Currently set to Index
Currently set to Follow

Ini Mindset Bebas Utang yang Cocok untuk Milenial

Kenapa mindset bebas utang penting? Siapapun pasti kepengen bebas finansial. Kepengen punya cukup uang. Kepengen nggak ngutang kemana-mana. Sehingga penting untuk mikir dengan mindset bebas utang.

1. Menghentikan Pola Gali Lubang Tutup Lubang

Setiap orang mempunyai kondisi finansial yang berbeda-beda. Kebutuhan yang lebih besar dari pendapatan juga akan menyebabkan timbulnya uang pinjaman. Jika kamu sudah punya pinjaman, segeralah untuk melunasi. Hindarilah pola gali lubang tutup lubang.

Agar bebas utang, lunasilah utang dengan sebagian pendapatan, bukan dengan uang pinjaman yang baru dari tempat lain. Sistem tersebut tidak baik dan justru akan membuat kondisi keuanganmu memburuk. Kamu tidak akan segera bebas utang jika menggunakan sistem gali lubang tutup lubang.

Agar segera bebas dari utang, bayarlah cicilannya tepat waktu dengan pendapatanmu. Jika hal ini dilakukan, lama kelamaan utang tersebut akan lunas dan hidupmu tenang tanpa beban utang.

Baca juga: Apa Itu Personal Finance?

Gaya hidup setiap orang memang berbeda dan dipengaruhi oleh banyak hal. Agar kondisi keuangan stabil, perlu ada penyesuaian antara gaya hidup dengan kondisi keuangan.

Penyesuaian tersebut merupakan salah satu jalan agar kamu tidak ingin mengajukan pinjaman hanya untuk memenuhi gaya hidup glamor. Jadi, pengeluaran harus disesuaikan dengan pemasukan.

Jika ingin meningkatkan gaya hidup, berusahalah mengatur keuangan dengan baik. Bukan dengan cara instan mengajukan pinjaman hanya untuk hidup lebih mewah. Dengan cara ini, kamu tak akan terlilit utang.

3. Membuat Anggaran Keuangan Bulanan dan Mingguan

Perencanaan keuangan juga sangat penting untuk membebaskan dirimu dari lilitan utang. Kamu bisa membuat anggaran keuangan dalam skala mingguan dan bulanan agar pengeluaran bisa dikontrol.

Utamakan kebutuhan dengan skala prioritas agar tidak ada kebutuhan yang terlewatkan. Buatlah perencanaan berupa range pengeluaran untuk setiap kebutuhan agar dananya efisien.

Cara tersebut sangat efektif dalam mengelola keuangan. Kestabilan finansial dapat dikontrol lebih baik demi kesejahteraan hidup.

Kamu tak perlu sampai mengajukan pinjaman jika pandai dalam mengatur keuangan, kecuali memang terdapat kebutuhan mendadak atau kebutuhan dalam jumlah besar di luar perencanaan.

Baca juga: Apa Itu Home Equity Loan?

4. Bebas Utang Dengan Menyingkirkan Latte Factor

Pernahkah kamu mendengar latte factorLatte factor adalah pengeluaran kecil yang tidak terlalu terasa, tetapi dampaknya cukup berarti untuk keuanganmu.

Sebagai contoh, kamu sudah terbiasa membeli secangkir kopi Rp 50 ribu sebanyak 3x seminggu. Dalam sebulan, tanpa terasa sudah banyak uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan tersebut.

Setelah jumlahnya terlihat besar, kamu baru akan menyadarinya dan menyesal. Hal semacam ini harus dihilangkan agar tidak merepotkanmu di kemudian hari.

Justru uang tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting atau bisa digunakan membeli kopi yang lebih terjangkau.

5. Membiasakan Diri Menabung Agar Bebas Utang

Menabung merupakan pola hidup hemat yang harus dibiasakan sejak dini. Untuk memperbaiki kondisi finansial, tidak ada kata terlambat.

Kamu yang sebelumnya pernah terlilit utang atau masih dalam upaya melunasinya, bisa menerapkan prinsip ini. Upayakan untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung. Kamu bisa membuka rekening di bank agar aman dan lebih efektif.

Baca juga: Apa Itu Sharpe Ratio?

6. Mencari Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan juga akan menyelamatkanmu dari utang. Cara ini akan memperbesar kemampuan dalam melunasi utang. Kesejahteraan hidup lebih terjamin dengan peningkatan pendapatan yang mendukung pemenuhan kebutuhan.

Meski demikian, carilah pekerjaan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Manajemen keuangan sangat diperlukan untuk mengatur keluar masuknya dana. Jika kondisi keuangan stabil, maka kesejahteraan hidup lebih terjamin.

Kamu juga bisa hidup lebih tenang karena tidak lagi terbelit utang yang semakin hari kian bertambah jumlahnya karena denda dan bunga. Aturlah keuangan sebijak mungkin demi kesejahteraan hidup di masa depan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img