Currently set to Index
Currently set to Follow

3 Tips Mencari Kerja yang Cocok Kala Pandemi

Ketika banyak perusahaan menerapkan work from home dalam rangka memerangi pandemi COVID-19 dan banyak pekerja yang dirumahkan, kamu mungkin bertanya-tanya apa kerja yang cocok untukmu. Simak tips mencari kerja ini agar kamu bisa memperoleh pekerjaan.

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah harus tetap mengirimkan surat lamaran, atau kamu mungkin berasumsi bahwa tidak ada perusahaan merekrut karyawan baru di masa pandemi ini. Apalagi banyak ekonom memperkirakan adanya resesi ekonomi terjadi.

Namun, sebenarnya kamu tidak perlu takut. Seperti dilansir The Muse, beberapa pakar memberikan tips mencari kerja, yaitu, agar kamu mendapatkan kerja yang cocok kamu harus tetap mengirimkan aplikasi lamaran dan tetap membangun jaringan atau network kamu.

“Perusahaan mungkin tidak merekrut hari ini, karena mereka mencoba mencari cara untuk melakukan bisnis secara virtual, tetapi mereka akan merekrut,” kata Danielle Beauparlant Moser, direktur pelaksana dan pelatih eksekutif dengan bltCareers di Asheville, NC, seperti dikutip dari The Muse.

“Orang-orang yang melanjutkan untuk membangun hubungan dan berbagi ide akan berada dalam posisi yang lebih baik saat perusahaan mulai merekrut,” imbuhnya.

Baca juga: Mencari Pekerjaan Saat Pandemi? Begini Caranya!

Ikuti tips mencari kerja ini agar kamu mendapatkan kerja yang cocok di tengah pandemi

Kamu harus bersiap untuk lowongan pekerjaan yang akan ditunda atau dihilangkan, meskipun sudah dibuka untuk sementara waktu. Itu tidak berarti mereka tidak akan buka lagi dalam beberapa bulan.

Terkadang di masa pandemi ini para manajer Sumber Daya Manusia sebuah perusahaan menerapkan langkah berhati-hati. Mereka sebenarnya sedang bersiap-siap merekrut seeorang. Namun, mereka memilih untuk menahannya selama beberapa minggu.

Jadi, tips mencari kerja di sini adalah kamu harus tetap optimistis, kemudian tetap mengirimkan aplikasi lamaran ke perusahaan yang kamu incar, dan jangan lupa tetap membangun jaringan.

Memang ada banyak industri telah dan akan terus terpukul oleh pandemi COVID-19. Namun, masih banyak perusahaan yang lain masih merekrut. Jika kamu menganggur dan membutuhkan waktu luang, pertimbangkan untuk mencari di sana atau di mana pun kamu dapat menemukan peluang yang masuk akal buatmu. Setidaknya peluang ini dapat digunakan untuk membayar sewa serta menyediakan makanan di atas meja untuk sementara.

Selain aktif melamar, tips mencari kerja berikutnya adalah kamu harus tetap membangun jaringan atau network.

Agar dapat memperoleh kerja yang cocok, kamu ada baiknya mencari grup profesional untuk bergabung di Facebook dan LinkedIn. Kedua platform ini menawarkan berbagai opsi dengan grup untuk setiap profesi. Misalnya, jika kamu mencari pekerjaan di bidang pemasaran, kamu dapat bergabung dengan grup Pemasaran Global dan Profesional Komunikasi LinkedIn.

Bergabunglah dalam percakapan, posting dan komentari, dan buat diri kamu terlihat. Pastikan untuk menjaga percakapan tetap profesional dengan memposting artikel yang relevan dan membahas topik yang memungkinkan kamu menunjukkan keahlianmu.

Baca juga: Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

3 tips mencari kerja di kala pandemi

Tips mencari kerja – Tetap terhubung

Mungkin kamu baru-baru ini mendapatkan wawancara yang menjanjikan dan tawaran pekerjaan sepertinya sudah dekat, tetapi sekarang perusahaan telah pindah ke pekerjaan jarak jauh dan kamu belum mendengar kabar dari manajer perekrutan. Apa yang harus Anda lakukan? Hubungi manajer perekrutan melalui email.

Dan temukan cara lain untuk selalu diingat selain email. Misalnya, terhubung dengan manajer perekrutan di LinkedIn dan, jika mereka memposting status, komentari status itu.

Gunakan waktu untuk refleksi diri

Pencari kerja sering kali melompat pada kesempatan pertama yang tersedia atau masuk ke pencarian mereka tanpa sepenuhnya mempertimbangkan apa yang ingin mereka lakukan selanjutnya. Manfaatkan pasar kerja yang melambat dengan mendapatkan kejelasan tentang di mana kamu ingin bekerja dan jenis peran dan jabatan yang kamu cari.

Misalnya, kamu mungkin menargetkan peran pemasaran tetapi dengan lebih sedikit orang yang membelanjakan uang. Perusahaan mungkin lebih cenderung mempekerjakan seseorang untuk peran komunikasi selama krisis ini. Maka, kamu harus bercermin di sini, kemudian memutuskan apakah kamu ingin ngotot di bidang pemasaran, atau melompat ke bidang komunikasi?

Tingkatkan keterampilan kamu

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk bekerja meningkatkan kualifikasi kamu demi menyukseskan tips mencari kerja. Agar memperoleh kerja yang cocok kamu harus menganalisis deskripsi pekerjaan dengan mencantumkan setiap keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan.

Kemudian pertimbangkan apakah kamu memiliki keterampilan yang tepat, jika kamu memiliki keterampilan tetapi belum menggunakannya dalam beberapa tahun, atau jika kamu tidak memiliki keterampilan sama sekali.

Gunakan informasi tersebut untuk menentukan apa yang perlu kamu pelajari untuk menjadikan diri kamu kandidat yang lebih baik ketika pasar kerja kembali meningkat.

Misalnya, jika kamu melamar posisi media sosial atau spesialis pemasaran. Daftar tersebut kemungkinan akan membutuhkan pengalaman dengan Google Analytics dan Hootsuite. Tersertifikasi di salah satu atau keduanya akan membuat resume kamu menonjol. Dan kesempatan memperoleh kerja yang cocok akan makin besar.

Demikian tips mencari kerja di masa pandemi yang dapat kamu ikuti. Selama perlambatan ekonomi, penting untuk fokus pada apa yang dapat kamu kendalikan: meningkatkan keterampilan kamu dan menjangkau jaringan kamu.

Kamu dapat meletakkan dasar sekarang sehingga ketika krisis berakhir kamu telah membuka pintu dan menghidupkan kembali koneksimu dengan pekerjaan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: The Muse

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img