Currently set to Index
Currently set to Follow

Simak 3 Alasan Kenapa Investor Pemula Harus Masuk ke Indeks S&P 500

Bagi beberapa investor pemula, investasi di pasar saham adalah momok yang menakutkan. Pasalnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari sentimen pasar, fundamental perusahaan, dan segala faktor lainnya yang membuat harga saham bergerak volatil.

Tetapi, lain halnya dengan investasi di indeks S&P 500. Indeks saham yang berisi perusahaan dunia beraset jumbo itu adalah tempat yang baik untuk bisa menghasilkan cuan, khususnya bagi Sobat Cuan yang berstatus investor pemula. Mengapa demikian?

Simak 3 Alasan Kenapa Investor Pemula Harus Masuk ke Indeks S&P 500, Pluang

Penjelasan Singkat Indeks S&P 500

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Sobat Cuan mengenal S&P 500 secara singkat, padat, dan jelas.

Indeks S&P 500 sendiri adalah indeks saham yang dihuni oleh 505 perusahaan berkapitalisasi jumbo yang berada di Amerika Serikat (AS). Saham-saham seperti Google, Facebok, Amazon, dan raksasa perusahaan dunia lainnya yang ada di dalam indeks S&P 500.

Karena berisi perusahaan-perusahaan yang top, tak heran jika penghuni indeks ini mewakili sekitar 80% kapitalisasi pasar Amerika Serikat. Atau, segala dinamika yang terjadi di indeks ini akan berpengaruh signifikan ke pasar saham AS.

Selain itu, tidak sembarang perusahaan bisa masuk ke dalam Indeks S&P 500. ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mereka, mulai dari kapitalisasi pasar minimal US$9,9 miliar, berhasil mencetak laba selama empat kuartal terakhir atau paling tidak di kuartal keempat setiap tahunnya, dan deretan syarat yang tidak mudah lainnya.

Sehingga, tak heran jika banyak yang beranggapan bahwa berinvestasi di indeks S&P 500 sama dengan berinvestasi di aset yang berkualitas. Kondisi ini tercermin dari pesatnya laju nilai indeks S&P 500 setiap waktunya.

Indeks S&P 500 pertama kali menembus level 1.000 pada 1998 silam. Dibutuhkan waktu 16 tahun lamanya sampai akhirnya indeks saham bonafide AS itu menembus level 2.000 di tahun 2014.

Namun, apakah S&P 500 membutuhkan waktu 16 tahun lagi demi mengeret nilainya dari 2.000 ke 3.000? Jawabannya adalah tidak. Malahan, jangka waktunya kian cepat.

Sebab, S&P 500 hanya membutuhkan waktu lima tahun saja untuk mencapai posisi 3.000 di 2019. Kemudian, ia hanya butuh kurang dari dua tahun untuk mencapai posisi 4.000, tepatnya pada April 2021 silam.

Tokcernya kinerja indeks S&P 500 pun bikin begawan saham Warren Buffett turut berkomentar. Menurutnya, cara tepat masyarakat agar menjadi kaya adalah dengan berinvestasi di indeks S&P 500, seperti yang dijelaskan di artikel ini.

Alasan Singkat Mengapa Pemula Perlu Investasi Indeks S&P 500

Sobat Cuan para investor pemula perlu memahami bahwa pergerakan saham tiap perusahaan memang tidak bisa diprediksi secara pasti. Kadang saham A berkinerja baik, namun keesokan harinya, malah saham B yang berkinerja mumpuni.

Hal tersebut tentu akan membuat kamu kesulitan dalam memilih saham jagoan dalam berinvestasi. Apalagi bagi pemula, hal itu bisa bikin kamu keder duluan sebelum nyemplung ke investasi.

Namun, hal serupa tidak akan kamu temukan dalam berinvestasi di indeks S&P 500. Sebab, ketika Sobat Cuan berinvestasi dalam indeks, kamu tidak perlu repot-repot mengkaji performa masing-masing saham yang terdapat di dalamnya.

Asal tahu saja, indeks saham terdiri dari beragam saham lintas sektor, sehingga secara tidak langsung kamu mempraktikkan ilmu diversifikasi investasi. Indeks S&P 500 sendiri terdiri dari perusahaan yang berlatar belakang 11 sektor berbeda, di mana penjelasan utamanya bisa kamu temukan di artikel ini.

