Currently set to Index
Currently set to Follow

Tengok Tradisi Hari Valentine di Seluruh Dunia!

Hari kasih sayang alias hari Valentine semakin dekat, dan kita mulai melihat berbagai toko dibanjiri pernak-pernik hati merah jambu. Valentine diperingati setiap 14 Februari dan memang identik dengan beragam kado, seperti cokelat, bunga, dan hal romantis lainnya.

Simbol modern Valentine termasuk kartu berbentuk hati yang dilengkapi gambar Cupid bersayap. Banyak orang memilih hari ini sebagai hari untuk menyatakan cinta, dan kado serta kartu ucapan itu adalah beberapa dari perwujudan yang lazim untuk merayakan hari spesial ini.

Sejarah Hari Valentine

Hari Valentine di seluruh dunia dirayakan atas nama Santo Valentine. Beberapa kisah menyebutkan bahwa ia adalah seorang pendeta yang bertugas pada abad ke-3 di Roma. Ketika Kaisar Claudius II mengumumkan bahwa pria lajang akan menghasilkan tentara yang lebih baik, ia melarang pernikahan untuk para tentara muda.

Valentine menentang ketidakadilan yang dilakukan terhadap pria muda dan mulai mengizinkan dilangsungkannya pernikahan rahasia untuk para kekasih muda. Saat kaisar mengetahui tindakannya, Kaisar memerintahkan agar Santo Valentine dibunuh.

Seiring waktu, Santo Valentine menjadi sangat populer sehingga hari Valentine ditujukan baginya sebagai perayaan kasih sayang yang ia perjuangkan semasa hidup.

Berbagai Tradisi Hari Valentine

Tradisi perayaan hari Valentine kemungkinan diimpor oleh Amerika Utara dari Inggris. Di Amerika Serikat, kartu Valentine pertama yang diproduksi secara massal dicetak setelah 1847 oleh Esther A. Howland dari Massachusetts.

Asosiasi Kartu Ucapan di Amerika Serikat memprediksi 85% perempuan membeli kartu Valentine pada hari spesial ini. Sekitar 190 juta kartu ucapan hari kasih sayang dikirimkan setiap tahunnya.

Namun, rupanya ada berbagai tradisi berbeda di seluruh dunia dalam merayakan hari Valentine. Pasangan di Bulgaria merayakannya dengan segelas anggur lokal, para pencinta di Wales berukar sendok kayu khusus buatan tangan. Sementara, pasangan Rumania pergi ke hutan untuk memetik bunga dan mencuci wajah mereka di salju sebagai tanda keberuntungan.

Berikut ini berbagai tradisi hari Valentine nan unik dan menarik di seluruh dunia. Siapa tahu bisa memberi inspirasi untuk menjadikan versimu tidak biasa.

Baca juga: Anti-Mainstream, Coba Kasih 5 Kado Valentine Investasi Ini ke Pacarmu

#1 Hari Valentine di Perancis 

Diyakini bahwa kartu hari Valentine pertama berasal dari Perancis, ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya dari penjara pada 1415. Tak pelak, pada momen spesial ini, desa di Perancis bernama “Valentine” berupa menjadi pusat romansa alias episentrum cinta pada 12 hingga 14 Februari. Orang-orang di sepenjuru Paris pun dapat melihat pekarangan indah, pepohonan, rumah yang dihiasi dengan kartu cinta dan mawar.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: NoLita, Benoit

Tempat untuk dikunjungi: Paris, Menara Eiffel, Bordeaux, dan Marseille

#2 Perayaan Hari Valentine di Korea Selatan

Senada dengan serial drakornya yang menguras emosi kita, orang-orang di Korea Selatan sangat menghargai emosi dan afeksi. Pasangan romantis di Korea Selatan merayakan hari cinta pada 14 Februari. Mereka merayakan “hari mawar” di bulan Mei, “hari ciuman” di bulan Juni, dan “hari pelukan” di bulan Desember. Sementara, para lajang merayakan “hari hitam” di bulan April dengan makan mi hitam.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: Griffin Bar, Ryunique

Tempat untuk dikunjungi: Busan, Jeju-do, Seoul

#3 Pesta Santo Dionysus di Spanyol

Hari Valentine di Valencia Spanyol jatuh pada 9 Oktober. Dikenal juga sebagai hari Santo Dionysus. Festival ini dirayakan di sebagian besar wilayah Spanyol dengan membuat “macadora” alias patung marzipan. Patung-patung ini dibuat oleh para pria untuk diberikan kepada teman perempuan mereka. Kita juga dapat menyaksikan parade warna-warni di jalan-jalan desa Spanyol.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: Jardin Secreto, Bar Galleta

