Currently set to Index
Currently set to Follow

Ucapan Calon Menkeu AS Bikin Harga Emas Melambung Rabu Ini

Harga emas di pasar komoditas berjangka acuan COMEX pada Rabu pagi (20/1) tercatat naik 0,25% ke angka US$1.844 per ons. Peningkatan ini merupakan respons pelaku pasar atas sikap calon Menteri Keuangan AS Janet Yellen terhadap pemulihan ekonomi, yang disampaikan di senat Amerika Serikat pada Selasa (19/1) waktu setempat.

Pada kesempatan tersebut, Yellen menegaskan komitmennya untuk memfokuskan pemulihan ekonomi dan menekankan bahaya krisis bagi ekonomi AS.

Jika pemerintahan di bawah Presiden AS terpilih Joe Biden konsisten dengan kebijakan ini, maka jumlah uang beredar akan bertambah. Kondisi itu nantinya akan mendorong inflasi dan menurunkan nilai mata uang dolar AS.

Imbasnya, investor akan melepas aset greenback dan memburu aset lain, seperti emas, sebagai lindung nilai terhadap penurunan nilai mata uang itu. Kenaikan permintaan emas tentu akan mendongkrak harga logam mulia tersebut.

“Nilai mata uang dolar AS akan dikendalikan oleh kekuatan pasar. Dan pada saat ini, kekuatan pasar menuju pada nilai dolar yang semakin melemah,” jelas analis komoditas dari TD Strategies Daniel Ghali.

Baca juga: Harga Emas Kembali Pulih di Tengah Kekhawatiran Investor

Pada sesi perdagangan terakhir, indeks dolar AS akhirnya terpeleset dari angka tertingginya selama empat pekan terakhir. Kenaikan nilai aset greenback itu sempat membuat harga emas menjadi relatif lebih murah dibanding aset-aset lainnya.

“Selama pelaku pasar bisa memanfaatkan momentum ini, maka harga emas bisa terus betahan di level tersebut,” jelas pendiri Circle Squared Alternative Investments Jeffrey Sica.

Stimulus Akan Buat Harga Emas Terbang

Ia juga menambahkan, stimulus yang digelontorkan AS akan memiliki dampak positif bagi harga emas. Pada Kamis (14/1), Biden berkomitmen bahwa pemerintahannya akan menyembur stimulus fiskal US$1,9 triliun demi memulihkan ekonomi AS yang lunglai di tengah pandemi COVID-19 dan vaksinasi massal.

Meski demikian, pergerakan harga emas pada hari ini juga akan dipengaruhi oleh sikap wait and see pelaku pasar atas inaugurasi Biden pada Rabu waktu setempat.

Baca juga: Harga Emas Melanjutkan Penurunan di Minggu Ini

Banner Blog Pluang

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img