Sementara itu, diversifikasi sendiri adalah hal esensial yang perlu dilakukan oleh investor pemula. Ini lantaran kegiatan tersebut bisa melindungi portofolio investasimu dari risiko-risiko investasi yang beragam.

Nah, pentingnya diversifikasi investasi juga bisa kamu baca selengkapnya di artikel berikut!

Baca juga: Investasi S&P 500 Bisa Bikin Kamu Sultan Lho, Simak 3 Alasannya!

Alasan Lain Investasi Indeks S&P 500 Cocok Bagi Pemula

Sudah asetnya berkualitas, imbal hasilnya cuan banget, dan menyediakan sarana diversifikasi yang efektif, mungkin kamu berpikir bahwa manfaat indeks S&P 500 hanya itu saja, bukan?

Wah, jangan salah Sobat Cuan! Masih banyak lagi lho, manfaat investasi S&P 500 buat investor pemula. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

1. Tidak Perlu Repot Riset

Dalam investasi, tidak ada yang namanya bebas risiko. Begitu juga dengan investasi di indeks S&P 500. Tetapi, kamu bisa mengelolanya lebih mudah tanpa harus memantau pergerakan satu persatu saham jika masuk ke S&P 500.

Karena ketika satu saham sedang bergejolak, mungkin saja ada saham lain yang sedang mengalami reli harga hingga mencapai belasan persen. Ditambah, S&P 500 merupakan indeks saham yang diakui dunia sebagai salah satu representasi dari pasar saham keseluruhan.

Soal imbal hasil tidak perlu diragukan lagi. Secara historis, rata-rata tingkat pengembalian tahunannya mencapai 10% sejak didirikan. Bikin ngiler ya, Sobat Cuan!

2. Bisa Pulih dengan Cepat Setelah Terjadi Gejolak

Saat pasar sedang bergejolak, indeks S&P 500 dipercaya mampu lebih cepat pulih dibanding indeks saham lainnya.

Hal itu juga sudah dibuktikan secara historis bahwa indeks saham ini mampu bertahan dan terus melanjutkan kenaikannya ketika dunia  sedang bergejolak.

Seperti terjadinya The dot com-bubble yang terjadi di Amerika Serikat (AS) yang akhirnya menyebabkan ekuitas perusahaan teknologi melesat liar. Penjelasan tentang dotcom bubble bisa kamu baca di sini ya, Sobat Cuan!

Tak hanya itu, indeks S&P 500 juga tahan dari resesi hebat yang sempat mendera dunia dan beberapa kejadian luar biasa lainnya selama 20 tahun terakhir. Hasilnya, indeks S&P 500 justru terus naik hingga 165,8% dalam kurun waktu tersebut.

3. Investasi yang Terjangkau

Indeks S&P 500 yang dihuni oleh saham-saham pilihan dan mendunia membuat Sobat Cuan seakan memiliki manajer investasi ketika masuk ke dalamnya.

Ya, karena perusahaan yang ada di dalam S&P 500 sendiri adalah perusahaan yang memang sudah baik secara fundamental maupun secara historisnya. Bahkan, beberapa diantaranya adalah perusahaan yang legendaris.

Bayangkan, kalau kamu mau berinvestasi di masing-masing 500 saham perusahaan S&P 500, berapa besar modal yang perlu kamu keluarkan? Nah, di indeks S&P 500, semuanya sudah terkumpul menjadi satu, sehingga sobat cuan hanya perlu masuk dan menunggu cuan yang diberikan.

Tetapi tetap waspada dengan sentimen dan faktor eksternal lainnya, ya! Karena sekali lagi, tidak ada investasi yang tidak berisiko.

Nah, sekarang, kamu tak perlu lelah pergi ke AS hanya untuk berinvestasi indeks S&P 500. Sebab, kamu bisa melakukannya di Pluang! Kamu bisa berinvestasi di micro e-mini S&P 500 futures index hanya dalam satu genggaman saja. Yuk, investasi di Pluang S&P 500!

Baca juga: Mau Jadi Kaya dengan Rebahan di Masa Tua? Yuk, Investasi di S&P 500!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img