Currently set to Index
Currently set to Follow

Investasi Akhir Tahun Baiknya Pilih Emas, Saham, atau Reksadana?

Tak terasa kita telah sampai di penghujung tahun 2020. Maka, agar bisa mendapatkan keamanan finansial jelang ganti tahun, kamu ada baiknya memilih investasi akhir tahun yang tepat.

Tidak bisa dipungkiri, tahun 2020 ini adalah tahun yang berat. Pandemi COVID-19 menjadikan keuangan global mengalami jungkir balik.

Di awal tahun hampir seluruh aset rontok akibat COVID-19, hanya dolar Amerika Serikat (USD) yang melesat naik. Hingga muncul istilah “cash is the king”, namun bukan sembarang cash, hanya dolar AS yang menjadi raja investasi akhir tahun.

Kamu bisa memilih dua jenis investasi akhir tahun 2020 ini. Saham atau emas. Walau keduanya sempat mengalami kemerosotan karena pandemi, namun harga keduanya kembali membaik setelah banyak pemerintah menggelontorkan stimulus fiskal dan moneter.

Baca juga: Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

Investasi akhir tahun: emas atau saham?

Dua pekan sebelum tahun 2020 berakhir, emas dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan saham, ataupun dengan aset investasi lainnya semacam reksa dana. Berbagai saham memang mulai bangkit. Namun, emas meroket hingga mencetak rekor harga tertinggi sepanjang masa.

Menurut data Refintiv, secara year-to-date (YtD) harga emas dunia sepanjang tahun ini menguat sekitar 23%. Sementara untuk emas batangan yang diproduksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. Atau yang lebih dikenal sebagai emas Antam naik hingga melebihi 35%.

Membandingkan harga emas dengan harga saham, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)secara YtD tercatat mengalami pelemahan sekitar 2,5%. Kemudian kinerja reksa dana juga tidak berbeda jauh.

Berdasarkan data dari Bareksa, Indeks Reksa dana Saham masih mencatatkan kinerja negatif 7,34 % dalam satu tahun terakhir. Namun, Indeks Reksa Dana Pendapatan tetap mencatat kenaikan 7,16%. Tetapi tetap saja kalah jauh ketimbang emas yang naik 2 digit.

Jika kita melihat secara seksama ke 3 bulan terakhir, yang terjadi justru kebalikannya. Harga emas dunia alami penurunan sekitar 4%, sementara emas Antam merosot lebih dari 6%.

Sebaliknya IHSG justru melesat lebih dari 20%, begitu pun dengan Indeks Reksa Dana Saham Reksa Dana Campuran, bahkan Reksa Dana Pendapatan Tetap masih mencatat kenaikan 3,25 %.

Sebaiknya memilih apa?

Lalu, jelang tutup tahun 2020, investasi akhir tahun apa yang sebaiknya kita pilih? Tahun 2020 sudah hampir usai, memilih investasi akhir tahun tentunya harus juga melihat jangka panjang, setidaknya kita patut melihat bagaimana kinerjanya di tahun depan.

Emas memang sedang meroket di atas saham dan reksa dana di tahun ini. Namun, dengan melihat kinerjanya 3 bulan belakangan kita patut mencermati bila efek kemerosotan ini bisa menular sampai tahun depan.

Seperti telah dijabarkan di atas, arah angin bagi pasar keuangan berubah pasca-gelontoran stimulus dan fiskal dari pemerintah. Aset-aset berisiko kembali menanjak naik, emas juga ikut menanjak, dan dolar AS yang tadinya berjaya malah terjun bebas.

Baca juga: Mau Belajar Asyik Soal Investasi, Ini 7 Rekomendasi Sumber yang Jamin Bikin Kamu Makin ‘Pintar’!

Penemuan vaksin COVID-19 menjadikan kondisi investasi akhir tahun membaik

Dalam kurun 3 bulan belakangan, tercatat bahwa aset berisiko cenderung lebih unggul ketimbang emas. Penyebabnya? Tak lain adalah telah ditemukannya vaksin untuk coronavirus dan COVID-19.

Vaksin buatan perusahan farmasi Amerika Serikat, Pfizer yang berkolaborasi dengan BionTech kini telah mulai disuntikkan ke masyarakat di Eropa dan Amerika Serikat. Sementara itu vaksin buatan Moderna sebentar lagi akan memperoleh izin menggunakan darurat.

Saat vaksinasi telah dimulai secara massal, diharapkan kehidupan akan membaik kembali, roda bisnis mampu berputar lebih kencang, dan perekonomian dunia dapat bangkit dari keterpurukan.

Ekspektasi tersebut membuat bursa saham global bangit kembali. Bursa saham AS (Wall Street) bahkan telah beberapa kali mencatat rekor tertinggi dalam investasi akhir tahun ini.

Sementara itu. Indonesia akan mulai melakukan vaksinasi tahun depan. Pemerintah memutuskan untuk menggratiskan vaksin COVID-19 kepada seluruh lapisan masyarakat.

Perekonomian Indonesia di tahun mendatang

Dengan adanya vaksinasi, diharapkan perekonomian Indonesia juga akan membaik tahun depan. Alhasil, investasi akhir tahun di saham akan menjadi lebih menarik ketimbang emas, begitu juga dengan reksa dana saham, reksa dana campuran, atau reksa dana lainnya.

Emas memang akan kurang menarik untuk dilirik sebagai investasi akhir tahun, Tapi sesungguhnya masih berpeluang naik kembali dikarenakan faktor-faktor yang mendongkrak kinerja emas di tahun ini masih akan berlanjut hingga tahun depan.

Selain emas dan saham, kamu mungkin juga bisa memilih bitcoin untuk investasi akhir tahun. Harga emas memang membukukan kenaikan 2 digit tahun ini, tapi bitcoin mengalahkan emas dengan mencatat kenaikan 3 digit.

Dianggap sebagai emas digital, pemicu naiknya harga bitcoin setali tiga uang dengan kenaikan emas kemarin, yakni pengumuman kebijakan moneter The Fed.

Melihat return yang ada, untuk investasi akhir tahun, bitcoin jelas lebih menarik ketimbang emas. Terlebih sesuai survei JP Morgan, millennial condong lebih memilih bitcoin ketimbang emas.

Patut diingat, bahwa ke depannya para millennial ini yang akan mendominasi pasar finansial. Jadi, apakah kamu sudah menentukan dan memilih emas, saham, atau bitcoin untuk investasi akhir tahun ini?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img