Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Jadi Orang Kaya? Yuk, Ikuti Resep Rahasia Menjadi Kaya dari Elon Musk

Per 11 April 2021, Bloomberg Billionaires Index merilis informasi kekayaan Elon Musk berada di peringkat kedua setelah Jeff Bezos, dengan total kekayaan bersih sebesar US$175 miliar. Peningkatan tahun berjalan (year to date) kekayaannya sebesar US$5,14 miliar dibandingkan awal tahun ini.

Chief Executive Officer (CEO) Tesla Inc, Elon Musk juga diramalkan berpotensi menjadi triliuner pertama di dunia pada 2025. Perkiraan ini seiring dengan kenaikan harga saham Tesla yang diramal mampu mencapai angka US$1.500 pada 2025 pada posisi bearish dan bullish dari angka US$4.000 per saham.

Taktik dan sikap keras Elon Musk kadang kerap menerima kritikan selama bertahun-tahun. Perihal tata kelola perusahaan dan konflik kepentingan adalah dua perkara yang selalu menyertai jejak bisnisnya. Namun, rekam jejaknya yang hebat memberinya rasa hormat dari banyak pihak.

Sejak mendirikan Zip2 23 tahun lalu, Elon Musk telah memulai dua bisnis lagi dan berinvestasi pada bisnis lain yang tak terhitung jumlahnya. Ia adalah salah satu pemimpin yang kini paling dikagumi di dunia. Musk mendapatkan rasa hormat atas ambisinya dan dedikasinya untuk terus memastikan keberhasilan mencapai ambisi itu.

Kini, kita mengetahui dia sebagai orang yang gigih mencari cara agar manusia dapat mengeksplorasi Mars dengan Space-X dan mendorong hadirnya mobil dengan energi listrik lewat produksi Tesla. Namun, bagaimana sebenarnya kiprah Musk sebagai seorang investor?

Sebagai investor, apa yang dapat kita petik dari rekam jejak investasinya dan kesuksesannya?

Baca juga: Saham Tesla Diramal Terus Bullish, Elon Musk Akan Jadi Triliuner Pertama ‘Zaman Now’?

Mau Jadi Orang Kaya? Yuk, Ikuti Resep Rahasia Menjadi Kaya dari Elon Musk, Pluang

Fase 1: Elon Musk sebagai Pengusaha Tahap Awal

Selepas DO dari Stanford, pada 1995, Elon Musk mendirikan Zip2 dengan modal US$28.000 yang diperoleh dari ayahnya. Pada 1999, ia menjual perusahaan pertamanya itu kepada Compaq seharga US$307 juta dan ia memperoleh US$22 juta dari kesepakatan itu.

Pada November di tahun yang sama, ia menginvestasikan US$10 juta untuk mendirikan X.com, salah satu upaya pertama di bidang perbankan daring. Sejak 2001, bisnis itu berganti nama menjadi Paypal. Pada Februari 2002, Paypal menjual saham perdananya kepada publik. Namun, delapan bulan setelahnya, dibeli oleh eBay seharga US$1,5 miliar dan Musk mengantongi US$180 juta darinya.

Fase 2: Elon Musk yang Multi-tasker

Sepanjang menjalankan tahapan kariernya yang disebutkan di atas, Musk pun kemudian menyiapkan berbagai usaha lainnya. Alias, dia tidak membuang waktunya. Karena itu, setelah PayPal diakuisisi oleh eBay, ia lantas mendirikan SpaceX di tahun yang sama.

Pada April 2004, Musk kali pertama menaruh investasi pada Tesla senilai US$6,35 juta dalam putaran seri A. Sembari mengembangkan Tesla, ia juga menjalankan SpaceX. Kemudian, pada 2006, Musk menginvestasikan modal ke SolarCity, sebuah perusahaan yang didirikan sepupunya Peter dan Lyndon Rive.

