Currently set to Index
Currently set to Follow

Orang-Orang Ini Tajir Berkat Bitcoin. Siapa Saja?

Di dunia investasi Bitcoin, beberapa nama miliuner dipercaya menjadi kaya karena investasi mereka di aset kripto. Selama satu dasawarsa terakhir, orang-orang yang benar-benar percaya pada revolusi cryptocurrency telah mengubah bagaimana persepsi kita tentang aset satu ini.

Salah seorang dari jajaran nama ini adalah Cameron Winklevoss. Ia memiliki sejarah cukup nyentrik dalam investasi cryptocurrency, lantaran modal untuk berinvestasi ia dapatkan dari hasil gugatannya terhadap Facebook di 2012 silam. Kala itu, Winklevoss menuduh Facebook mencuri idenya untuk dimuat ke dalam situs jejaring sosial tersebut.

Kini, Bitcoin melonjak ke level tertinggi baru dan menarik banyak peminat dari kalangan masyarakat luas.

“Bitcoin bahkan telah melampaui Facebook dalam kapitalisasi pasar,” cuit Winklevoss di akun Twitter-nya saat harga Bitcoin melonjak lebih dari US$40.000 per koin dan beranjak ke US$41.000.

Paling tidak, saat ini Winklevoss memiliki aset digital senilai US$1,4 miliar akibat pertumbuhan Bitcoin yang kian signifikan. Bahkan, kekayaan bersih Winklevoss ini mencapai dua kali lipat nilainya sebulan lalu lantaran meroketnya harga aset kripto tersebut.

Namun, selain Winklevoss, kenaikan drastis harga Bitcoin beberapa waktu lalu juga bikin orang-orang lain ikutan auto tajir. Siapa saja mereka?

Baca juga: Apa Itu Mata Uang Kripto?

Banner Blog Pluang

Jajaran Miliarder dalam Investasi Bitcoin

1. Matthew Roszak

Perkiraan kekayaan bersih kripto: US$1,2 miliar

Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, Roszak bekerja di perusahaan modal ventura dan menjadi pengusaha sebelum membeli Bitcoin pertamanya pada 2012. Saat ini, pekerjaan hariannya adalah sebagai salah satu pendiri dan ketua Bloq, teknologi Blockchain dengan klien meliputi Citigroup dan Discover.

Bloq menangani berbagai hal, termasuk dari pemrosesan pembayaran untuk “stablecoin” (aset kripto yang dipatok ke nilai mata uang tradisional). Roszak telah lama menjadi “penginjil” kripto dan baru-baru ini memimpin inisiatif untuk memberikan aset digital senilai US$50 kepada setiap anggota Kongres. Forbes memperkirakan kekayaan bersih investasi Bitcoin-nya setara US$1,2 M, naik dari sekitar US$300 juta setahun yang lalu.

2. Tim Draper

Perkiraan kekayaan bersih kripto: US$1,1 miliar

Draper merupakan bagian dari dinasti investasi keluarganya yang sejak lama menduduki Silicon Valley. Pada 1985, ia menjadi mitra pendiri Draper Fisher Jurvetson, perusahaan modal ventura yang telah melakukan ratusan investasi, mulai dari Tesla hingga Theranos.

Pada 2014, ia membeli 29.656 Bitcoin yang telah disita oleh marsekal AS dari pasar gelap Jalur Sutra dengan nilai US$18,7 juta, di mana setiap koinnya dihargai US$632 per koin.

“Dolar adalah mata uang masa lalu,” kata Draper. “Investasi Bitcoin adalah mata uang masa depan. Apa yang kita lihat sekarang adalah transisi antropologis global dari dolar ke Bitcoin.”

3. Michael Saylor

Perkiraan kekayaan bersih kripto: US$600 Juta

Presiden Direktur perusahaan bisnis analitik MicroStrategy menginvestasikan lebih dari US$1,1 miliar dalam aset kripto dengan harga rata-rata sekitar US$15.964. Sekarang, koin-koin itu sekarang bernilai US$2,4 miliar.

Motif berinvestasinya didorong oleh kekhawatirannya atas devaluasi dolar AS sebagai akibat dari pencetakan triliunan dolar oleh The Fed. Kini, ia memimpin upaya untuk menyesuaikan perangkat lunak perusahaannya untuk menganalisis data investasi Bitcoin demi menciptakan lingkungan investasi Bitcoin yang stabil.

American Dream mengharuskan mata uangnya sehat,” puji Saylor ihwal Bitcoin.

5. Mike Novogratz

Perkiraan kekayaan bersih kripto: US$478 juta

Raksasa hedge fund dari Goldman Sachs dan Fortress Group ini sekarang menjadi “guru” aset kripto. Ia adalah pendiri dan CEO Galaxy Investment Partners, dengan spesialisasi dalam investasi dan pengembangan layanan terkait cryptocurrency.

Pada 2013, ia dilaporkan secara pribadi menginvestasikan US$7 juta dalam investasi Bitcoin. Lantas, ia menggunakan aset itu sebagai pendanaan awal Galaxy.

6. Vitalik Buterin

Perkiraan kekayaan bersih kripto: US$360 juta

Penemu Ethereum, jaringan mata uang kripto terbesar kedua yang kini bernilai US$123 miliar, juga mendapat kejutan besar dari pertumbuhan aset kripto.

Ia lebih dikenal karena minat akademis dan sosialnya perihal aset kripto daripada menjadi investor. Namun, ia tetap meluangkan waktu dan menyisihkan dananya untuk berinvestasi di aset kripto.

Ia kini memiliki lebih dari 333 ribu keping Ethereum dengan nilai sekitar US$360 juta. Padahal, setahun lalu, total nilai koin digitalnya hanya US$45 juta.

Baca juga: Atur Stabilitas Keuangan Masa Pandemi, Ketahui 5 Kebijakan Moneter BI

Masa keemasan: Investasi Bitcoin sedang Jaya-Jayanya

Selama setahun terakhir, kenaikan harga Bitcoin memang seolah tak terbendung. Harga Bitcoin melonjak 400%, sementara indeks S&P 500 harus puas dengan pertumbuhan 17% secara tahunan saja. Salah satu faktor kunci yang mendorong kegilaan ini adalah situasi ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Pandemi global ini memaksa The Fed mencetak triliunan dolar untuk merangsang ekonomi dan mencegah resesi. Sayangnya, langkah ini menurunkan nilai mata uang dolar AS, sehingga investor semakin melihat Bitcoin sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi.

Berbeda dengan reli harga 2017 dari US$1.000 menjadi US$19.000 yang diborong oleh investor ritel, kenaikan investasi Bitcoin baru-baru ini lebih didorong oleh investasi institusional besar. Begitu juga, perkembangan cara untuk membeli dan menyimpan aset kripto.

Pada 2020, raksasa pembayaran Square menggunakan US$50 juta dari perusahaannya untuk pembelian Bitcoin. Investasi itu kini bernilai US$161 juta.

Miliarder hedge fund Paul Tudor Jones pun mengatakan sebanyak 2% dari asetnya ada dalam aset kripto. Sementara, raksasa ekuitas swasta Northern Trust mengungkapkan rencana untuk memudahkan kliennya menyimpan investasi Bitcoin, Ethereum, XRP, Litecoin, dan Bitcoin Cash.

Paypal mengizinkan 300 juta pelanggannya membeli Bitcoin dan membelanjakannya di salah satu dari 26 juta merchant yang bekerjasama dengan Paypal.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Forbes 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img