Masuk Daftar Cekal Imigrasi, Viral Foto Bos Jiwasraya Bersender pada Mobil Porsche

Profil Hary Prasetyo Jiwasraya dan fotonya tengah bersandar pada mobil mewah ramai dibincangkan oleh netizen. Pengulikan atas profil orang nomor satu asuransi pelat merah ini terkait kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang kian pelik.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengonfirmasi telah menerima permintaan Kejaksaan Agung untuk mencekal sejumlah nama yang berkaitan dengan kasus dugaan korupsi Jiwasraya.

Sepuluh nama masuk dalam daftar cekal, antara lain eks Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo. Daftar ini diikuti juga oleh Direktur Utama Jiwasraya, Hendrisman Rahim. Nama-nama lain ditulis dalam inisial, yakni DYA, MZ, DW, GL, ER, AS, BT, dan HH.

mobil mewah

Kejagung memastikan dugaan praktik korupsi di bawah perusahaan Jiwasraya. Hary Prasetyo Jiwasraya pun dalam pemeriksaan. Karena itu, fotonya dengan mobil mewah kontan jadi viral.

Nama Hary Prasetyo jadi perbincangan lantaran juga diketahui memiliki kedekatan dengan lingkaran istana. Lantaran ia memang pernah bekerja untuk Kantor Staf Presiden (KSP).

Selanjutnya, rekam jejaknya banyak dihabiskan di Jiwasraya. Ia ditunjuk kembali menjadi Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 lantaran dianggap mumpuni menyehatkan perseroan sejak Januari 2008.

Baca juga: Ekuitas Minus Rp23,92 T, Jiwasraya Bangkut dan Gagal Penuhi Aturan OJK

Profil Hary Prasetyo

Hary Prasetyo Jiwasraya lahir dengan nama Hary Prasetyo di Cimahi, 7 Maret 1970. Lulusan Pittsburgh State University, Amerika Serikat ini telah lama berkecimpung di berbagai perusahaan keuangan.

Ia pernah jadi Tenaga Ahli Utama Kedeputian III bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis di Kantor Staf Presiden (KSP).

Untuk perkara KSP ini, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku kecolongan saat mempekerjakan Hary Prasetyo. Ini diduga karena sistem seleksi ketika itu belum ketat. Apalagi, diakui Moeldoko, saat itu persoalan gagal bayar polis belum terdengar dari Jiwasraya.

Moeldoko memastikan pihaknya tak akan melindungi Hary Prasetyo jika polisi menemukan bukti Hary terlibat dalam kasus korupsi yang merugikan Jiwasraya.

Sebelum membangun karier di Jiwasraya, Hary menjabat di perusahaan PT Trimegah Securities Tbk dan Lautandhana Investment Management.

Sementara itu Hendrisman, bos Hary Prasetyo di Jiwasraya, pernah menjabat direktur utama PT Reasuransi Internasional Indonesia. Tiga tahun berselang, ia menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia hingga 2014.

Amawi, yang menggantikan Hendrisman sebagai Ketua Umum asosiasi tersebut, pada 2018 justru melaporkan ketidakberesan keuangan Jiwasraya pada Mei 2018 kepada Kementerian BUMN.

Baca juga: Gojek Dikabarkan Incar dan Berencana Akuisisi 5% Saham Blue Bird

Ramai foto Hary Prasetyo bersandar di mobil mewah dan total aset/kekayaannya

Di tengah ramainya berita pencekalan sepuluh nama yang berkaitan dengan kasus dugaan korupsi Jiwasraya, foto Hary Prasetyo Jiwasraya yang tengah bersandar di mobil mewah ramai dibicarakan.

Mobil itu bukan mobil murahan, ia bersandar pada mobil mewah Porsche Carrera dengan pelat nomor B 911 CAB. Pelat mobil itu sendiri tidak terdaftar dalam data pajak Samsat DKI Jakarta.

Pelat itu tampaknya hanya untuk menunjukkan seri mobil ikonik dengan mesin boxer enam silinder itu, yakni Porsche 911 Carrera S Cabriolet.

Mobil mewah Hary Prasetyo Jiwasraya ini mampu capai kecepatan maksimum hingga 306 km/jam.

Berdasarkan majalah Autocar, mobil jenis ini dibanderol dengan harga GBP 92.438 alias Rp1,69 M (dengan kurs Rp18.254 untuk 1 GBP).

Sementara, ada tambahan hingga GBP 10.000 untuk seri Carrera yang telah disematkan dengan kode S. Karena itu, harga mobil mewah Porsche 91 Carrera S Cabriolet setelah sampai di Indonesia bisa capai hingga Rp4 M.

Angka sekian tampaknya wajar belaka, mengingat Hary Prasetyo Jiwasraya catatkan kekayaan senilai Rp37.907.422.262 (berdasarkan data LHKPN). Tidak hanya 1 mobil mewah, ia punya 9 kendaraan mewah, 3 di antaranya adalah motor gede dan 6 mobil mewah berbagai merek.

Sumber: Kompas, Kontan, CNBC Indonesia

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img