Currently set to Index
Currently set to Follow

Panduan Cara Menambang Ethereum

Penjelasan Singkat Cara Menambang Ethereum

Bagaimana cara menambang Ethereum? Ethereum adalah jaringan yang memiliki sistem blockchain-nya sendiri. Semua transaksi yang dilakukan menggunakan ethereum harus disetujui oleh para ethminer atau ahli cara menambang Ethereum.

Transaksi tersebut harus diverifikasi dan dimasukkan ke dalam blockchain Ethereum. Proses verifikasi ini disebut sebagai proof of work atau bukti hasil kerja. Ini adalah tugas mu sebagai seorang miner untuk memastikan tidak ada orang yang berbuat curang.

Untuk memastikan bahwa semua transaksi Ethereum adalah valid maka para ethminer harus memecahkan berbagai permasalahan matematika kompleks. Dengan menggunakan bahasa komputer canggih.

Semua penambang lain memeriksa apakah angka tersebut benar dan jika 51% dari mereka setuju bahwa angkanya benar maka sebuah blok baru akan ditambahkan ke dalam blockchain.

Blok baru tersebut menyimpan semua transaksi yang sekarang sudah diverifikasi dan penambang yang menemukannya akan mendapat hadiah!

Kemudian penambang-penambang itu mulai bekerja memecahkan permasalahan matematika baru untuk memverifikasi transaksi-transaksi dari blok lain.

Baca juga: Enam Saran Investasi untuk Anak Muda dari Para Pakar

Tiga cara Menambang Ethereum

Oke, sekarang kamu sudah paham dasar dari Ethereum crypto mining, lalu bagaimana memulai mining Ethereum? Ada tiga cara agar kamu bisa mining Ethereum gratis maupun berbayar dengan fee murah.

  • Pool mining (Direkomendasikan)
  • Mining mandiri (Tidak direkomendasikan)
  • Menggunakan layanan Cloud mining (Tidak direkomendasikan)

Panduan Cara Menambang Ethereum, Pluang

Pool Mining

Mining Ethereum gratis dan berbayar dalam sebuah pool adalah cara paling mudah dan paling cepat untuk memulai. Kamu akan bekerja sama dengan orang lain.

Semua orang yang melakukan Ethereum mining dengan pool tunggal setuju bahwa jika salah satu dari mereka menemukan angka rahasianya, mereka akan membagikannya  dengan semua orang.

Seberapa sering kamu menemukan blok-blok dan membagikan hadiahnya sesuai dengan ukuran pool-nya. Namun, tidak semua pool sama. Ini merupakan hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum kamu bergabung dengan sebuah pool.

  • Ukuran Pool
  • Pendapatan Minimal
  • Biaya Pool

Mengapa ukuran pool crypto mining sangatlah penting? Well, jawaban singkatnya adalah seiring dengan bertambahnya jumlah ethminer, peluang untuk mendapatkan hadiah jadi semakin tinggi.

Namun juga, semakin banyak orang bergabung dengan pool,  hadiah yang didapat akan dibagikan ke orang yang lebih banyak. Kamu sebaiknya mencoba beberapa pool berbeda sebelum menemukan pool yang paling cocok untuk komputermu.

Bergabung dengan pool cryptomining berukuran besar biasanya merupakan pilihan yang lebih aman. Kamu mungkin akan mendapatkan hadiah lebih sedikit per 1 blok-nya, tapi setidaknya kamu tidak akan melalui hari-hari bahkan minggu-minggu tanpa mendapatkan hadiah sama sekali.

Kamu sebaiknya juga memperhatikan pendapatan minimal. Pendapatan minimal adalah jumlah Ether paling sedikit yang harus kamu gali sebelum dikirimkan ke wallet milikmu.

Jika pendapatan minimal adalah 1 ETH, kamu perlu menetap di satu pool yang sama untuk waktu lama sebelum mendapatkan hasil crypto mining pertamamu. Pool dengan pendapatan minimal yang tinggi tidak akan menguntungkanmu. Kamu sebaiknya mencari pool dengan pendapatan minimum yang kecil.

Baca juga: Bitcoin vs Ethereum, Kamu Pilih Yang Mana?

Kamu tentunya ingin dibayar sesering-seringnya, tanpa harus berkomitmen pada satu pool mining Ethereum untuk waktu yang lama. Metode terbaik untuk menambang Ethereum adalah dengan memiliki fleksibilitas untuk berganti-ganti antara beberapa pool Ethereum mining berbeda.

Setiap pool mining Ethereum memiliki semacam biaya keanggotaan.Kamu harus membayar biaya kecil tersebut agar bisa terus menggunakan pool itu. Biaya ini akan dibayarkan secara otomatis, jadi kamu tidak perlu memusingkannya.

