Currently set to Index
Currently set to Follow

Cari Cuan dengan Jadi Hypebeast! Simak Cara Cuan dengan Investasi Streetwear

Ragam koleksi merek streetwear alias fesyen jalanan seperti Supreme, Off White, A Bathing Ape (Bape), hingga Stussy selalu ludes di pasaran bahkan di hari pertama penjualan. Para pebisnis yang melihat cara investasi streetwear sebagai ladang uang yang menjanjikan berbaris manis dengan para hypebeasts untuk “mengamankan” produk teranyar merek-merek ini.

Apa yang menjadikannya sedemikian diminati? Selain tren fesyen di kalangan anak muda, nilainya sebagai investasi yang akan berlipat-lipat menjadi alasan potensial streetwear digemari.

Kalau kamu pernah lihat meme “Berapa mahal harga outfit lo?” berseliweran di lini masa medsos, itu persis karena bukan hanya saat dibeli, bahkan bertahun-tahun setelah dibeli sekalipun, harga produk dari barang-barang bermerek ini malah makin melambung.

Dalam satu video YouTube Danu Karunia dari kanal MCDY, bahkan seorang anak muda yang diwawancarai olehnya tak malu-malu mengaku harga produk streetwear yang dikenakannya dari ujung kaki hingga kepala berkisar Rp321 juta. Bahkan, bukan hanya di kalangan anak muda, presiden Joko Widodo juga pernah tampil memakai Adidas Yeezy Boost seri Beluga 2.0 warna abu-abu saat lawatan ke Selandia Baru.

Kelangkaan jumlah barang yang diproduksi, selain kualitas yang ditawarkan, menjadi alasan mengapa merek-merek ini sejajar dengan karya seni yang menyimpan nilai investasi. Barang langka tentu makin mahal harganya. Dan orang yang sadar nilai investasi streetwear ini bakal selalu jadi yang terdepan dalam barisan yang mengular dari siang hingga larut malam, bahkan sampai saling adu bogem, memperebutkan barang incaran mereka.

Urban Dictionary punya istilah khusus untuk kalangan streetwear yang melihat cara investasi streetwear sebagai jalan ninja mereka. Hypebeast, anak-anak muda yang terobsesi mengikuti hype fesyen dan bersedia melakukan apa pun untuk mengejar barang yang mereka mau.

Baca juga: Pakai DeFi Bisa Datangkan Cuan, Lho! Gak Percaya? Yuk, Simak 4 Caranya!

Cari Cuan dengan Jadi Hypebeast! Simak Cara Cuan dengan Investasi Streetwear, Pluang

Hypebeasts dan Potensi Cuan dari Produk Streetwear 

“Supreme adalah satu-satunya perusahaan di mana pun, di luar Tesla dan sejenisnya, di mana tingkat penjualan secara harfiah tercapai 99 hingga 100 persen,” jelas Lawrence Schlossman, direktur merek reseller daring Grailed.

James Jebbia, pendiri merek streetwear ternama Supreme, kini berhasil menjadi sosok yang menginspirasi para fashion designer muda, pebisnis, juga para skateboarder dengan kesuksesannya. Hingga saat ini, merek ternama ini telah berkolaborasi dengan banyak merek ternama lain. Di antaranya seperti Comme des Garcons, Levi’s, Vans, hingga Louis Vuitton.

Banyaknya kolaborasi yang dijalin ini menjadikan Supreme dikenal kalangan luas, bukan hanya kalangan skateboarder. Barang yang mereka buat pun secara statistik nilainya bakal lebih tinggi daripada barang dagangan dari hampir semua perusahaan konsumen lain di dunia.

Dalam sekali pembelian saat mengincar produk Supreme saja, para hypebeasts ini bisa merogoh kocek hingga Rp2 juta sampai puluhan juta. Salah seorang hypebeast, Yoshi Setyawan alias Yosiolo, menyebut ia mengeluarkan Rp120 juta untuk 37 koleksi Bape dan 7 Supreme.

Expected revenue kalau dijual semua nantinya itu bisa sekitar Rp180 juta. Untung bersihnya berarti Rp60 juta kalau ini dijual lagi,” ungkapnya.

Cara investasi streetwear ini bukan hanya mendatangkan cuan bagi mereka, tapi juga membuat terkesan orang-orang di sekitar mengagumi sepatu, baju, topi, dan segala hal yang mereka kenakan.

Baca juga: Mengapa DeFi Bakal Jadi Saingan Sengit Jasa Keuangan Konvensional?

Lima Trik dan Cara Investasi Streetwear

Tertarik untuk berinvestasi di streetwear juga? Berikut ini trik berinvestasi produk streetwear:

1. Perbanyak Wawasan Soal Merek

Kenali dulu merek-mereknya sebelum terjun ke dunia streetwear. Ada beberapa produk yang harganya akan kian melangit semakin dipertahankan, sementara ada yang harganya tetap standar karena bakal diproduksi kembali.

Dalam tahap cara investasi streetwear ini, pintar-pintar untuk menentukan koleksi mana yang perlu dibeli dan yang tidak. Koleksi dari merek yang sudah punya prestise tinggi layak untuk diburu. Terutama, untuk produk Supreme yang selalu terjual habis karena prestisenya yang tinggi.

2. Produk Kolaborasi Biasanya Selalu Diminati

Produk kolaborasi biasanya jatuh dalam kategori in-demand. Meskipun, kamu harus berhati-hati produk apa saja yang melakukan kolaborasi.

3. Jangan Ragu untuk Membeli

Saat kamu mendapatkan harga barang di bawah harga pasar, jangan ragu untuk membeli. Ikutilah tren produk streetwear supaya kamu tahu bagaimana cara mendapatkan barang dengan harga miring.

4. Jaga Kondisi Barang

Terlepas dari barang itu akan kamu jual kembali atau masuk koleksi pribadi, sebaiknya kamu jaga kondisi barang dengan baik. Pastikan juga kamu masih menjaga boks atau kotak penyimpanan produk.

Jika suatu saat kamu tertarik untuk menjualnya kembali, keadaan barang yang masih utuh terjaga tentu akan mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilainya.

5. Tahu Kapan Mesti Menjual Kembali

Konon, cara investasi streetwear tidak jauh berbeda dengan membeli saham. Kamu harus tahu kapan waktunya untuk membeli, kapan waktunya untuk menjual, dan pada saat apa titik jualnya menunjukkan waktu yang tepat bagimu untuk menjual.

Bagi yang kantongnya tak seberapa dalam alias pas-pasan, mengikuti tren hypebeast ini sebagai gaya hidup bisa bikin menderita. Beberapa hypebeast menyiasatinya dengan menjadi reseller alias melapak kembali dagangan.

Tentu untuk memenuhi hasrat hypebeast, sebelum dijual kembali, mereka juga tak lupa mengenakan barang-barang itu dan mengabadikannya via unggahan medsos. Meski istilahnya barang bekas, produk-produk itu bisa dijual dengan harga jauh lebih mahal dari saat membeli.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Wealthsimple, Kumparan, Detik X

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img