Cegah Virus Corona, Warga Buru Masker N95, Harga Meroket Jadi Rp2 Juta/Boks

Harga masker N95 melonjak seiring meningkatnya kepanikan akan menyebarnya virus corona n-CoV 2019. Dari harga pasar Rp300-an ribu per boks (isi 20 masker), kini harga masker N95 melonjak hingga Rp2 juta per boks.

Kimia Farma bahkan melaporkan masker N95 telah habis. Permintaan masker memang meroket. Direktur Kimia Farma, Verdi Budidarmo menjelaskan seluruh outlet retail Kimia Farma telah kehabisan masker N95 ini.

Menurut Verdi, stok masker N95 habis karena akan diambil Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk para petugas preventif di lokasi pintu-pintu masuk Indonesia.

harga masker n95

Upaya mencegah penyebaran wabah virus corona dengan masker N95 memang perlu ditempuh. Namun, di tengah melonjaknya harga masker N95 ataupun habisnya stok, holding farmasi belum akan memproduksi masker tambahan.

Direktur Utama PT Indofarma Arief Pramuharto menyebutkan perusahaannya akan fokus pada empat pengembangan alat kesehatan lain.

Pengembangan fasilitas kesehatan yang ditujukan olehnya antara lain kasur rumah sakit (hospital bed), alat kesehatan elektronik (electronic medical), bahan medis habis pakai, dan diagnosis.

Selain masker, berbagai upaya memang akan ditempuh oleh pemerintah untuk menghindar dari infeksi virus corona.

Ahli mikrobiologi RSUI, dr. R. Fera Ibrahim menyebutkan alkohol kadar 70% juga bisa jadi alternatif melumpuhkan virus, termasuk virus corona.

Baca juga: Perkara Wabah Coronavirus, Jack Ma Gelontorkan Dana Bantuan Sebesar Rp201,6 Miliar

Antisipasi virus corona, harga masker N95 meroket

virus corona

Penjualan masker di apotek-apotek meningkat drastis seiring melonjaknya kasus wabah virus corona. Per Kamis (6/2), lebih dari 27 ribu kasus telah terkonfirmasi dengan hingga 565 korban jiwa, 563 meninggal di Cina dan 2 lainnya di belahan dunia lain.

Tak pelak, di Indonesia pun, demi mengantisipasi, masker “pelindung” ini diburu oleh warga. Dengan harga per boks masker N95 sekitar Rp2 juta per kotak, maka diasumsikan harga satuan masker berkisar Rp75 ribu hingga Rp100 ribu.

Kelangkaan produk masker N95 di pasar yang mendorong melonjaknya harga masker N95. Sementara, stok masker N95 milik Kimia Farma telah diminta BNPB untuk antisipasi masuknya virus ke Indonesia.

“Masker milik kita diambil BNPB untuk langkah preventif. Masker itu disebar di pintu-pintu gerbang yang ada di Indonesia, terutama untuk petugas,” jelas Arief.

Sementara itu, permintaan konsumen terhadap masker N95 ini juga kian meningkat. Permintaan yang sangat banyak sementara stok terbatas ini dorong harga masker N95 meroket ugal-ugalan.

“Harga masker N95 terus naik dari minggu lalu. Tadinya naik, kami jual Rp500.000, terus naik lagi jadi Rp1 juta. Sekarang ada yang jual Rp2 juta per boksnya,” jelas seorang pengedar masker N95 di pasar.

Baca juga: IHSG Anjlok 4,87% Lantaran Wabah Corona, Coba 4 Opsi Alternatif Investasi Ini

Dinkes DKI Jakarta: untuk cegah virus corona, tidak harus pakai masker N95

petugas kesehatan cegah virus corona

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker demi pencegahan virus corona.

Akan tetapi, ia menyatakan bahwa masyarakat cukup menggunakan masker bedah yang mudah dijumpai, tanpa mewajibkan menggunakan masker N95.

“Cukup masker bedah seperti yang biasa kita beli, di toko biasa, di toko alat kesehatan biasa, di toko retail biasa juga banyak,” ujar Dwi.

Ia menjelaskan masker jenis ini biasanya digunakan oleh petugas kesehatan yang merawat pasien di ruang isolasi. Selain itu, petugas biasanya dilengkapi juga dengan alat pelindung diri atau APD yang lengkap.

Berikut ini beberapa jenis masker alternatif yang dapat digunakan dalam situasi menghindari wabah virus corona ini:

#1 Masker bedah

masker bedah

Jenis masker ini paling umum ditemui dan dengan mudah diperoleh di apotek atau toko perbelanjaan. Kini, seiring merebaknya virus, masker bedah dianggap efektif untuk pencegahan.

Masker bedah memiliki tiga lapisan, yakni bagian luar yang berwarna berfungsi sebagai lapisan anti-air, lapisan tengah sebagai filter, dan lapisan dalam berwarna putih untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut ataupun hidung.

Namun, jika dibandingkan dengan harga masker N95, masker ini masih terbilang murah tetapi kurang dalam menyaring partikel. Masker bedah juga hanya diperuntukkan sekali pakai.

#2 Masker N99 dan N100

masker n99 dan n100

Jika kamu memerlukan masker yang lebih kuat, masker ini bisa jadi pilihan. Masker respirator N99 dan N100 mampu lindungi dari berbagai polusi dan virus dari luar. Kedua masker ini sama-sama miliki tiga lapisan fister.

Lapisan pertama berfungsi menjebak partikel kasar seperti debu dan pasir, lapisan kedua untuk menyaring partikel masuk, dan lapisan terdalam terbuat dari karbon aktif untuk memerangi pengotor gas seperti senyawa organik ataupun bau busuk.

#3 Masker P95

harga masker n95

Tergolong sebagai masker super, karena bisa menyaring debu, virus, dan partikel berbahaya lainnya di udara. Masker respirator dengan kode P ini mampu menyaring partikel mengandung minyak yang dilepaskan seperti bensin, solar, minyak tanah, cat, dll.

Masker ini juga dapat digunakan hingga 40 jam dalam jangka waktu 30 hari.

Untuk alternatif harga masker N95 yang kian melonjak, kamu bisa pilih salah satu masker ini dong buat jaga-jaga!

Sumber: Kontan, Tempo, Merdeka, Detik Wolipop

Simak juga:

Psst.. Ini 5 Rahasia Sukses Warren Buffett, Tokoh Investasi Paling Sukses di Dunia

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img