Namun, badai kemudian datang menerpa Musk dua tahun kemudian. Pada 2008, ia bercerai dengan istri pertamanya menambah tagihan US$20 juta tahun itu. Namun, ia berhasil melanjutkan bisnisnya, terutama dengan menjadi angel investor seperti Everdream dan Game Trust.

Tesla berhasil menjual saham perdana pada publik di tahun 2010 dan hal ini mengkonsolidasikan bisnis Elon Musk secara finansial untuk terus bergerak maju.

Fase 3: Elon Musk Sang Konglomerat

Pada periode ini, investasi malaikat Musk beralih pada perusahaan rintisan yang berfokus pada Ai dan bioteknologi. Ia memperoleh keuntungan signifikan sebesar US$92 juta dari investasi di DeepMind (dibeli oleh Google). Elon Musk juga melakukan investasi lain di berbagai sektor, lewat Halcyon Molecular, Vicarious, dan Neuro Vigil antara tahun 2010 hingga saat ini.

Kekayaan bersihnya pada fase ini tumbuh secara eksponensial. Dari US$2 miliar pada 2012 menjadi US$19 miliar pada 2018. Ini lantaran saham Tesla yang meroket 881% sejak 2012 akibat Tesla membuka jalan bagi dimulainya pasar kendaraan listrik bagi konsumen.

Sementara itu, SpaceX mengumpulkan valuasi US$21,2 M pada Juli 2017.

Baca juga: 6 Peristiwa Ini Bukti Elon Musk Penggerak Pasar Zaman Now

Dari Ketiga Fase Itu, Apa Resep Pertumbuhan Kekayaan Elon Musk?

1. Musk Bersungguh-sungguh dengan Investasinya

Ia tidak menyerahkan kendali

Apa yang terjadi ketika ia mengelola Zip2 dan PayPal menjadi pelajaran penting baginya ketika lantas mengelola usaha lainnya. Karena beberapa soal, ia tidak memegang kontrol sepenuhnya atas dua perusahaan itu, sehingga ia sempat digulingkan dari posisi sebagai pemimpin kedua perusahaan itu. Karena itu, pada fase selanjutnya dalam kariernya, Musk mengambil kendali atas investasi dan pengaruhnya.

Elon Musk tampak mengikuti putaran pendanaan Tesla dengan begitu serius demi mempertahankan persentase kepemilikan sahamnya. Selain itu, selama ia terlibat perselisihan dengan Tesla pada masa-masa awal, ia tidak takut untuk kehilangan lebih banyak uangnya asalkan ia tidak kehilangan kontrol. Hal ini tampak saat ia mengubah saham preferen senilai US$8 juta menjadi saham biasa untuk menggulingkan CEO Martin Eberhard.

Ia juga terus-menerus menanamkan kembali kekayaan bersihnya ke dalam berbagai investasi perusahaan rintisan. Ini menunjukkan bahwa Musk adalah investor yang percaya akan investasi yang ditanamnya sebagai investor malaikat. Barangkali, karena ia lantas juga merasa memiliki kendali atas hasil dari perusahaan tersebut.

Ia mengambil risiko finansial hingga ke tahap ekstrem

Pada Maret 2017, Elon Musk memiliki total pinjaman pribadi sebesar US$624 juta, diantaranya berasal dari Goldman Sachs dan Morgan Stanley, yang digunakannya untuk mendanai investasi Tesla.

Musk juga sempat mengambil pinjaman pribadi US$150 juta dari Goldman Sachs untuk mendanai pembelian saham barunya. Jadi, selain menginvestasikan sebagian besar kekayaan bersihnya ke dalam bisnisnya pribadi maupun perusahaan rintisan yang didukungnya, ia juga melakukan pinjaman untuk meningkatkan valuasi investasinya.

2. Musk Menciptakan Ekosistem di Sekitarnya

Ia berinvestasi dalam jaringan yang dikenalnya dan lantas memperkuatnya

Terkait perannya sebagai angel investor, ia menunjukkan strategi yang gemilang dalam memilih kapan waktunya untuk masuk memberikan pinjaman. Musk dapat masuk sebagai investor di seri D, bahkan pada tahap pendanaan modal benih (seed funding). Meski, tampaknya, investasi seri A sejauh ini masih menjadi putaran favoritnya.

