Currently set to Index
Currently set to Follow

Dirumahkan Kantor Karena Corona? Jajal 6 Situs Freelance Indonesia Ini!

Kamu dirumahkan oleh perusahaan karena wabah COVID-19? Bekerja sebagai freelancer bisa jadi solusi untuk tetap mendapat pemasukan. Menjadi freelancer di era sekarang juga dipermudah karena kamu bisa mencari berbagai pekerjaan sesuai kemampuanmu di situs freelance Indonesia. Bukan hanya untuk mereka yang sudah expert di bidang tertentu, jika kamu adalah pekerja pemula, terdapat juga banyak situs freelance untuk pemula.

Imbas dari COVID-19 memengaruhi hampir semua lini perekonomian Indonesia. Banyak perusahaan atau bahkan UMKM terpaksa merumahkan pekerjanya. Tidak dapat dimungkiri kondisi ini menyebabkan banyak pekerja yang kemudian terkatung-katung tidak jelas nasibnya, bahkan menjadi pengangguran.

Dilansir Fastcompany (21/04), dalam ketidakpastian ekonomi akibat COVID-19 ini menjadi freelancer adalah cara paling efektif untuk bekerja. Ini efektif karena para pekerja lepas dapat memperoleh pekerjaan dari situs freelance Indonesia atau situs freelance untuk pemula yang banyak tersedia di internet.

Dalam menyiasati kondisi ini, kamu bisa bekerja sebagai freelancer. Situs freelance Indonesia dan situs freelance untuk pemula apa saja yang bisa kamu coba untuk memperoleh pekerjaan, simak ulasannya di bawah ini ya.

Baca juga: Mau Belajar Asyik Soal Investasi, Ini 7 Rekomendasi Sumber yang Jamin Bikin Kamu ‘Pintar’!

Dirumahkan Kantor Karena Corona? Jajal 6 Situs Freelance Indonesia Ini!, Pluang

Apa Itu Situs Freelance Indonesia?

Situs freelance Indonesia adalah sebuah platform di mana para pencari jasa dan pencari kerja dapat menampilkan tawaran mereka. Di sini para freelancer Indonesia dapat menawarkan jasa mereka kepada para pencari jasa.

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas adalah cara kreatif dalam mencari uang di tengah wabah virus corona ini karena kamu bisa memilih pekerjaan sesuai dengan skill atau kemampuan yang kamu miliki.

Tak hanya itu, kamu juga bisa bekerja secara remote alias kamu bisa bekerja di mana saja. Artinya kamu bisa menerapkan Work From Home (WFH) dengan bekerja di rumah. Sekaligus pula, kamu menerapkan self quarantine dan social distancing.

Dengan bekerja sebagai freelancer kamu juga sedang membangun portofolio dirimu. Semakin banyak kamu bekerja di berbagai proyek freelance, maka kemampuanmu di bidang tertentu akan semakin meningkat. Ditambah lagi koneksi atau jaringanmu dengan banyak orang di bidang pekerjaan yang kamu tekuni juga akan menjadi lebih luas.

Situs freelance Indonesia menjadi penting karena kamu sebagai freelancer bisa berjumpa dengan calon client yang membutuhkan jasamu.

Baca juga: Dampak Pandemi Corona, 1,4 Juta Orang Mendaftar Kartu Prakerja Online

6 Situs Freelance Indonesia yang Dapat Kamu Kunjungi

situs freelance indonesia

Terdapat banyak situs freelance untuk pemula di internet, loh. Kamu bisa mulai menjadi freelancer dari 6 situs berikut ini:

1. Situs freelance Indonesia – Fiverr

Ini adalah salah satu situs freelance Indonesia yang paling populer. Di Fiverr freelancer dapat menampilkan proyek atau pekerjaan yang sebelumnya pernah dikerjakan. Dengan demikian calon pengguna jasa dapat memilih para freelancer yang paling menarik perhatian.

Selain menjadi melting pot antara freelancer dan pencari jasa, Fiverr juga menyediakan layanan pelatihan gratis untuk para freelancer. Pelatihan itu berupa cara mengembangkan kemampuan diri, serta pelatihan cara mendapatkan klien.

2. Sribu

Sribu juga merupakan salah satu situs freelance Indonesia yang cukup populer. Bidang pekerjaan yang ditawarkan di sini di antaranya adalah menulis artikel, desain grafis, pembuatan situs, penerjemahan dokumen, hingga marketing media sosial.

Situs Sribu dapat diakses dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Kamu juga bisa memilih upahmu dibayar dalam mata uang rupiah atau dolar Amerika.

3. 99designs

Situs ini khusus diperuntukkan bagi mereka yang jago di bidang desain grafis. Di situs freelance Indonesia ini kamu bisa mengerjakan berbagai pekerjaan desain mulai dari pembuatan logo, sampul buku, hingga layouting buku.

Platform 99designs juga memperbolehkan klien untuk mengadakan sebuah kontes di mana para freelancer yang eksis di platform itu dapat mengadu kemampuan dan berusaha memenangkan kontes tersebut.

4. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia merupakan versi bahasa Indonesia dari situs Freelancer yang dibuat oleh sebuah start up asal Australia.

Situs Freelancer sendiri mengaku bahwa mereka telah menghubungkan lebih dari 24 Juta pencari jasa dengan banyak pekerja lepas alias freelancer dari 247 negara.

Kemampuan yang dicari di situs ini meliputi jurnalistik, IT, desain grafis, marketing, penerjemah, dan peneliti.

5. Situs freelance Indonesia – Upwork

Situs ini dapat dibilang sebagai situs freelancer dengan jumlah klien terbesar di dunia. Situs Upwork kerap digunakan oleh para pebisnis dari berbagai level baik low, mid, hingga high level, serta menjadi rumah bagi banyak freelancer dengan berbagai variasi tingkat kemampuan.

Salah satu kelebihan Upwork adalah fiturnya yang praktis dan mudah digunakan. Ini akan sangat membantu kamu mencari pekerjaan sesuai kemampuan yang kamu miliki.

Baca juga: Cara Investasi Bitcoin Agar Kamu Mendulang Profit

6. TaskRabbit

Kebanyakan situs freelance Indonesia yang disebutkan di atas berkaitan dengan bidang pekerjaan di dunia digital. Namun, sebenarnya ada juga situs yang berkaitan dengan pekerjaan rumahan.

Platform TaskRabbit berfokus pada penyedia jasa atau freelancer untuk pekerjaan rumah seperti perbaikan dan pembangunan, pemindahan dan pengemasan barang, penyusunan furnitur, apapun. Situs ini cocok untuk kamu yang ingin bekerja lepas namun tidak memiliki kemampuan di bidang digital.

Sobat Cuan, sudah coba 6 situs di atas? Jika kamu tertarik menjadi freelancer sukses di tahun ini, kamu wajib coba lima tipsnya di sini. Meskipun berkerja dari rumah kamu juga bisa tetap produktif dengan mencoba trik dari para freelancer sukses.

Profesi freelancer juga bisa menolongmu saat di hari tua nanti. Kamu bisa persiapkan itu dengan mempratikkan triknya dari artikel ini.

Nah, pas banget selain bekerja sebagai freelancer kamu bisa mendapatkan penghasilan tetap dari investasi reksa dana di Pluang. Mulai dengan harga Rp15.000 kamu sudah bisa berinvestasi, tentunya lebih praktis, aman, dan cuan!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: 99.co, Hostinger Tutorial

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img