AS. Akibatnya, harga emas menjadi naik.

Sementara itu, imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun juga kian melemah ke posisi 1,62% pada Jumat pagi. Penurunan tingkat imbal hasil obligasi AS akan menjadi angin segar bagi permintaan emas. Sebab, investor tentu akan melepas obligasi AS jika imbal hasilnya kian luntur, dan mulai menggenggam emas.

Apalagi, ketika pesimisme ekonomi kembali menyeruak, emas akan diburu investor sebagai aset pelindung nilai kekayaan paling utama.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Runyam Setelah Investor Kian Doyan Genggam Saham

Investor Mendadak Pesimis Terhadap Ekonomi AS, Harga Emas Terbang di Akhir Pekan, Pluang

Sentimen Lain Harga Emas Hari Ini

Cuaca cerah nampaknya masih menyelimuti harga logam mulia hari ini. Selain pesimisme ekonomi investor, harga emas juga masih akan ditopang pernyataan bank sentral AS The Fed pada Rabu (7/4), yang mengatakan untuk terus mendukung pemulihan ekonomi sampai ekonomi AS benar-benar stabil.

Sentimen The Fed yang cenderung dovish ini setidaknya memberi petunjuk bahwa otoritas moneter ini tidak akan menaikkan suku bunga acuannya sesegera mungkin.

Namun, pelaku pasar kini juga mengantisipasi pidato ketua The Fed, Jerome Powell dalam konferensi virtual International Monetary Fund (IMF) pada hari ini.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Loyo Seiring Kencangnya Optimisme Ekonomi AS

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters, Bloomberg, CNBC

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img