Currently set to Index
Currently set to Follow

Selain Menikah, Ini 3 Momen Penting Hidup yang Akan Menyadarkanmu Pentingnya Investasi

Sepanjang hidup kita, terdapat momen-momen penting yang menentukan pilihan hidup kita, untuk lepas dari zona nyaman. Perubahan-perubahan kecil dan besar silih berganti dalam berbagai dimensi hidup seseorang. Investasi adalah salah satu cara menyelamatkan momen-momen perubahan ini.

Dari persoalan karier, keluarga, dan tak terkecuali soal finansial, menjadi urusan yang tak terhindarkan. Investasi adalah salah satu kiat untuk membantu kita menghadapi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam dimensi finansial hidup seseorang.

Apakah kamu pernah berpikir untuk menyiapkan investasi demi berhadapan dengan berbagai biaya tak terduga ini? Yuk, kita pikirkan apa saja momen-momen penting dalam hidup yang urusan finansialnya bisa kita antisipasi.

Selain Menikah, Ini 3 Momen Penting Hidup yang Akan Menyadarkanmu Pentingnya Investasi, Pluang

Investasi adalah salah satu cara menyelamatkan momen-momen penting dalam kehidupanmu

Momen kelahiran: kehadiran bayi–anggota baru dalam keluargamu

investasi adalah

Memiliki dan membesarkan anak memerlukan persiapan matang. Dari urusan mempersiapkan kamar khusus untuknya, menghadapi momen persalinan bayi, hingga mengawasi si bayi tumbuh besar.

Yang paling menyesakkan, tentunya menghadapi urusan-urusan dengan biaya tak terduga. Kaleng susu, popok, dan berbagai kebutuhan pangan dan pakaian sudah terpenuhi, tapi akan selalu ada urusan yang tak pernah kita bayangkan, apalagi bila ini adalah momen pertama kita memiliki anak.

Investasi adalah jawaban dari kesulitan ini. Kalau ada hal buruk terjadi pada si bayi, mempersiapkan orang tua wali baginya tentu adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Namun, itu juga perlu dibarengi dengan membuka asuransi baginya.

Baca juga: Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya

Investasi adalah cara menyelamatkanmu dari momen mencari pekerjaan: dari lulus kuliah, lalu pengangguran, dan menunggu kerja

investasi adalah

Selepas kuliah, dunia terasa seperti rimba raya, ya? Pada awalnya, kita akan merasa terbebas dari rutinitas dan tugas bertumpuk yang dihadapi selama sekian tahun.

Tapi ternyata, ada tanggung jawab lain yang perlu dihadapi setelahnya: bagaimana caranya merdeka secara finansial dan tidak lagi bergantung dengan orang tua.

Investasi adalah hal yang kita bayangkan sudah kita lakukan jauh sebelum “masa pengangguran” dan “masa jatuh bangun mencari kerja” ini tiba. “Kenapa tidak dari jauh-jauh hari, ya?” Begitu kita akan bertanya sembari membawa map lusuh dari satu perusahaan ke perusahaan lain menawarkan porto folio.

Begitulah, ini adalah salah satu momen yang perlu kita persiapkan. Untuk investasi dana cadangan ini, menabung bekal yang selama ini diberikan oleh orang tua atau menyimpan pendapatan kita dari kerja sampingan selama kuliah sebenarnya bisa dilakukan.

Hari-hari mencari kerja akan makan banyak waktu dan konsentrasi sehingga kita akan memerlukan dana cadangan untuk memastikan kebutuhan sehari-hari terpenuhi sementara kita fokus untuk menampilkan talenta terbaik kita ke perusahaan-perusahaan incaran.

Setelah menemukan pekerjaan pun, investasi adalah hal yang akan membantu kita untuk bertahan dengan masa probation, karena upah yang diterima oleh pekerja entry level apalagi di masa percobaan tentu tidak begitu menjanjikan.

Baca juga: Investasi Emas atau Saham dalam Situasi Sekarang?

Momen Menikah: menjalani dan menghadapi semua masalah kompleks berdua

investasi adalah

Sama seperti membiayai persalinan anak, urusan pernikahan juga perlu dipersiapkan dengan matang. Selain harus merasa cocok satu sama lain dan mengisyaratkan kekompakan pasangan, urusan finansial adalah hal yang mesti kamu bahas secara buka-bukaan.

Kamu tidak lagi bekerja sendirian, kini kamu sudah membentuk tim berdua dengan si dia.

Jangan sampai urusan keuangan menghancurkan manisnya hubunganmu dengan pasanganmu. Investasi adalah hal yang perlu kalian bicarakan jauh-jauh hari. Bicarakan tentang kebutuhan finansial utama kalian, juga persoalan keuangan yang selama ini kalian hadapi.

Menikah adalah jenjang kehidupan lebih serius dari sekadar berpacaran, karena kalian akan menghadapi masalah yang lebih kompleks lagi. Jadi, pastikan buat rencana finansial bersama dan ada jadwal “kencan keuangan” bareng dengannya.

Ini termasuk juga membahas apa rencana kalian ke depan, investasi prospektif apa yang dapat kalian ambil, dan bagaimana target jangka panjang finansial kalian.

Tuliskan semua ini, dan yang terutama, bertanggung jawablah atas semua rencana yang telah kalian susun bersama.

Selain momen-momen milestone ini, kamu bisa juga mencatat sendiri momen-momen personal yang akan kamu hadapi dan bagaimana kamu berniat untuk menghadapinya. Karena, seperti kata pepatah, “gagal mempersiapkan, maka kamu sama dengan bersiap untuk gagal”.

Bila kamu tidak ingin gagal untuk momen-momen terpenting dalam hidup, berusahalah untuk mempersiapkannya sebaik-baiknya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: 

The New Savvy

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img