Currently set to Index
Currently set to Follow

Ini 6 Ciri Kelas Menengah Menurut Standar AS, Kamu Termasuk Salah Satunya?

AIA Group, perusahaan finansial asal Hong Kong, menilai pendapatan kelas menengah di Indonesia merupakan salah satu yang terendah dibandingkan negara ASEAN lain. Mengapa demikian? Bagaimana kelas menengah ditentukan?

Asian Development Bank mendefinisikan kelas sosial ini dalam tiga kelompok pengeluaran. Orang dengan pengeluaran per hari di atas USD 2 adalah kelas menengah bawah, USD 2-4 adalah kelas menengah, dan USD 10-20 adalah kelas menengah atas.

Sementara, laporan Survei Kelas Menengah Indonesia 2014 jelaskan kelas menengah di Indonesia adalah mereka dengan pendapatan rata-rata Rp4,27 juta per bulan (USD 365 per bulan).

Dibandingkan dengan negara ASEAN lain, angka pendapatan rata-rata mereka relatif rendah. Vietnam USD 627, Filipina USD 740, Malaysia USD 2.011, Thailand USD 2.128, dan Singapura USD 6.492.

Akan tetapi, meski pendapatan bulanan masih kalah dengan negara ASEAN lainnya, kelompok kelas di Indonesia cenderung optimistis bahwa kondisi kehidupan mereka akan meningkat. Indeks Kelas Menengah AIA (Middle Class Index/MCI) tunjukkan skor 77,1.

Terlepas dari pengeluaran dan pendapatan, apakah ada ciri lain yang menunjukkan bahwa kamu termasuk kelas menengah? Kelas menengah rupanya ditentukan oleh beberapa standar berikut ini, yuk simak!

Baca juga: Ini 6 Ciri Kamu Masuk Golongan Kelas Menengah

Enam Ciri Menunjukkan Kamu Masuk ke Tataran Kelas Menengah

kelas menengah di indonesia

Meski tidak ada standar keuangan resmi yang menentukan, Gugus Tugas Kelas Menengah (Middle Class Task Force) di bawah pemerintahan Obama mendefinisikan bahwa ada enam aspirasi keuangan yang perlu dipenuhi.

Kamu barangkali bisa menggunakan beberapa standar Gugas di AS berikut ini untuk menentukan apakah kamu telah memenuhi kriteria.

1. Ciri kelas menengah – kepemilikan rumah

Memiliki rumah tetap masuk kategori American dream. Langkah dari menyewa ke memiliki sendiri properti menandakan ukuran kemakmuran dan prestasi.

Sementara, rentang harga rumah rata-rata yang sangat berbeda di berbagai kota di seluruh AS. Karena itu, kemampuan untuk mencapai tujuan ini sangat bervariasi, tergantung lokasi geografisnya.

2. Memiliki mobil

Kepemilikan atas mobil menunjukkan kebebasan mobilisasi dan kemewahan tersendiri. Ini menunjukkan kamu tidak bergantung pada transportasi massal dengan jadwal dan ruang terbatas.

Sementara, harga mobil tentu variatif. Prestise punya mobil Hyundai tentunya enggak sama dengan punya mobil BMW, kan?

Ini 6 Ciri Kelas Menengah Menurut Standar AS, Kamu Termasuk Salah Satunya?, Pluang

3. Berhasil kirim anak ke perguruan tinggi

Pendidikan dipandang sebagai langkah untuk maju dalam kehidupan. Karena itu, prestise yang ditawarkan pendidikan termasuk tujuan utama bagi sebagian besar kelas menengah.

Di AS, biaya pendidikan perguruan tinggi berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu dolar. Kampus Ivy League tentunya masih jadi incaran yang memberi prestise tersendiri.

Baca juga: Apa Hubungan Antara Risiko dan Tingkat Pengembalian Investasi?

4. Jaminan keamanan finansial di hari tua/pensiun

Pensiun adalah tujuan yang hendak dicapai para pekerja hari ini. Keamanan finansial di hari tua menunjukkan kesuksesan yang berhasil kamu capai, hasil kerja dan jerih payah yang terbayarkan.

Kemampuan untuk memperoleh layanan asuransi atau kesehatan yang memadai di masa tua tentu bergantung pada seberapa banyak kamu bisa menyisihkan dana premi hari ini.

5. Cakupan layanan kesehatan

Bisa mengakses layanan kesehatan yang jempolan juga ciri dari kamu sudah berhasil masuk ke golongan kelas menengah. Kesehatan adalah tujuan utama bagi para pencari nafkah dan keluarganya.

Tingginya dan peningkatan biaya layanan kesehatan menjadikan jenis asuransi kesehatan yang dapat diakses sebagai patokan kemampuan finansialmu.

Baca juga: Apa Saja Sih,10 Perusahaan yang Berperan Besar di S&P 500? 

6. Liburan keluarga

Tidak semua orang dapat menikmati waktu bersama keluarga dengan leluasa. Tuntutan pekerjaan mengharuskan para orang tua menunda waktu bercengkerama dengan anak mereka.

Karena itu, “waktu yang terpangkas” ini terbayarkan lewat liburan bersama.

Liburan keluarga menunjukkan bahwa sebuah keluarga memiliki pendapatan yang bisa “dibuang” dan telah cukup berhasil untuk mengambil waktu luang dan berfokus pada waktu luangnya.

Penutup

Dari enam standar kelas menengah di atas, sudahkah kamu memenuhi keenamnya? Yuk, terus belajar strategi finansial yang tepat bagimu dan keluarga dengan mengubah pola pikir ala kaum kelas menengah ini, di artikel ini.

Atau, kamu sedang bingung ingin memilih investasi yang tepat agar menjadi kaya? Berikut tips-tips memilih investasi yang tepat layaknya miliyarder keras dunia.

Sobat Cuan ingin mendapat penghasilan tetap yang lebih cuan? Yuk, investasi saham di Pluang Cuan! Dapatkan imbal hasil hingga 3,5% per tahun hanya dengan menabung Ethereum dan Bitcoin kamu di Pluang S&P 500.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, CNN Indonesia, Simulasi Kredit

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img