Bisa 100% Refund, Berikut Cara Batalkan Tiket KAI Mudik Tahun Ini

Jika telah memesan tiket KAI online sejak jauh-jauh hari untuk mudik, kamu masih bisa membatalkan tiket demi solidaritas #physicaldistancing. Ketahui cara refund tiket kereta online yang bisa kamu lakukan.

Sejak H-90, PT KAI telah menjual tiket mudik untuk lebaran, tetapi lantaran pandemi COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan, pembatalan cuti bersama, hingga himbauan untuk tidak pulang kampung, PT KAI memberlakukan kebijakan pengembalian pemesanan tiket.

cara refund tiket kereta online

Pengembalian pemesanan tiket KAI 100% untuk calon penumpang KAI ini bisa dilakukan dengan periode keberangkatan 23 Maret-29 Mei 2020. Cara refund tiket kereta online bisa kamu lihat di artikel ini.

Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan bahwa proses pembatalan tiket dapat dilakukan langsung di stasiun. Pihak KAI akan memberlakukan pengecekan suhu badan sebelumnya.

Proses refund akan dilakukan dengan mekanisme pembatalan seperti biasa. Jika melakukan pembatalan di stasiun, kamu perlu lampirkan KTP dan bukti pembelian tiket.

Sementara, bagi calon penumpang yang membeli tiket secara online lewat aplikasi KAI Access, proses pembatalan bisa dilakukan langsung di aplikasi.

Baca juga: Dampak Pandemi Corona, 1,4 Juta Orang Mendaftar Kartu Prakerja Online

Cara refund tiket kereta online lewat aplikasi KAI Access

tiket kai

Berikut ini proses untuk melakukan refund tiket kereta lewat aplikasi:

#1 Masuk ke aplikasi KAI Access

Langsung akses aplikasi dan login dengan akunmu.

#2 Pilih menu My Trips untuk cara refund tiket kereta online

Setelah masuk ke akunmu, silakan pilih menu My Trips. Lewat menu ini, kamu bisa pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.

Tiket yang dibeli lewat channel eksternal seperti Traveloka, Tokopedia, Alfamart, Indomaret, Alfamidi, kantor pos, ataupun tiket.com juga bisa menggunakan cara refund tiket kereta online lewat aplikasi ini.

#3 Masuk ke menu e-ticket

Setelah pilih menu e-ticket, klik Pembatalan. Tombol ini hanya dapat dipilih jika kamu telah melunasi tiket dan maksimal dilakukan 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

#4 Temukan dan pilih nama penumpang yang tiketnya dibatalkan

Pilih nama penumpang untuk melakukan pembatalan tiket kereta api. Baca halaman syarat dan ketentuan yang berlaku, dan centang setuju.

Selanjutnya, cara refund tiket kereta online ini adalah dengan memasukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea. Klik Lanjutkan.

#5 Konfirmasi pembatalan tiket

Setelah itu, konfirmasi pembatalan tiket sesuai dengan yang telah kamu pilih pada tahap sebelumnya. Klik tombol ‘konfirmasi dan lanjutkan’ pada halaman konfirmasi pembatalan.

Pastikan kamu telah yakin akan melakukan pembatalan tiket dengan cara refund tiket kereta online ini.

Baca juga: Tetap Produktif Meski Kerja dari Rumah, Ini 9 Trik dari Para Freelancer Sukses

Jika tidak lakukan cara refund tiket kereta online, kamu masih bisa batalkan langsung di stasiun

Sebelum melakukan pembatalan tiket, berikut ini syarat yang perlu kamu penuhi:

  • Surat permohonan pembatalan, dilengkapi nomor rekening pemohon untuk pengembalian uang muka
  • Lampirkan berita acara kesepakatan yang sudah ditandatangani pemohon rombongan dan KAI
  • Pemohon rombongan menyerahkan bukti setor uang muka yang sudah dibayarkan
  • Khusus rombongan tiket yang belum tercetak dan ingin mengubah jadwal, terdapat satu kali kesempatan dalam rentang waktu 90 hari dari perjalanan yang dibatalkan.

Prosedurnya sebagai berikut:

#1 Mengisi formulir pembatalan

Datangi loket pembatalan tiket dan lengkapi formulir berisi identitas calon penumpang, beserta kode booking dan biaya pengembalian tiket online dengan cara tunai ataupun melalui transfer bank.

#2 Serahkan formulir pembatalan ke loket

Setelah melengkapi formulir pembatalan, kamu akan diminta mengantre untuk lantas menyerahkan formulir pembatalan tiket. CS akan mengomunikasikan datamu dengan pihak administrasi yang mengelola cara refund tiket kereta online.

#3 Refund tiket

Pengambilan pengembalian biaya tiket akan dilakukan di stasiun yang ditunjuk dengan membawa formulir pembatalan yang telah divalidasi oleh CS. Biaya refund akan di-refund setelah hari ke-30.

Mari bersama lawan pandemi COVID-19. Tunjukkan kepedulianmu untuk tetap bertahan di rumah dan lakukan physical distancing. Kabarkan kepada orang-orang terdekat di kampung halaman tentang keadaanmu. Mereka pasti mengerti kenapa kamu tidak mudik, kok! Simpan dulu kangennya, ya!

Sumber: Cermati

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lain dari Seluruh Dunia

Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patungan Rp10.000 Aja, Mau?

Bantu Atasi Defisit Anggaran, Iuran BPJS Alami Kenaikan 100%

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img