Currently set to Index
Currently set to Follow

Terserang Sakit Gigi Dadakan? Yuk, Sembuhkan dengan 10 Obat Alami Ini!

Sebuah lagu dangdut terkenal milik Meggy Z pernah menyebut bahwa “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Padahal, sakit gigi pun bisa sangat menyiksa, Sobat Cuan! Kalau tidak segera disembuhi dengan obat tertentu, sakit gigi bisa menjadi mimpi buruk yang tak berkesudahan.

Ketika sakit gigi, mungkin penderitanya baru merasa menyesal telah lalai menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Jika kamu salah satunya, kamu tak perlu lagi merasa panik. Sebab, kamu masih bisa mengobati sakit gigimu dengan cara berikut!

Obat Sakit Gigi Alami di Saat Kepepet

1. Kumur dengan Air Garam, Obat Sakit Gigi Paling Sederhana

Air garam adalah disinfektan alami yang bisa mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut sementara waktu.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran ini sebagai obat kumur tiap kali kamu merasa sakit.

2. Gunakan Obat Kumur Hidrogen Peroksida

Senyawa hidrogen peroksida bisa membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain itu, cairan ini juga bisa membunuh bakteri penyebab mulut tak sedap juga plak.

Syaratnya, kamu harus memastikan kepekatan cairan benar, yakni sekitar 3% cairan untuk jumlah air 1:1. Satu lagi, jangan sampai tertelan ya.

3. Kompres Dingin untuk Obat Sakit Gigi

Kadang, sakit gigi disertai dengab pendarahan yang harus cepat dihentikan dengan kompres dingin. Selain itu, jika ada bengkak yang ditimbulkan karies gigi, kompres dingin juga bermanfaat loh untuk menguranginya.

Caranya, kamu bisa membungkus es dengan handuk lalu menempelkannya ke area yang dibutuhkan selama 20 menit. Ulangi tiap beberapa jam sampai pendarahan reda dan bengkaknya kempes ya, Sobat Cuan.

Terserang Sakit Gigi Dadakan? Yuk, Sembuhkan dengan 10 Obat Alami Ini!, Pluang

4. Kantong Teh Pepermint

Ringankan rasa sakit dan gusi sensitif dengan meminum teh herbal jenis ini. Kamu juga bisa memanfaatkan kantungnya untuk meredakan sakit gigi kamu, lho.

Caranya dengan menempelkan kantung teh bekas seduh yang sudah tidak terlalu panas ke gigi yang sakit. Kamu juga bisa mendinginkan dulu kantung teh bekas itu supaya dapat efek kompres dingin juga.

Pepermint mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti oksidan. Sehingga, pepermint bisa membantu kamu mengurangi nyeri sakit gigi yang mengganggu.

5. Bawang Putih juga Bisa Jadi Obat Sakit Gigi

Tak hanya vampir, sakit gigi pun takut sama bawang putih. Musababnya ialah senyawa allicin yang memiliki sifat anti bakteri kuat.

Caranya ialah hancurkan satu siung bawang putih hingga jadi pasta. Lalu, oleskan pasta ini ke area yang sakit.

Kamu juga bisa menambah sedikit garam. Atau, memakan langsung siung bawang putih juga bisa dilakukan kalau kamu tahan baunya.

Baca juga: Sobat Cuan, Yuk Kenalan dengan 7 Proyek Decentralized Finance Berikut!

6. Minyak Cengkeh, Obat Sakit Gigi Nenek Moyang

Cengkeh mengandung eugenol yang terbukti merupakan antiseptik alami. Cara ini sudah digunakan sejak jaman nenek moyang, lho, Sobat Cuan.

Cara penggunaannya pun cukup simpel, yakni bubuhi minyak cengkeh ke permukaan bola kapas lalu oleskan ke area yang sakit. Selain itu, setetes minyak cengkeh yang dilarutkan dalam segelas air juga bisa jadi alternatif obat kumur.

Pastikan minyak cengkeh yang kamu gunakan berkualitas baik. Ulangi pemakaiannya hingga sakit berkurang.

7. Kunyah Daun Jambu Biji 

Obat sakit gigi yang satu ini memiliki khasiat anti inflamasi yang membantu meredakan peradangan. Daun jambu biji juga memiki aktivitas antimikroba untuk merawar mulut.
Caranya, kunyah saja daun yang sudah dicuci bersih lalu telan. Jika tidak kamu juga bisa merebusnya dan menggunakan airnya sebagai obat kumur.

8. Obat Sakit Gigi dari Minyak Esensial

Saat ini manfaat minyak esensial sudah banyak diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Salah satunya ternyata bisa juga untuk obat sakit gigi.
Minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah esens thyme yang juga merupakan anti bakteri dan anti oksidan yang kuat.
Caranya mudah, cairkan beberapa tetes minyak esensial thyme dengan beberapa tetes air lalu oleskan dengan bola kapas. Dalam jumlah yang lebih banyak, cairan ini juga bisa dijadikan obat kumur loh.

9. Parasetamol Juga Bisa Redakan Sakit Gigi

Selain bermanfaat menurunkan demam, parasetamol ternyata juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Kamu bisa mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjurkan agar nyeri sakit gigimu reda.
Selain itu, ada beberapa opsi obat warung lain yang bisa kamu konsumsi saat sakit gigi. Diantarany, ibuprofen dan naproxen yang berfungsi pereda nyeri dan peradangan.

Baca juga: Apa itu Satoshi Unit?

10. Obat Sakit Gigi Paling Mujarab, Pergi ke Dokter Gigi

Jika gigi yang sakit menunjujkan gejala yang serius seperti keluar cairan nanah atau bengkak parah, kamu mungkin harus mempertimbangkan buat janji dengan dokter gigi. Sakit gigi juga bsia menyebabkan gejala serius seperti demam tinggi dan kesulitan bernapas.

Dokter gigi bisa membantumu memperbaiki masalah gigi secara permanen.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kompas

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img