Pembayarannya biasanya berbasi % dan dikalkulasi dalam cryptocurrency yang kamu tambang. Jumlah yang harus kamu bayarkan biasanya berbeda-beda dari 1% sampai 3%. Kamu sebaiknya mencari pool dengan biaya sekitar 1% karena pool-pool ini biasanya lebih handal dibandingkan pool dengan biaya 0%.

Menjalankan sebuah poool merupakan pekerjaan full-time dan komputasi serta pemusatan data tidaklah murah. Biaya 0% biasanya didukung oleh donasi, sehingga mereka cenderung tidak se stabil pool dengan biaya keanggotaan. Jika biaya pool lebih tinggi dari 3% kamu sebaiknya mencari pool lainnya saja.

Mining Mandiri

Mencoba mining Ethereum sendiri memang terdengar seperti ide bagus. Kamu tidak akan berbagi hadiah dengan siapapun. Kamu tinggal nyalakan komputer mu dan membiarkan uang mengalir masuk begitu saja, kan?

Salah. Ketika kamu melakukan mining sendiri, kamu akan bersaing dengan orang lain dan hanya akan mendapatkan hadiah jika kamu memecahkan puzzle matematikanya terlebih dahulu.

Baca juga: Apa Itu Mining Bitcoin?

Karena kamu bersaing dengan sebuah jaringan besar ethminer dan perusahaan yang memiliki sumber daya lebih banyak, peluang keberhasilanmu akan jadi sangat kecil. Mining secara mandiri hanya akan menguntungkan jika kamu memiliki banyak sumber daya yang bisa kamu gunakan, maksudnya di sini adalah 100+ kartu grafis.

Tapi mempunyai kekuatan komputasi sebanyak ini memiliki kekurangannya sendiri. Kamu harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Masalah heating. Jika peralatanmu jadi sangat panas, mereka bisa rusak. Sekali peralatanmu rusak, biasanya sangat tidak sepadan untuk memperbaikinya. Kamu lebih baik menghabiskan uangmu untuk mengganti rig mining Ethereum milikmu dan memperbaiki sebab masalah heating tersebut.
  • Ventilasi. Untuk menjaga semua peralatan berfungsi, kamu harus memiliki banyak kipas angin yang menggerakkan udara dengan sangat cepat. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, panas adalah masalah yang sangat genting.
  • Bunyi berisik. Semua kipas angin yang berputar untuk mendinginkan peralatanmu akan membuat banyak bunyi dan tentunya akan sangat nyaring dan cepat. Biasanya, kamu akan butuh sesuatu seperti garasi/gudang atau sebuah lokasi yang jauh dari pemukiman untuk melakukan semuanya.
  • Biaya listrik. Punya perlengkapan banyak yang memakai listrik juga akan membuat biaya listrik mu membengkak.Contohnya, dengan hanya sepuluh kartu grafis kamu akan menghabiskan sekitar 3-4 dolar (40-60 ribu rupiah) untuk listrik tiap harinya. Bayangkan jika kamu memakai 100 kartu grafis untuk lebih kompetitif. Biaya listrik untuk menyalakan semua kartu itu akan melonjak jadi 30-40 dolar per hari (400-600 ribu rupiah) hanya untuk satu hari saja.
  • Ruang. Memiliki sebuah tempat untuk menyimpan lebih dari 100 rig mining Ethereum bukanlah sesuatu yang bisa diakses kebanyakan orang.

Baca juga: Enam Saran Investasi untuk Anak Muda dari Para Pakar

Cloud Mining

Ketika kamu menggunakan cloud mining, kamu mempekerjakan orang lain yang paham cara menambang Ethereum. Cara kerja penambangan ini adalah kamu menyewa waktu mining Ethereum orang lain dan bayarannya, mereka memberimu semua reward yang mereka bisa dapatkan. Cloud crypto mining memang terdengar sedikit bodoh.

  • Mengapa seseorang menggunakan peralatannya untuk menambang bagi orang lain ketika mereka bisa menambang untuk diri mereka sendiri?
  • Kamu harus membayar orang lain untuk mining Ethereum ketika kamu bisa menginvestasikan uang dalam pengembangan peralatan dan menambang sendiri (bagi yang menguasai cara mining Ethereum)
  • Mengapa kamu tidak menggunakan uangnya untuk membeli cryptocurrency yang kamu inginkan alih-alih membayar orang lain untuk melakukannya?

Dan semua ini adalah pertanyaan yang valid. Tapi ini bukan berarti lebih baik atau lebih buruk dibandingkan melakukannya semua sendiri. Mari kita analisis semua keuntungan dan bahaya dari mining Ethereum via cloud mining.