Dilihat dari segi lini waktu investasi malaikat yang Musk lakukan, sebagian besar investasinya didasari hubungan yang kuat dengan gagasan pendiri perusahaan perintis maupun relasi dengan pendiri.

Berbagai invetasi Musk

Sembilan investasi malaikat berbeda dilakukannya, di antaranya:

2003 – Everdream – didirikan oleh sepupu Musk, Lyndon Rive. Dia kemudian menjadi salah satu pendiri SolarCity

2005 – Game Trust – didirikan oleh Adeo Ressi, teman sekamar Musk dari University of Pennsylvania 2007 – Mahalo – pendiri Jason Calacanis bertemu Musk melalui teman mereka, Adeo Ressi (UPenn dan Game Trust) dan David Sacks (PayPal)

2007 – OneRiot – Kimbal Musk, saudara Elon Musk, adalah CEO-nya

2010 – Halcyon Molecular – Berinvestasi bersama dengan Peter Thiel (PayPal)

2011 – Stripe – Berinvestasi bersama dengan Peter Thiel dan kemudian Max Levchin (PayPal)

2014 – Deepmind dan Vicarious – ada berbagai koneksi yang sifatnya derajat ketiga, tetapi Elon Musk tampak meminati berinvestasi dalam AI untuk “mengawasi apa yang sedang terjadi”

2015 – NeuroVigil – n / a, tidak ada koneksi yang jelas

2016 – The Boring Company – usahanya sendiri

2017 – Sistem Transportasi Hyperloop – Elon Musk menginspirasi gerakan ini dengan merilis buku putihnya yang terkenal tentang topik tersebut

Deretan investasi di atas menunjukkan Musk berinvestasi dalam bidang yang ia minati dan dengan jaringan yang dikenalnya. Efeknya adalah, lewat jaringan alami ini, ia memiliki pengaruh lebih besar pada investasinya dan mekanisme kontrol.

3. Musk Menggunakan Metode Pembiayaan Kreatif

Ia mendapat dukungan pemerintah

Pada musim panas 2015, LA Times menghitung bahwa Tesla, SpaceX, dan SolarCity telah menerima US$4,9 miliar dari dukungan pemerintah. Pemerintah Nevada juga menjanjikan dukungan melalui keringanan pajak sebesar US$1,3 M untuk Tesla Gigafactory di negara bagiannya. Sementara itu, pemerintah New York memberi dukungan sebesar US$750 juta untuk pabrik SolarCity di Buffalo.

Dengan SpaceX dan SolarCity menjadi pemain penting dalam energi terbarukan, tentu bantuan pemerintah sangat diharapkan.

Memperoleh Investasi Outsourcing

Dalam beberapa tahun terakhir, Elon Musk juga telah mengikuti kebijakan open-sourcing dari gagasan penelitiannya. Pada Agustus 2013, Tesla merilis buku putih yang disebutnya Hyperloop Alpha, merinci penelitian awal dan konsep menjadikan Tesla sebagai moda transportasi dengan potensi revolusioner. Salah satu cara Tesla mendukung inisiatif ini adalah lewat Hyperloop Pod Competition.

Mengikuti gerakan hyperloop-nya ini, pada 2014, Tesla membuka semua hak patennya. Ini menjadi undangan secara tak langsung bagi banyak pihak untuk melakukan riset dan pengembangan (R&D). R&D ini pada akhirnya membantu Tesla agar menghemat atau menekan ongkos di divisi tersebut.

Kita bisa memetik pelajaran bahwa Elon Musk tak pernah main-main dengan investasi. Makanya, Sobat Cuan pun harus memulai investasi sejak awal meski dengan nilai yang sedikit. Untuk itu, kenapa tidak coba berinvestasi di Pluang?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Bloomberg, Forbes, Toptal

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img