Currently set to Index
Currently set to Follow

4 Tantangan Umum dalam Mengelola Keuangan, Begini Mengatasinya!

Sebagai anak muda kamu harus belajar cara  mengatur keuangan. Ini dalam rangka menghindari kekacauan finansial dalam hidup. Maka, kamu bisa mempelajari berbagai tips keuangan yang banyak tersedia di internet. Salah satunya di artikel ini.

Jika kamu tidak mempelajari cara mengatur keuangan, kekacauan finansial yang kamu hadapi bisa beragam. Misalnya, uang di kantongmu sudah habis seminggu setelah gajian. Akibatnya kamu tidak dapat memenuhi berbagai kebutuhan serta membayar berbagai tagihan.

cara mengatur keuangan yang baik

Cara mengatur keuangan dan tips keuangan yang dapat kamu terapkan di antaranya adalah mengedukasi diri sendiri ihwal personal finance, mengatur hutang dan bagaimana melunasinya, dan menghindari adanya hutang besar.

Lebih lanjut, cara mengatur keuangan lainnya adalah dengan mempelajari kemampuan berinvestasi, setidaknya di level dasar.

Dan juga, salah satu tips keuangan terpenting adalah: kamu harus belajar untuk bersabar dalam melakukan apapun.

Baca juga: 4 Faktor Umum Penyebab Bisnis Gagal, Bagaimana Menghindarinya?

Cara mengatur keuangan dan tips keuangan untuk anak muda

Menurut personal finance planner Rachel Cruze, salah satu kelemahan anak muda adalah kurang sabar dan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Tanpa belajar caranya, anak muda kerap menentukan keputusan finansial yang sebenarnya riskan.

“Ingatlah bahwa kamu masih muda, dan puaslah dengan apa yang kamu miliki,” kata Cruze. “Bekerja keraslah agar kamu dapat menabung untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar yang kamu mampu tanpa harus membayar bunga,” jelas Cruze, seperti dilansir dari Investopedia.

Menabung adalah kata kunci. Kebanyakan anak muda terlampau tidak sabar untuk menabung saat ingin membeli sesuatu. Mereka kemudian berhutang agar dapat membeli barang yang mereka inginkan.

Padahal, menurut banyak tips keuangan, hutang adalah sesuatu yang harus dihindari. Maka, cara yang tepat adalah dengan melunasi hutang tersebut, kemudian menabung dengan sabar hingga tiba waktu uangmu cukup untuk membeli sesuatu.

Selain menabung dan melunasi hutang, cara mengatur keuangan lainnya adalah dengan menyusun anggaran. Anggaran tersebut harus disusun sesuai skala prioritas. Mana yang paling penting, dan mana yang tidak terlampau penting.

Kamu harus patuh pada skala prioritas anggaran yang sudah dibuat itu. Lagi-lagi kata kunci dalam tips keuangan ini adalah kesabaran.

Kamu harus bersabar dan menggunakan anggaran sesuai skala prioritasnya. Jangan sampai Kamu punya prioritas dana harus dipakai membayar kos atau rumah kontrakan, eh uangnya malah kamu gunakan membeli hp baru.

Baca juga: 5 Trik Cerdik Bagaimana Semestinya Investor Pemula Menghadapi Inflasi

Empat rintangan besar dalam cara mengatur keuangan

Kamu mungkin telah terbiasa hidup nyaman dengan dana sokongan dari orang tuamu semasa kamu masih kuliah. Tiba-tiba kamu lulus dan harus bekerja serta memenuhi kebutuhan pokokmu sendiri. Maka, kamu mulai belajar cara mengatur keuangan.

Dalam hal cara mengatur keuangan ini ada empat rintangan besar yang akan kamu hadapi, yaitu:

#1 Cara mengatur keuangan – buta keuangan

Pakar keuangan konsumen, Kevin Gallegos menyatakan bahwa ada kabar buruk dan kabar baik tentang bagaimana anak muda menyikapi cara mengatur keuangan. Kabar buruknya, cara mengatur keuangan tidak diajarkan di sekolah kebanyakan. Maka, jadilah banyak anak muda buta keuangan.

Kabar baiknya adalah bahwa mengelola keuangan bukanlah keterampilan bawaan, tetapi sesuatu yang bisa dipelajari seperti matematika, membaca, dan menulis.

Maka, kamu harus belajar cara mengatur keuangan agar tidak menjadi seseorang yang buta keuangan.

#2 Melunasi utang

Utang adalah ibarat duri dalam daging. Hal ini sungguh membebani dan bikin pusing, apalagi jika hutangnya besar dan berbunga besar pula.

Rintangan ini harus dihadapi, dan bisa dihadapi jika kamu mengikuti tips keuangan yang ada. Secara perlahan dan sabar, hutang itu harus dilunasi.

#3 Cara mengatur keuangan – belajar berinvestasi dan mengambil risiko

Tidak dapat dimungkiri, berbagai resesi ekonomi telah membuat banyak generasi tua jatuh. Kondisi ini tak ayal membuat generasi yang lebih muda takut juga untuk berinvestasi dan mengambil risiko.

Padahal investasi adalah perkara jangka panjang. Tips keuangan yang dipaparkan Rachel Cruze adalah dengan bernai mengambil resiko dan berinvestasi dari awal.

#4 Mengatasi tekanan sosial

Matthew B. Brock, pemilik Divergent Planning menyebutkan bahwa salah satu rintangan terbesar yang harus dihadapi dalam cara mengatur keuangan adalah adanya tekanan sosial.

Contoh kasusnya adalah semisal kamu sudah mengatur sebuah anggaran yang akan kamu patuhi skala prioritasnya. Namun, tekanan sosial baik dari keluarga, teman, atau tetangga menjadikanmu merusak skala prioritas tersebut. Skala prioritasmu awalnya menabung, karena adanya tekanan sosial kamu malah mengajukan kredit kepemilikan mobil demi menghilangkan tekanan sosial.

Itulah beberapa cara dan tips keuangan yang dapat kamu pelajari. Ingat! Kata kuncinya adalah kesabaran. Jadi kamu harus bersabar saat belajar caranya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Emas Sebagai Aset Diversifikasi

Cara Mengelola Risiko Investasi Emas

Apa Hukum Membeli Emas Digital? ini Fatwa MUI yang mengaturnya

5 Trik Cerdik Bagaimana Semestinya Investor Pemula Menghadapi Inflasi

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img