Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Subsidi? Pengertian Subsidi di Indonesia

Pengertian Subsidi

Apa itu pengertian subsidi? Subsidi memiliki banyak arti. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian subsidi adalah adalah bantuan uang dan sebagainya kepada yayasan, perkumpulan, dan sebagainya (biasanya dari pihak pemerintah).

Menurut Milton H. Spencer dan Orley M. Amos, Jr. dalam bukunya Contemporary Economics, pengertian subsidi adalah pembayaran yang dilakukan pemerintah kepada perusahaan atau rumah tangga untuk mencapai tujuan tertentu.

Secara ekonomi, tujuan subsidi adalah untuk mengurangi harga atau menambah keluaran (output).

Subsidi dapat dibedakan dalam dua bentuk, subsidi dalam bentuk uang (cash transfer) dan subsidi dalam bentuk barang atau subsidi innatura (in kind subsidy).

Sebagai bentuk bantuan atau kontribusi, subsidi bisa punya beberapa bentuk yang berbeda, di antaranya:

  • Penyerahan dana secara langsung, seperti hibah, pinjaman, dan penyertaan, pemindahan dana atau jaminan langsung atas utang.
  • Hilangnya pendapatan pemerintah atau pembebasan fiskal, seperti misalnya keringanan pajak.
  • Penyediaan barang atau jasa di luar prasarana umum atau pembelian barang.
  • Pemerintah melakukan pembayaran pada mekanisme pendanaan atau memberikan otorisasi kepada suatu badan swasta untuk melaksanakan tugas pemerintah dalam hal penyediaan dana.
  • Semua bentuk income dan price support juga merupakan subsidi apabila bantuan tersebut menimbulkan suatu keuntungan.

Pengertian subsidi juga dapat diterapkan di bidang perdagangan internasional, yaitu bantuan keuangan yang diberikan pemerintah kepada perusahaan, industri, eksportir untuk meningkatkan ekspor atau menurunkan impor dari atau ke negara yang berkembang.

Baca juga: Apa Itu Subsidi?

Apa Itu Subsidi? Pengertian Subsidi di Indonesia, Pluang

Manfaat dan Fungsi Subsidi

Dari berbagai macam pengertian subsidi yang telah dibahas sebelumnya, sebenarnya kita bisa menarik kesimpulan akan manfaat dan fungsi dari subsidi.

Jika tidak memiliki manfaat dan fungsi, tentu pemerintah tidak akan menggelontorkan kebijakan subsidi begitu saja.

Adapun manfaat dan fungsi dari kebijakan subsidi adalah:

  • Subsidi bisa membantu menurunkan harga barang atau jasa di bawah harga pasaran.
  • Dengan subsidi penurunan harga masyarakat golongan bawah bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka dan berangsur-angsur mengalami peningkatan kualitas ekonomi.
  • Menjaga daya beli masyarakat.
  • Subsidi juga bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan produktivitas mereka.
  • Memiliki manfaat pula untuk meningkatkan produksi barang dan jasa yang kompetitif terhadap barang dan jasa dari luar negeri.
  • Membantu mencegah terjadinya kebangkrutan bagi pelaku usaha di tengah ketidakpastian iklim bisnis.

Baca juga: Apa Itu Pasar Spot?

Subsidi bisa diberikan secara langsung maupun tidak langsung. Lantas apa sih pengertian subsidi langsung dan pengertian subsidi tidak langsung?

Pengertian Subsidi Langsung

Subsidi bisa diberikan secara langsung ataupun tidak langsung. Pengertian subsidi langsung adalah subsidi yang melibatkan pembayaran berupa dana aktual kepada individu, kelompok, atau industri tertentu.

Subsidi langsung ini bisa memberikan keuntungan kepada penerimanya karena mereka bisa merasakan manfaat subsidi secara langsung. Namun, juga bisa memberikan manfaat yang tidak langsung kepada bidang lainnya, contohnya lapangan pekerjaan.

Contoh subsidi langsung, pemberian uang tunai kepada pengusaha kecil untuk bisa mengembangkan bisnis mereka.

Dari bantuan tersebut, mereka merekrut lebih banyak pegawai untuk menghasilkan barang yang lebih banyak lagi dari biasanya.

Baca juga: Mau Dapat Bantuan UMKM 2021? Simak Cara Lengkap Mendaftarnya di Sini!

Pengertian Subsidi Tidak Langsung

Selain langsung, subsidi juga bisa diberikan secara tidak langsung. Adapun pengertian subsidi tidak langsung adalah subsidi yang tidak memiliki nilai moneter yang telah ditentukan sehingga tidak melibatkan pengeluaran aktual.

Kebijakan subsidi tidak langsung mencakup beberapa kebijakan penurunan harga barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan kata lain, masyarakat yang menjadi sasaran subsidi bisa membeli barang tersebut dengan harga di bawah harga pasar.

Kebijakan subsidi tidak langsung biasanya digunakan untuk bidang industri seperti energi dan pangan. Contohnya, pemerintah memberikan potongan harga untuk bahan bakar minyak yang dikenal dengan nama produk premium.

Premium merupakan bahan bakar minyak yang disubsidi langsung oleh pemerintah. Dengan bahan bakar minyak murah tersebut, pengeluaran masyarakat dalam hal mobilitas sehari-hari semakin terbantu.

Kesimpulan

Jadi, bisa disimpulkan bahwa subsidi adalah bantuan uang atau komoditas pada suatu yayasan, perkumpulan atau masyarakat yang biasanya diberikan oleh pihak pemerintah.

Tujuan subsidi adalah untuk menurunkan harga atau meningkatkan pengeluaran. Saat ini, subsidi terbagi menjadi dua jenis, yaitu subsidi dalam bentuk uang (cash transfer) dan subsidi dalam bentuk komoditi atau subsidi innatura (in kind subsidy).

Subsidi diberikan pada masyarakat atau badan usaha dalam rangka untuk menghindari kebangkrutan, dan untuk menjaga setiap kebutuhannya tetap terpenuhi.

Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu membuat pengelolaan keuangan dan arus kas sebaik mungkin, untuk menghindari kebangkrutan. Pelajari apa itu arus kas di sini.

Nah, Sobat Cuan seorang wirausaha? pengetahuan mengenai subsidi sangat diperlukan untuk kamu dalam mengelola perusahaan. Namun, akan lebih mudah lagi jika kamu mengelola emas digital di Pluang!

Di Pluang, kamu bisa mendapatkan emas digital mulai dari Rp10.000 saja dan tanpa biaya admin sepeser pun! Selain itu, kamu juga bisa menikmati spread transaksi rendah hanya 1,75% saja. Yuk, investasi Pluang Emas di sini!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img