Inspirasi Sukses! Ini 7 Kisah Mereka yang Memulai Bisnisnya dari Nol

Kisah orang sukses sering kita dengar mendorong kisah sukses lainnya. Sebagian besar orang sukses bercerita bahwa mereka mengenal kisah orang sukses yang menginspirasi sebelum mereka menjadi sukses.

Sebagian besar kisah orang sukses yang kita dengar adalah mereka yang memulai dari nol dan melewati jalan panjang penuh rintangan demi mencapai sukses.

Berikut ini 7 kisah orang sukses yang bisa menjadi pedoman bagimu dalam menghadapi masalah. Lima di antaranya adalah kisah orang sukses yang menginspirasi kelas dunia dan lima lainnya adalah kisah sukses di tingkat nasional.

Dari pengalaman mereka, kamu akan temukan bahwa menjadi orang kaya dan sukses selalu butuh perjuangan. Terlahir dari keluarga mapan belum tentu menjamin kamu bakal sukses.

Begitu pun sebaliknya, meski kamu terlahir dari keluarga miskin, kamu punya kesempatan untuk menjadi orang sukses dan kaya.

Terus, bagaimana kisahnya sampai kemudian orang-orang sukses ini bisa mendirikan bisnis yang tak lekang oleh zaman? Simak ulasan 7 kisah orang sukses berikut ini.

Baca juga: Tak Terlahir Kaya, 20 Pengusaha Ini Buktikan Sukses Adalah Hak Semua Orang

#1 Kisah orang sukses – Rajkumar Gupta

Rajkumar Gupta dikenal sebagai pendiri Mukti Group. Ia juga merintis dan membuat konsep untuk arsitektur modern Kolkata.

Terlahir dan besar di keluarga miskin, ia lantas memperoleh pekerjaan pertamanya di perusahaan kecil dengan gaji Rp150.000/bulan.

Ia mengembangkan kemampuannya dengan belajar trik dagang selama 5-6 tahun hingga akhirnya ia sanggup membuka bisnisnya sendiri. Dari sana ia memulai kisahnya sebagai orang sukses.

#2 Francois Pinault

Pinault kini adalah konglomerat di bidang fashion. Namun, dalam sejarah hidupnya, ia pernah terpaksa berhenti sekolah lantaran dirundung kawan-kawan sekolahnya. Mereka mengejek kemiskinan Pinault.

Siapa menyangka kisah orang sukses satu ini? Seiring waktu, ia secara perlahan memiliki rumah mode high-end termasuk Gucci, Stella McCartney, Alexander McQueen, hingga Yves Saint Laurent. Ia berhasil melenggang di bisnis ini karena instingnya yang tajam dalam membeli perusahaan-perusahaan kecil dengan harga murah saat pasar sedang jatuh.

#3 Ashish Thakkar

Thakkar berusia 12 tahun saat ia dan keluarganya berhasil melarikan diri dari genosida Rwanda pada 1994. Ia berlindung bersama dengan 1.200 orang lain di sebuah hotel hingga dapat mempersiapkan pelarian untuk menuju Uganda.

Keluarganya kehilangan semua hartanya selama puluhan tahun. Di umur 15 tahun, Ashish memperoleh keuntungan pertamanya saat ia berhasil menjual sebuah komputer ke keluarga temannya. Ia lantas meminjam uang untuk mengimpor floppy disk dan peralatan komputer lainnya. Inilah awal perusahaan Mara Group.

Kini, bisnisnya terus tumbuh dan mencakup infrastruktur telekomunikasi, kemasan, hotel, pusat konferensi dan perbelanjaan, pabrik kertas, serta ribuan hektare tanah pertanian.

#4 Steve Jobs

Kesuksesan Steve tidak datang sekejap mata. Ia tumbuh besar tanpa orang tua biologisnya lantaran perbedaan keyakinan mereka, dan lantas diadopsi oleh sebuah keluarga yang kurang mampu.

Ia tak pernah merampungkan kuliahnya tetapi sebisa mungkin ia meraih pengetahuan sebanyak-banyaknya dari kelas yang diikutinya. Pada awal 1978, ia memulai awal perusahaan Apple Computers dengan Seve Wolzniak di garasi orang tuanya. Meski tak punya uang, kisah orang sukses versinya dimulai dari visi dan ide inovatif untuk mengubah dunia.

Baca juga: 3 Pengusaha Sukses di Industri Media, Siapa yang Paling Kaya?

#5 Kisah orang sukses – Bob Sadino

Bambang Mustari Sadino memulai kariernya dengan menjadi pegawai selama sembilan tahun. Hingga ia memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha.

Usaha pertama yang ia rintis adalah bisnis penyewaan mobil dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes yang ia sopiri sendiri. Namun, musibah kecelakaan menimpanya hingga ia mesti menghentikan usaha ini.

Ia lantas sempat beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian. Di sinilah ia melihat peluang bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri.

Dengan modal pinjaman tetangga, ia mulai menjalankan bisnisnya ini. Berkat keuletannya, ia sukses dan mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian.

kisah orang sukses

#6 Susi Pudjiastuti

Siapa yang tak mengenal sosok Menteri Kelautan dan Perikanan RI pada periode kepresidenan Jokowi sebelumnya yang inspiratif ini?

Terkenal tegas, Susi merintis bisnisnya di bidang perikanan dan maskapai penerbangan dari nol. Setelah memutuskan berhenti sekolah sebelum lulus SMA, ia memulai usaha sebagai pedagang pakaian dan bed cover.

Melihat potensi wilayah tempat tinggalnya di Pangandaran sebagai penghasil ikan, ia lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan. Dengan modal hanya Rp750 ribu dari penjualan perhiasannya, ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran.

Bisnisnya kemudian berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan merambah ke ekspor ikan dan lobster. Bahkan, ia lantas membangun bisnis maskapai penerbangan Susi Air untuk mempermudah alur transportasi bisnis perikanannya.

#7 Sean Belnick

Dengan modal USD 600, ia membuat toko elektronik ritel di usia 16 tahun. Kemudian, ia mendirikan bisnis BizChair.com pada 2001 dan mulai memasarkan perabot rumah.

Ia mengaku menjalankan bisnisnya ini dari kamar tidurnya dan berkonsultasi dengan ayah angkatnya yang seorang pebisnis perabot.

Dalam memulai bisnis, ia menekankan bahwa tidak pernah ada kata terlambat. Begitu banyak informasi yang terus digalinya dari internet dan berguna bagi pengembangan bidang bisnisnya.

Kini, tidak sulit menemukan kisah orang sukses yang memulai usaha dari nol, hampir di segala bidang. Jika kamu hendak memulai usaha, tirulah kegigihan mereka.

Percayalah bahwa yang kamu perlukan untuk memulai bisnismu selayaknya kisah para orang sukses ini adalah keberanian untuk memulai dan tekad yang kuat untuk menjadi pengusaha mandiri. Memulai memang perlu kerja keras, tapi itu akan terbayarkan kelak saat kamu sukses!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Koinworks, Cekaja

Simak juga:

Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Tetap Cuan Saat #dirumahaja dengan Menabung Emas Digital, Begini Caranya!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

Related Stories