Tempat untuk dikunjungi: Barcelona, Granada, Madrid

Baca juga: 7 Hadiah Ultah Unik dan Romantis buat Pacar pas Kamu On Budget

#4 Festival Makanan Valentine di China Barat Daya

Di Miao, China barat daya, festival “makanan suster” dirayakan pada 15 Maret. Selama festival, para perempuan mengenakan aksesori perak dan gaun indah, yang mungkin merupakan kebiasaan hari Valentine terindah di seluruh dunia.

Mereka memasak berbagai hidangan nasi berwarna yang ditawarkan di atas kain sutra untuk pemuda yang berjalan di jalan. Takdir pasangan dipertemukan pada beras pilihan mereka. Dua sumpit berarti cinta akan berhasil, sementara satu siung bawang putih berarti cinta telah berakhir bahkan sebelum dimulai. Menarik bukan?

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: South West China, Indian Pagoda Chinese Restaurant

Tempat untuk dikunjungi: Chengdu, Emei Shan, Leijiang

Tengok Tradisi Hari Valentine di Seluruh Dunia!, Pluang

#5 Hari Valentine di Rumania

Jika kamu mencari perayaan hari Valentine sangat romantis dan tak biasa, orang Rumania tidak akan mengecewakanmu. Valentine di sana biasa dirayakan pada 24 Februari sebagai hari di mana pasangan muda bertunangan. Pada dasarnya, tanggal ini adalah campuran dari Valentine dan perayaan musim semi. Laki-laki dan perempuan muda pergi ke hutan untuk memetik bunga berwarna-warni. Sementara pasangan lain membasuh wajah mereka dengan salju sebagai tanda keberuntungan.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: Zexe, Aubergine Restaurant

Tempat untuk dikunjungi: Sibiu, Bucharest, Brasov

#6 Pertukaran Hadiah Unik Valentine di Jepang

Valentine di negeri ini dirayakan pada 14 Februari. Para perempuan membeli hadiah dan cokelat untuk pasangan atau kekasih pria mereka. Pria tidak dapat mengembalikan hadiah sampai 14 Maret, yang disebut sebagai “hari putih”.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: Sakura, En – Japanese Restaurant

Tempat untuk dikunjungi: Tokyo, Kyoto, Nara

Baca juga: Tak Hanya Paris, Ini 10 Kota Paling Romantis di Dunia untuk Rayakan Valentine

#7 Festival Cinta Romantis di Inggris

Pada hari Valentine di Inggris, perempuan biasa meletakkan lima lembar daun salam di bantal mereka. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan impian calon suami mereka. Di Norfolk, Jack Valentine bertindak sebagai Sinterklas di hari Valentine. Anak-anak dengan cemas menanti sang santa, meski mereka tidak bisa melihat Old Father Valentine.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: Olive tree restaurant, Clos Maggiore

Tempat untuk dikunjungi: London, Bath, Manchester

#8 Perayaan Hari Cokelat Nasional di Ghana

Tanggal 14 Februari alias Hari Valentine dirayakan juga sebagai “Hari Cokelat Nasional” di Ghana. Pemerintah Ghana pada 2007 mengambil langkah ini untuk meningkatkan pariwisata di negaranya. Ghana dikenal sebagai penghasil kakao terbesar di dunia. Pada tanggal ini pula, terdapat pertunjukan, acara musik, dan menu menarik di restoran dengan tema hari Valentine.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: Bread & Wine, Kaya Energy Bar & Design

Tempat untuk dikunjungi: Cape Coast, Accra, Kakum National Park

#9 Hari Pembuat Anggur di Bulgaria

Seperti negara lain, Bulgaria merayakan hari Valentine dengan gayanya sendiri. Pada 14 Februari, San Trifon Zartan dirayakan di Bulgaria, yang berarti “hari pembuat anggur”. Pasangan tua dan muda merayakan cinta mereka dengan segelas anggur lokal yang lezat.

Tempat terbaik untuk makan malam romantis: Restoran Bolero, Kafe Mario

Tempat untuk dikunjungi: Sofia, Varna, Nessebar

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Travel Triangle

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img