Currently set to Index
Currently set to Follow

Kerap Muncul di Mana-Mana, Apa Sih Iklan Layanan Masyarakat?

Belakangan ini, kamu mungkin banyak melihat iklan pemerintah yang gencar menginformasikan tentang protokol kesehatan selama pandemi. Iklan layanan masyarakat atau public service announcement ialah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi, serta mendidik penonton.

Umumnya, iklan ini dirancang untuk kepentingan yang berkaitan dengan masyarakat. Tujuan iklan semacam ini adalah untuk mempromosikan program serta kegiatan pemerintah atau organisasi kemasyarakatan tertentu.

Sifat iklan semacam ini tidak untuk memperoleh keuntungan ekonomi, tapi ditujukan sepenuhnya bagi kepentingan sosial. Di antaranya untuk menambah pengetahuan di kalangan masyarakat, mendorong terciptanya kesadaran sikap, hingga perubahan perilaku dalam menghadapi masalah.

Isi iklan layanan masyarakat biasanya berupa pesan ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum, atau mengubah kebiasaan.

Di berbagai negara maju, iklan semacam ini dimanfaatkan untuk memperbaiki masalah yang menyangkut kebiasaan masyarakat atau perubahan nilai. Selain itu, tujuannya adalah untuk menggerakkan solidaritas terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Baca juga: Ini 5 Fitur Andalan Google yang Bisa Tambah Penghasilan Kamu, Minat Coba?

Kerap Muncul di Mana-Mana, Apa Sih Iklan Layanan Masyarakat?, Pluang

Berbagai Jenis Iklan Layanan Masyarakat

1. Pengumuman

Bentuk ini mungkin yang langsung terlintas di benakmu tentang iklan layanan masyarakat. Biasanya, Pengumuman mencakup komponen seperti serangkaian video dan gambar dengan narator yang menyampaikan informasi kepada audiens. Terkadang, teks saja sudah sama kuat dan efektifnya dengan penyampaian dari narator.

2. Dokumenter atau Wawancara

Dalam metode ini, wawancara mengandung informasi yang berisikan komponen iklan layanan masyarakat. Metode ini terbilang efektif karena wawancara umumnya menghadirkan para ahli di bidangnya untuk menceritakan atau memberi informasi kepada masyarakat.

Bisa juga, wawancara mengajak seseorang dengan pengalaman pribadi dengan topik terkait untuk mendukung argumen yang direncanakan dalam storyboard. Terkadang, wawancara juga dapat disertai dengan sulih suara, atau hanya sekadar wawancara dalam bentuk ringkas.

3. Narasi

Gaya iklan layanan masyarakat ini menampilkan adegan, montase (kumpulan beberapa klip pendek), atau cuplikan peristiwa nyata untuk mengilustrasikan poin yang hendak dihadirkan. Narasi memungkinkan iklan layanan masyarakat terasa lebih kreatif dan juga menyampaikan pesan dengan lebih subtil dan bertenaga.

Baca juga: Resolusi 2021 Cari Kerja Baru? Simak Tips Interview Kerja via Zoom Berikut!

Bagaimana Cara Membuat Iklan Layanan Masyarakat yang Efektif?

Ada banyak pendekatan berbeda untuk membuat sebuah iklan layanan masyarakat. Beberapa hal ini menjadi fokus saat orang membuat iklan tersebut:

  • Menarik perhatian audiens
  • Pesannya jelas dan mudah dimengerti
  • Pesan didukung oleh fakta terkait masalah yang dibahas

Komponen umum untuk dimasukkan dalam iklan semacam ini, di antaranya:

1. Rekaman Video/Video Footages

Kamu bisa memasukkan rekaman video berlisensi creative commons atau kamu bisa membuat rekamanmu sendiri.

2. Gambar atau Foto

Selain video, ada banyak foto yang juga berlisensi CC lewat berbagai perpustakaan media gratis, misalnya dengan mengakses Archive.org. Kamu juga bisa menggunakan beberapa foto dari koleksi pribadi.

3. Sulih Suara/Narasi

Rekaman sulih suara dapat dilakukan dengan menggunakan mikrofon podcasting atau bahkan dengan merekamnya lewat ponsel pribadi.

4. Teks

Teks adalah bagian penting dalam suatu iklan layanan masyarakat yang baik. Semestinya teks yang dicantumkan memberikan informasi tambahan bagi audiens dan tidak bertele-tele. Di masa sekarang, penonton cenderung tidak memiliki terlampau banyak waktu untuk menyimak teks-teks panjang. Jadi, ingatlah aturan “Power Point” dalam menyampaikan gagasan iklan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kompas, Penn State

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img