Currently set to Index
Currently set to Follow

9 Investor Saham Dunia Ini Sukses Berkat Kerja Keras dan Kerja Cerdasnya

Sepanjang waktu, kita kerap mendengar kisah sukses investor saham yang sukses memperoleh cuan besar per bulan. Jadi, bukan tidak mungkin kamu juga bisa mencetak kisah sukses investasi saham versimu!

Beberapa investor tanah air yang sukses mengaku mereka menerapkan strategi mengincar emiten dengan fundamental yang baik, sebagaimana tercantum dalam Indeks LQ45. Atau, mereka berhasil membeli saham diskon dan melakukan aksi jual dengan harga lebih tinggi.

Kisah sukses investor saham tentu berbeda satu dengan yang lainnya karena mereka menerapkan strategi tersendiri dalam berinvestasi. Tapi, ada satu kesamaan dari mereka: Mereka mencintai investasi.

Mengapa perlu mencintai investasi? Karena keuntungan atau imbal hasil dari investasi saham tidak pernah pasti. High risk, high return, begitu slogan dunia saham.

Hanya investor yang sangat tertarik dalam melihat pergerakan bursa modal emiten yang dapat menemukan celah sukses. Tapi, selayaknya kita tak cuma terpana membaca kisah sukses investasi saham mereka. Kita pun perlu belajar dari kisah-kisah tersebut

Berikut ini kisah sukses investor saham untuk kamu cermati.

Baca juga: Tak Terlahir Kaya, 20 Pengusaha Ini Buktikan Sukses Adalah Hak Semua Orang

#1 Benjamin Graham

kisah sukses investor saham
Sumber: Investopedia

Ben Graham terkenal unggul sebagai manajer investasi dan pendidik keuangan. Ia menulis banyak risalah investasi klasik yang sangat penting. Karena itu, ia diakui secara universal sebagai bapak dari dua disiplin investasi mendasar. Yakni, analisis keamanan dan investasi nilai.

Inti dari strateginya adalah bahwa investasi apa pun harus bernilai jauh lebih besar daripada yang harus dibayarkan oleh investor. Ia percaya pada analisis fundamental dan mengincar perusahaan dengan neraca yang kuat dan margin laba di atas rata-rata.

#2 John Templeton

kisah sukses investasi saham
Sumber: Investopedia

John Templeton terkenal “membeli rendah saham selama harga-harganya turun kemudian menjual kembali saham tersebut saat booming dan menghasilkan cuan sangat banyak dari aktivitas tersebut.”

Kisah sukses investor saham satu ini memang terdengar gemilang. Ia menciptakan beberapa investasi pendanaan internasional yang tersukses di dunia. Pada 1999, majalah Money mendapuknya sebagai “seorang stock picker global terbesar pada abad ini”.

Sebagai warga negara Inggris yang dinaturalisasi dan tinggal di Bahama, Templeton bahkan dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II untuk prestasinya.

#3 Thomas Rowe Price Jr.

Thomas Rowe Price Jr. dianggap sebagai “bapak investasi yang bertumbuh”. Ia menghabiskan tahun-tahun formatifnya berjuang saat masa Depresi Besar.

Price melihat pasar keuangan sebagai siklus. Sebagai “penentang arus mainstrem”, ia mengambil investasi di perusahaan-perusahaan yang baik untuk jangka panjang. Filosofi investasi Price adalah bahwa investor harus lebih fokus memilih saham individu untuk jangka panjang.

Kisah sukses investor saham satu ini bermodalkan disiplin, proses, konsistensi, dan pengamatan aspek fundamental emiten sebagai dasar bagi keberhasilan investasinya.

Baca juga: 4 Produk Investasi Ini Ternyata Bisa Atasi Inflasi, Apa Saja?

#4 John Neff

kisah sukses investor saham
Sumber: Investopedia

Neff bergabung dengan Wellington Management Co. pada 1964 dan bekerja di perusahaan itu selama lebih dari 30 tahun, di mana ia mengelola tiga manajemen investasi dana sekaligus.

