5 Rekomendasi Film Tentang Saham & Investasi Ini Wajib Kamu Tonton!

Bagi kamu yang berminat mengenai saham, film tentang saham bisa jadi “jalan masuk” yang bagus untuk mengenal seperti apa dunia bursa saham bekerja. Berikut ini daftar film tentang bisnis terbaik yang pernah disajikan para sutradara kawakan dunia.

Menyelami dunia investasi dan utamanya bisnis dan saham tentu mengandaikan kamu perlu menimba ilmu dari orang-orang yang telah berkecimpung lebih dahulu.

film tentang saham

Banyak film tentang saham ataupun film tentang bisnis yang bisa kamu tonton untuk “memulai” petualangan ini. Tapi, di sini, Pluang menghadirkan beberapa film terbaik dari yang terbaik.

Pengalaman menonton “karya seni” yang baik tentu akan mengantarkanmu pada pemahaman yang lebih dalam tentang dunia yang ingin kamu pelajari.

Sebagai investor saham pemula, berikut adalah beberapa film yang semoga bisa mengembangkan imajinasimu untuk membuat jalan menuju visi baru dalam berinvestasi.

Baca juga: Hindari Bosan WFH dengan Maraton Film, Begini Caranya Langganan Netflix

film tentang bisnis

Film tentang saham – Dualogi Wall Street

Jauh sebelum Scorsese membuat film tentang saham, Oliver Stone, yang sebelumnya terkenal setelah membuat Platoon pada tahun 1986, membuat Wall Street. Film ini tayang setahun setelahnya pada 1987.

Charlie Sheen sebagai Bud Fox adalah sang tokoh utama. Ia sebagai pialang saham muda yang berusaha mendaki tangga korporasi bursa saham di Wall Street.

Sementara Gordon Gecko, karakter yang diperankan oleh Michael Douglas mendapat sorotan utama dalam film ini. Ini membuatnya diganjar piala Oscar berkat kemampuannya.

Hingga kini, Wall Street masih menjadi film rujukan bagi mereka yang ingin menjadi trader, broker, analis dan bankir. Mengapa? Ini lantaran kejelian Stone menggambarkan Insider trading yang terjadi dalam bisnis saham, ditambah dengan keburukan yang turut dibawa dari bisnis ini.

Pada 2011, sekuel dengan judul Wall Street Money Never Sleeps dirilis. Dengan Michael Douglas tetap menjadi Gordon Gecko namun dengan Shia LaBeouf sebagai “murid” barunya. Sekuelnya menggambarkan dunia saham Amerika pasca-krisis keuangan global 2008.

Boiler Room

Film dari tahun 2000 yang bisa dibilang terlupakan garapan sutradara Ben Younger ini bercerita tentang Seth Davis (diperankan oleh Giovanni Ribisi). Ia adalah eorang dropout pebisnis ilegal.

Dalam penceritaan film tentang saham ini, ia diceritakan kemudian masuk ke dalam bisnis saham. Dan mendapati bahwa ia berbakat menjual saham gorengan yang tak bernilai kepada orang-orang yang ia sebut sebagai “pecundang”.

Boiler Room berfokus pada tindak penipuan yang paling rendah dalam dunia saham, yaitu pump and dump. Meskipun film ini hanyalah fiksi belaka, praktik penipuan yang dilakukan oleh para pialang saham gadungan dalam film ini adalah nyata. Sama nyatanya dengan penderitaan para korban mereka.

Film tentang saham ini dapat dipelajari agar kamu yang ingin mengetahui tentang saham paling tidak menjadi lebih waspada. Film ini lebih mirip sebuah iklan layanan masyarakat tanpa menjadi sebuah film yang menggurui.

Baca juga: Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

film terbaik sepanjang masa

Film tentang saham – Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street merupakan film yang bercerita tentang Jordan Belfort (diperankan oleh Leonardo Dicaprio), seorang pialang saham yang bersama dengan para kroninya, menjadi kaya pada dekade 1980-an.

Mereka menjadi kaya dengan menjual saham gorengan kepada banyak orang yang tidak memahami tentang saham.

Awalnya seorang pialang saham biasa, Jordan Belfort menjadi “kreatif” dalam bisnis saham setelah ia dipecat dari perusahaannya, L.F. Rothschild dikarenakan peristiwa Black Monday (Senin Kelabu).

Ia menyadari dengan kemampuan membual dan rekan-rekan yang memiliki visi yang sama, ia bisa kaya dengan melakukan pump and dump. Film tentang saham yang menarik untuk jelaskan seluk-beluk teknik p&d ini.

Martin Scorsese, sutradara kawakan yang sebelumnya lebih dikenal dengan film-film mafia seperti Mean Streets dan Goodfellas, ternyata bisa memberikan gambaran mengenai kegiatan kejahatan kerah putih yang dilakukan oleh Stratton Oakmont.

Itu adalah perusahaan buatan Belfort yang dengan sangat baik digambarkan sang sutradara, kendati dengan banyak dramatisasi. Belfort sendiri ikut membantu pembuatan film ini sebagai konsultan. Satu saran saja, berapa pun umurmu, jangan pernah menonton film ini jika sedang ada orang tuamu.

The Founder

Film yang satu ini tidak membahas tentang saham, tetapi lebih mengenai bisnis.

Film yang berdasarkan buku Ray & Joan: The Man Who Made the McDonald’s Fortune (2016) yang ditulis oleh Lisa Napoli ini menceritakan tentang Ray Kroc. Seorang pedagang mesin susu kocok yang di kemudian hari berkenalan dengan McDonald Bersaudara.

Kedua bersaudara tersebut sudah memiliki bisnis restoran cepat saji yang berjalan selama beberapa tahun dan merasa puas dengan hal tersebut, akan tetapi Ray (diperankan oleh Michael Keaton) yang jiwa bisnisnya tidak pernah puas, memberikan banyak masukan yang membuat McDonald menjadi sebuah waralaba restoran cepat saji terbesar di dunia.

Film ini menarik karena tidak hanya menceritakan kisah seseorang dari miskin menjadi kaya tetapi juga menggambarkan bagaimana dunia bisnis punya sisi kelam dalam sejarah McDonald. Hamburger tidak akan pernah terasa sama lagi setelah menonton film ini.

Glengarry Glen Ross

Film tentang saham dan investasi pada umumnya ini sering menjadi rekomendasi dalam seminar motivasi maupun bisnis, dan rekomendasi tersebut tidak salah alamat.

Berkisah tentang Blake (diperankan oleh Alec Baldwin), seorang agen real estate yang dikirim oleh kantor pusat untuk melatih empat orang agen lain di perusahaan Premier Properties, Chicago dikarenakan kinerja mereka yang buruk.

Blake kemudian menggenjot mereka sembari “mengancam” bahwa dua orang dengan kinerja terburuk akan dipecat. Ini adalah film yang akan membuatmu lebih tertarik dengan proses daripada hasil akhir.

Sumber: The Balance

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patuangan Rp10.000 Aja, Mau?

Perusahaan Start Up Ramai Pilih Co-Working Space, Apa Alasannya?

Artikel Terbaru