Pro:

  • Kamu tidak bertanggung jawab untuk peralatan yang rusak. Sekali kamu membayar untuk mining Ethereum, kamu sudah membeli sejumlah pekerjaan yang tinggal kamu terima jadi. Semua biaya perbaikan bukanlah tanggung jawabmu.Namun hati-hatilah, perusahaan tertentu akan membuatmu membayar biaya listrik dan perbaikan. Baca kontraknya dengan saksama dan hindari hal ini!
  • Kamu tidak perlu menyimpan sejumlah peralatan berisik yang mengganggu dalam rumahmu atau gudangmu.

Baca juga: Apa Itu Mining Bitcoin?

Kontra:

  • Kamu membayar uangnya di muka jika harga Ethereum anjlok, kamu tidak akan bisa mengambil kembali uangmu, dan jika kamu hanya bisa menerima hasil mining yang sudah kamu bayar sebelumnya.
  • Kamu tidak bisa menyesuaikan software dan hardware yang penyedia jasa cloud mining gunakan.

Cloud mining adalah cara aman untuk para penyedia jasa mining dalam menjamin keuntungan masuk ke diri mereka sendiri dari peralatan yang sudah mereka beli. Fluktuasi harga cryptocurrency tidak berpengaruh pada mereka karena mereka sudah dibayar terlebih dahulu.

Jadi, ketika kamu membeli jasa cloud mining, kamu tidak akan bertemu masalah untuk membuat rig spesial dan membuat Etherium faucret milikmu sendiri. Dalam situasi yang ideal, cloud mining lebih merugikan dibanding mining mandiri. Daripada menggunakan jasa cloud mining kamu lebih baik langsung membeli Ethereum.

Opini pribadi: Untuk sekarang, coba jauhi jasa cloud mining. Jika kamu ingin berinvestasi dalam jasa cloud mining, gunakan saja uangnya untuk membeli cryptocurrency yang kamu inginkan dari Etherium faucet ternama.

Karena Ethereum adalah cryptocurrency yang nilainya fluktuatif. Kamu akan dapat hadiahnya secara langsung dan jika harganya mulai anjlok terjadi kamu akan bisa langsung menjualnya untuk meminimalisir kerugian.

Baca juga: Bitcoin vs Ethereum, Kamu Pilih Yang Mana?

Tutorial: Cara Menambang Ethereum dengan sistem pool

Jadi komputer mu akan digunakan untuk mining Ethereum. Mari kita bahas tools yang dibutuhkan komputer mu untuk cara menambang Ethereum yang lebih efisien. Ini adalah semuanya yang kamu perlukan untuk mining Ethereum gratis maupun berbayar via pool mining:

  • Sebuah wallet Ethereum untuk menyimpan semua mata uang yang kamu temukan;
  • Driver GPU;
  • Aplikasi mining (Claymore miner);
  • Alamat mining pool jika kamu akan mining Ethereum tanpa pool;
  • Kartu grafis (GPU) dengan setidaknya 3 GB RAM;
  • Sistem operasi yang kompatibel (Windows 7 atau 10 64bit ).

Buat sebuah wallet digital

Sebelum memulai Ethereum mining, kamu perlu membuat sebuah wallet digital. Kamu punya dompet (wallet) di dunia nyata untuk uang tunai milikmu.

Cryptocurrency pun demikian. Kamu bakal membuat wallet digital dimana kamu bisa menyimpan Ether yang sudah kamu gali.

Memasang driver kartu grafis milikmu

Ketika wallet digital milikmu siap digunakan, saatnya untuk memperbarui software di komputer mu. Proses penambangan akan lebih menguntungkan jika hardware milikmu menjalankan semua update terbaru. Jadi update driver-driver-mu sekarang.

Penutup

Dengan mengikuti tren mining Ethereum kamu ikut membantu membuatnya tetap terdesentralisasi sembari mendapatkan hadiah sambil melakukannya. Kamu bisa memandang Ethereum sebagai aset bernilai untuk ditahan untuk kemudian hari atau digunakan langsung untuk trading.

Teknologi blockchain dan jaringan Ethereum telah membuktikan nilai dan kelayakannya. Beberapa aplikasi terdesentralisasi telah sukses dijalankan. Respon pasar terlihat luar biasa.

Semakin banyak orang mulai membangun platform yang telah diciptakan oleh Ethereum, kita semua dipastikan akan melihat hasil yang jauh lebih hebat. Maka dari itu, sekarang saat yang tepat untuk berinvestasi Ethereum di Pluang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img