Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Mudah Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Antrian online BPJS Ketenagakerjaan dapat memudahkan nasabah untuk mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT), khususnya selama masa pandemi Covid-19 ini. Layanan digital yang dihadirkan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) ini telah berlaku sejak 9 Mei 2018 dan dapat diakses melalui situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Antrian online diluncurkan melihat kondisi antrian yang panjang karena penumpukan peserta yang datang ke kantor BPJS dalam waktu bersamaan. Baik untuk mendaftar, mengklaim, maupun membayar BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan jenis layanan yang dipilih.

Dikarenakan hal ini, banyak masyarakat yang memilih untuk melengkapi BPJS Ketenagakerjaan mereka dengan asuransi pribadi dengan lebih banyak manfaat dan fleksibilitas.

Baca juga: Mau Cairkan JHT? Cek Dulu Saldo BPJS TK-mu dengan 3 Cara Mudah Berikut

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan & Klaim Online JHT

Sejak pertengahan 2020, BPJS sudah secara resmi membuka proses pendaftaran antrian online BPJS Ketenagakerjaan (JHT) tanpa tatap muka, atau dinamakan LAPAK ASIK.

Syarat pengajuan klaim online BPJS Ketenagakerjaan/Lapak Asik

Layanan ini memudahkan klaim jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa persyaratannya diantaranya:

  • Jika peserta BPJS TK mencapai usia pensiun 56 tahun
  • Jika peserta BPJS TK mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja
  • Peserta mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) yang diinisiasi oleh tempatnya bekerja

Cara Mudah Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan, Pluang

Dokumen syarat klaim BPJS Ketenagakerjaan (JHT) Online

  1. Kartu Peserta (asli)
  2. Formulir Pengajuan Klaim JHT
  3. KTP (asli dan 1 lembar fotokopi)
  4. KK (asli dan 1 lembar fotokopi)
  5. Surat paklaring dari perusahaan (asli dan 1 lembar fotokopi), atau Surat Keterangan Berhenti Kerja, Pemutusan Hubungan Kerja, atau Habis Kontrak
  6. Buku Rekening Asli berserta Nomor Rekening dan masih aktif
  7. Buku rekening tabungan (asli dan 1 lembar fotokopi)
  8. Foto Diri terbaru Tampak Depan
  9. NPWP (asli dan fotokopi)

Baca juga: Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dari Call Center BPJS Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

Cara Ambil Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan & Klaim Online Melalui Lapak Asik

  1. Kunjungi halaman resmi lapak asik di lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Isi Data Pekerja dan Data tambahan dengan lengkap
  3. Isi Sebab Klaim berdasarkan list diatas
  4. Pilih tanggal, waktu pengajuan, dan kantor cabang yang terdekat
  5. Peserta yang berhasil registrasi antrian online bakal mendapatkan email konfirmasi dari BPJSTK berupa alamat email kantor cabang pengajuan, data diri, syarat dokumen pencairan, formulir pencairan dana JHT yang harus diisi, dan barcode.
  6. Siapkan hasil scan/pindai dari dokumen pendukung yang asli, termasuk formulir klaim JHT yang sudah terisi lengkap
  7. Peserta mengirimkan dokumen yang menjadi syarat (bentuk digital atau hasil scan atau foto), barcode antrian online, dan foto diri ke email kantor cabang dengan subjek email: ANTRIAN_TANGGAL KEDATANGAN_NAMA LENGKAP_NOMOR KPJ.
  8. Lampirkan data diri peserta di badan email, berupa: Nama, NIK, email, no handphone, tanggal kedatangan (booking).
  9. Petugas kantor cabang akan melakukan verifikasi data.
  10. Jika lolos, peserta akan dihubungi oleh pihak kantor cabang, maksimal H-1 sebelum tanggal pencairan yang telah ditentukan lewat video call (peserta wajib mempunyai aplikasi WA), email, atau SMS.

Sangat disarankan bagi peserta buat mengirim syarat-syarat dokumen pencairan JHT satu hari sebelum tanggal antrian online. Kalau perlu, peserta bisa mengirimnya jauh-jauh hari selama subjek email diisi dengan benar.

Baca juga: Bantu Atasi Defisit Anggaran, Iuran BPJS Alami Kenaikan 100%

Kesimpulan

Pemberlakuan antrian online BPJS untuk pencairan JHT dilakukan sebagai langkah membantu Pemerintah dalam rangka mengoptimalkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi Covid-19. Dengan begitu, kamu bisa mencairkan JHT secara online di rumah.

Selain itu, peserta dipermudah membayar iuran BPJS kesehatan secara rutin tiap bulan secara online, baca lima cara efisien bayar BPJS kesehatan di artikel ini.

Sobat Cuan, membayar BPJS secara rutin memang sangat diperlukan untuk menikmati proteksi kesehatan. Namun, kamu juga bisa mendapat manfaat lebih kalau kamu juga investasi reksa dana di Pluang!

Dengan investasi reksa dana kamu bisa menabung untuk dana pensiun. Di Pluang, hanya mulai dengan harga Rp10.000 kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana. Selain itu, mudah dibeli dan dijual kapan saja, tentunya lebih praktis, aman, dan cuan!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img