Currently set to Index
Currently set to Follow

4 Hal yang Bisa Membuatmu Menjadi Bahagia, Cerdas, dan Berempati

Kreativitas adalah lebih dari sekadar “menciptakan sesuatu”.  Ini juga tentang refleksi diri, dan salah satu pesan utama dalam karya ini adalah gagasan menjadi proaktif dalam kehidupan seseorang untuk menjadi bahagia.

Alih-alih melihat COVID-19 melalui lensa “korban”, merasa seolah-olah hal mengerikan ini terjadi pada kita semua di luar kendali kita, kita hrus bertanya pada diri sendiri bagaimana rasanya menempatkan diri kita kembali di kursi pengemudi.

Pada saat kita merasa paling tidak berdaya dan tidak terkendali, apa yang bisa kita kendalikan? Sepanjang sejarah, masa-masa sulit selalu memberi jalan bagi beberapa ide paling cemerlang di dunia.

Sudah menjadi sifat manusia untuk ingin mengambil tindakan, mengatasi rintangan, dan maju. Dan akar dari tindakan itu selalu inspirasi – perasaan terinspirasi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan menjadi bahagia.

Baca juga: Mulai dari Jumlah Kecil, Berikut 3 Cara Berinvestasi Saham Bagi Pemula

Ada artikel Forbes yang bagus tentang efek kreativitas pada kesehatan Anda, mengutip segala hal mulai dari peningkatan kebahagiaan dari pelepasan dopamin, menjadi bahagia, hingga pengurangan kecemasan dan stres.

Telah ditemukan bahwa kreativitas dapat membantu melawan demensia, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalanmu. Kita semua dapat hidup lebih bahagia dan lebih sehat dengan sedikit inspirasi kreatif secara teratur.

Berikut adalah empat cara kreativitas yang dapat menjadi rutinitasmu yang dapat membantu kamu mengintegrasikan waktu kreatif ke dalam jadwalmu sendiri.

1. Menulis di pagi hari

Ini adalah latihan dari salah satu buku terlaris tentang kreativitas yang pernah ditulis, berjudul The Artist’s Way, oleh Julia Cameron.

Latihan menulis ini menekankan pentingnya membuat ide kreatifmu mengalir di pagi hari. Tidak ada pengeditan. Jangan mengkritik diri sendiri. Hanya 40 menit khusus untuk menulis bebas, lebih disukai dengan tangan, sampai kamu memiliki tiga halaman penuh pemikiran yang dicurahkan di depanmu.

Pada awalnya, kebanyakan orang skeptis ketika mendengar tentang latihan seperti ini. Namun, ada alasan The Artist’s Way menjadi mercusuar bagi banyak orang: itu adalah pengingat harian bahwa yang paling sering menghalangi kreativitas adalah sifat kritis kita sendiri. Halaman pagi bukan tentang menulis dan lebih banyak tentang berlatih melepaskan.

Baca juga: Bosan di Rumah? Coba 15 Ide Usaha Rumahan Kreatif Simpel Ini Yuk!

2. Jadilah entrepreneur

Ide dengan menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha mungkin adalah ide yang bagus untuk menjadi bahagia. Mengingat, mungkin kebanyakan dari kita kehilangan pekerjaan selama pandemi Covid-19.

Memiliki pekerjaan atau bisnis sendiri dapat memberikan beberapa inspirasi kreatif dan tampilan baru yang segar untuk kita. Apakah kamu memiliki jiwa seorang wirausaha atau bukan, ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk mengejar proyek kreatif pribadi.

Bisa dengan rebranding perusahaanmu, bisa menulis buku, atau mengambil hobi seperti menggambar atau melukis. Yang penting itu milik kamu sendiri.

3. Bersantai dan lakukan yang kamu suka

Karena COVID, sebagian besar pelajaran atau pekerjaan dilakukan melalui Zoom sekarang, dan kita pasti merindukan pengalaman komunitas dan kelompok.

Kalau kamu biasanya tergabung dalam kelompok menari, maka kamu pasti akan merindukannya bukan? Tapi tenang, menari bersama agar menjadi bahagia bisa dilakukan melalui Zoom lho!

Baca juga: Trik Menghadapi 7 Soal Psikotes yang Lazim Kamu Jumpai Saat Rekrutmen

4. Menggambar

Mirip dengan menulis di pagi hari, membuat sketsa bisa menjadi pelepasan dan cara mengekspresikan, menurunkan kecemasan saat pandemi, serta menjadi bahagia.

Jadikan dirimu seorang seniman yang bisa menciptakan platform yang kuat seputar membuat sketsa sebagai pelepas emosional.  Kamu bahkan bisa juga mengadakan lokakarya dan mengembangkan alat yang menggunakan sketsa sebagai alat terapi emosional.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: fastcompany.com

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img