Taktik investasi yang dipilih Neff adalah pelibatan investasi dalam industri populer lewat jalur tidak langsung. Ia fokus pada perusahaan dengan rasio P/E (price-earning ratio) rendah dan hasil dividen yang kuat, mengantarkannya sebagai salah satu kisah sukses investor saham sepanjang sejarah.

9 Investor Saham Dunia Ini Sukses Berkat Kerja Keras dan Kerja Cerdasnya, Pluang

#5 Jesse Livermore

Livermore tidak memiliki pengalaman pendidikan formal atau pengalaman perdagangan saham. Ia adalah investor mandiri yang belajar investasi secara otodidak dari melihat pengalaman orang-orang yang berhasil ataupun pecundang dalam jual-beli bursa modal.

Keberhasilan dan kegagalan orang-orang itulah yang dipelajari Livermore untuk memperkuat ide perdagangannya yang masih dapat ditemukan di seluruh pasar saat ini. Ia mulai berdagang untuk dirinya sendiri saat remaja. Bahkan, di usia 15 tahun, dia telah menghasilkan keuntungan lebih dari US$1.000, sebuah angka fantastis untuk anak remaja saat itu.

#6 Peter Lynch

Peter Lynch
Sumber: Investopedia

Lynch mengelola Fidelity Magellan Fund sejak 1977-1990, di mana aset dana itu tumbuh dari US$20 juta menjadi US$14 miliar. Yang lebih menariknya lagi, pertumbuhan kelolaan dananya dilaporkan mengalahkan pertumbuhan indeks S&P 500 dalam 11 dari 13 tahun. Sebab, pengembalian yang ia peroleh memiliki rata-rata pertumbuhan tahunan sebesar 29%.

Sering digambarkan sebagai “bunglon”, Peter Lynch beradaptasi dengan gaya investasi apa pun yang bekerja pada saat itu. Tapi, kunci kisah sukses investor saham satu ini adalah ia berpegang teguh pada apa yang ia tahu dan/atau dapat dengan mudah pahami.

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

#7 George Soros

George Soros
Sumber: Investopedia

Soros adalah pakar dalam menerjemahkan tren ekonomi secara luas ke dalam permainan yang sangat berpengaruh dan mematikan dalam obligasi dan mata uang.

Sebagai seorang investor, ia adalah spekulator jangka pendek, membuat taruhan besar pada arah pasar keuangan. Pada 1973, kisah sukses investor saham ini dimulai dari mendirikan perusahaan hedge fund dari Soros Fund Management.

Perusahaannya itu berkembang menjadi Quantum Fund yang terkenal dan disegani di kancah investasi internasional. Apalagi, nilai imbal hasil yang ia hasilkan bisa mencapai hingga 30% per tahun, di mana ia dua kali membukukan imbal hasil tahunan lebih dari 100%.

#8 Warren Buffett

kisah sukses investasi saham warren buffett
Sumber: Investopedia

Siapa yang tak kenal Warren Buffet? Ia disebut sebagai “oracle of Omaha” dan dipandang sebagai salah satu investor paling sukses dalam sejarah.

Ia bergerak dengan mengikuti prinsip yang ditetapkan Benjamin Graham, yakni mengumpulkan kekayaan miliaran dolar terutama melalui pembelian saham dan perusahaan lewat Berkshire Hathaway.

Kisah sukses investor saham satu ini bermodalkan disiplin, kesabaran, dan niilai investasi yang secara konsisten mengungguli pasar selama beberapa dasawarsa.

#9 William H. Gross

Dianggap sebagai “rajanya obligasi”, Gross adalah manajer dana obligasi terkemuka dunia. Sebagai pendiri dan direktur pelaksana keuangan PIMCO dari dana obligasi, ia dan timnya memiliki lebih dari US$600 miliar aset pendapatan tetap yang dikelola.

Pada 1996, Gross adalah manajer portofolio pertama yang dilantik ke dalam hall of fame Fixed-Income Analyst Society Inc. atas kontribusinya terhadap kemajuan obligasi dan analisis portofolio.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img