Currently set to Index
Currently set to Follow

Analisa Mingguan: Harga Emas Terjaga di Atas Rp967,929

Minggu ini emas melanjutkan rally-nya dari minggu lalu, di mana harganya menyentuh level yang belum pernah terlihat sejak September 2011. Emas naik sebanyak 4.3% ke harga $1877.5 dan sempat menyentuh titik rendah di harga $1795.2 di awal minggu, tapi tetap terjaga di atas level $1800. Harga emas per gram hari ini setara dengan Rp967,929

Harga emas per gram hari ini – Langkah Stimulus Mendukung Emas

Pada hari Selasa pagi, emas berjangka naik sebesar 0.12% ke level $1819.55 karena adanya prospek paket stimulus dari AS dan Eropa yang membuat investor beralih pada aset safe haven.

Kongres AS saat ini sedang mendebatkan apakah akan menambahkan paket stimulus ekonomi karena stimulus yang telah dikeluarkan sebelumnya akan habis pada akhir bulan Juli. Sementara itu, pemimpin Uni Eropa akhirnya menyetujui rencana stimulus sebesar EUR 750 Milliar di EU summit.

Paket stimulus tersebut disetujui karena nampaknya COVID-19 tidak akan mereda dalam waktu dekat dengan tercatatnya 14.6juta kasus di seluruh dunia per 21 Juli, menurut data John Hopkins University.

Namun, ada beberapa indikasi mengenai potensi vaksin. Perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca dan Universitas Oxford mengatakan bahwa vaksin mereka telah menghasilkan respon imun dari semua partisipan riset yang telah menerima dua dosis. Dua buah kerjasama, Cansino Biologics bersama unit penilitian militer Cina dan perusahaan biotech Jerman, BioNTech bersama farmasi asal AS Pfizer, juga telah melaporkan hasil positif pada hari yang sama.

Dolar Melemah 

Dolar menyentuh level rendah selama empat bulan sementara emas berjangka naik 0.80% ke harga $1858.6 dengan emas mencapai level tertinggi sembilan tahun pada Rabu pagi. Index Dolar AS turun sebesar 0.03% di 95.09, mendorong investor pada aset emas. Dolar yang lemah mengindikasikan harga emas yang rendah di mata uang lainnya.

Selain dari angka kasus COVID-19 dan kematian di AS, AS juga sedang terguncang karena hubungan yang memburuk dengan China. Setelah Departemen Kehakiman menuduh Cina mensponsori hacker yang menargetkan laboratorium yang sedang mengembangkan vaksin COVID-19 pada hari Selasa.

Harga Emas per Gram Hari Ini – Rally Emas

Paket stimulus dikeluarkan untuk mengatasi arus baru dari coronavirus. Dan di saat yang sama mendorong emas dan perak untuk mencapai rekor baru.

Meskipun demikian, investor masih mencari emas. Ini karena janji-janji stimulus bernilai triliunan dolar dari bank sentral global. Serta lemahnya sisi kesehatan dan ekonomi yang diakibatkan oleh gelombang baru infeksi COVID-19.

Dikarenakan oleh tingkat suku bunga AS yang mendekati nol, imbal riil yang rendah, ada juga rekor aliran masuk ke dana ETF emas, dan peningkatan alokasi aset secara keseluruhan untuk logam mulia. Jaminan paket stimulus akan memastikan permintaan yang stabil untuk emas.

Hal ini didukung oleh Presiden Donald Trump yang akhirnya mengakui fatalnya COVID-19. Ia mengakui bahwa gelombang baru wabah mungkin akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik.

Harga emas per gram hari ini – Akhir Minggu

Karena saham AS hampir mendekati rekor tertinggi, investor mencari perlindungan di emas dari potensi adanya reversal di pasar saham.

Investor menghadapi teka-teki antara tetap diam dan mengambil langkah dalam mengumpulkan aset yang sedang rally. Karena meningkatnya valuasi ekuitas dan kebangkitan coronavirus telah memadamkan harapan pemulihan ekonomi AS yang cepat. Sebagian besar mencurigai kenaikan beberapa aset adalah tanda bahwa pasar mungkin sedikit lebih maju daripada yang seharusnya.

Itulah sebabnya Kit Juckes, kepala ahli strategi global FX di Societe Generale. Telah merekomendasikan investasi emas sebagai sarana perlindungan serta berdasarkan pada tren historis. Harga emas naik pada bulan Agustus selama 15 dari 50 tahun terakhir.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Cemas Terjadi Resesi Akibat Pandemi, Investor Nilai Aset Emas Paling Menjanjikan

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Bagaimana Caranya?

Mengapa Investasi Penting untuk Melawan Inflasi?

Recent Articles

apa itu market share

Apa Itu Market Share?

faang stocks adalah

Apa Itu FAANG Stocks?

definisi regresi

Apa Itu Regresi?

wall street adalah

Apa Itu Wall Street?

volatilitas adalah

Apa Itu Volatilitas?

Related Stories