fbpx
Artikel 40% Investor Pasar Modal adalah Perempuan, Ini 7 Profil di Antaranya!

40% Investor Pasar Modal adalah Perempuan, Ini 7 Profil di Antaranya!

Sektor keuangan merupakan bidang yang umumnya didominasi pria. Namun, pertumbuhan investor saham sukses perempuan signifikan terjadi seiring waktu. Kini, investor saham perempuan telah mencapai 40% dari total investor pasar modal.

Sebelumnya, persentase investor laki-laki dan perempuan di pasar modal adalah 70% berbanding 30% berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per akhir Maret 2019.

Dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan jumlah investor saham perempuan nyaris mencapai 1.000%. Beberapa di antaranya menjadi investor saham sukses yang didominasi 4% oleh ibu rumah tangga.

Ini lantaran keingintahuan perempuan terhadap investasi cukup tinggi. Survei menunjukkan investor saham perempuan cenderung lebih sabar dibandingkan laki-laki. Mereka menghindari risiko dari aktivitas investasi berlebihan.

Investor saham perempuan terbilang lebih disiplin dalam menjalankan rencana investasi sehingga risk-adjusted return (RAR) lebih kuat daripada investor laki-laki. Mereka cenderung berorientasi pada investasi jangka panjang. Survei pun menunjukkan investor saham perempuan lebih bersedia untuk belajar dan meminta saran dari para ahli.

Apakah kamu salah satu dari investor saham perempuan yang baru belajar investasi? Jika iya, kamu bisa belajar lebih banyak dari 7 investor saham sukses berikut ini.

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

#1 Geraldine Weiss, penasihat investasi

investor saham sukses geraldine weiss
Sumber: Telegraph

Ia adalah salah satu perempuan pertama yang membuat nama dan dirinya dikenal di bidang keuangan. Kini, dia menjadi salah satu investor saham sukses. Ini bermula dari belajar mandiri tentang investasi dengan baca buku, mendengarkan percakapan orang tua, dan belajar bisnis serta keuangan di perguruan tinggi.

Geraldine Weiss bahkan memulai buletin investasinya sendiri pada 1966 di usia 40 tahun. Tanggapan yang dia terima mencengangkannya, “Saya tidak bisa membayangkan akan menerima saran investasi dari seorang perempuan.”

Untuk menghindari diskriminasi gender semacam itu lebih lanjut, dia menandatangani buletinnya “G. Weiss” dan baru pada 1970-an dia mengungkapkan identitasnya sebagai seorang perempuan. Itu pun setelah dia mencapai rekam jejak sebagai investor saham sukses secara konsisten.

Strategi suksesnya adalah stock-picking yang berbasis nilai dan berorientasi pada dividen. Ini mengungguli strategi yang direkomendasikan oleh buletin lain.

#2 Muriel Siebert, investor saham sukses dan pendiri pialang

investor saham Muriel Siebert
Sumber: Washington Post

Tanpa pernah menyelesaikan perguruan tinggi, Muriel Siebert memperoleh posisi peneliti entry-level di bidang keuangan. Dia juga mendirikan perusahaan pialang Muriel Siebert & Co. pada 1967.

Untuk membuat perusahaannya terdaftar di NYSE, dia menerima banyak penolakan dari pria yang menolak mensponsori dan juga kesulitan memperoleh pembiayaan.

Dia bertahan dan brokernya menjadi broker dengan anggota perempuan pertama yang dimiliki NYSE. Pada 1975, dia mengubah perusahaannya menjadi broker diskon, konsep baru yang diperkenalkan saat itu.

Konsep visioner ini dianggap mengancam status quo sehingga dia sempat dikucilkan dari Wall Street dan hampir dikeluarkan dari Securities and Exchange Commission (SEC). Namun, dia berhasil mengatasi semua tantangan ini. Dan bahkan dia melangkah lebih jauh, dengan membawa keahliannya di bidang keuangan ke diplomasi politik yang didominasi pria.

Baca juga: Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

#3 Abigail Johnson, penasihat investasi

Abigail Johnson
Sumber: Forbes

Abigail Johnson menjadi Ketua dan CEO Fidelity Investments pada 2016, setelah menjabat sebagai Presiden dan CEO sejak 2014. Dia adalah putri mantan Ketua Fidelity, Edward C. Johson III dan cucu pendiri perusahaan. Dia memiliki hampir 25% dari perusahaan dan kekayaannya diperkirakan sebesar USD 11 miliar.

Dia memegang salah satu perusahaan reksadana terbesar dengan hampir USD 6,8 T aset dalam administrasinya, USD 2,5 T assets under management (AUM) pada 2018.

Dengan sejarah perusahaan selama 71 tahun, tentu Abigail Johson adalah salah seorang investor saham sukses yang dipilih berdasarkan kemampuannya dan bukan saja garis kelahiran.

#4 Abby Joseph Cohen, investor saham sukses dan ahli strategi portofolio

abigail johnson
Sumber; Bloomberg

Investor saham sukses satu ini menjadi ahli strategi portofolio yang dihormati selama beberapa dasawarsa. Dia sempat menjabat sebagai ekonom Dewan Federal Reserve pada 1973. Selain itu, Cohen bekerja sebagai ekonom dan ahli strategi kuantitatif di perusahaan-perusahaan keuangan utama.

Keterlibatannya termasuk di T. Rowe Price, Barclays, dan Drexel Bumham Lambert. Dia bergabung dengan Goldman Sachs pada 1990, menjadi mitra pada 1998. Ramalan positif dan akuratnya tentang pasar bull di tahun 1990-an membuatnya menjadi bintang di bidang keuangan dan disorot banyak media.

#5 Lubna S. Olayan, CEO

investor saham sukses
Sumber: Wikipedia

Lubna S. Olayan adalah CEO dari perusahaan pembiayaan Olayan, yang berbasis di Riyadh, salah satu perusahaan paling terkemuka di Arab Saudi. Dia bertanggung jawab atas 50 perusahaan manufaktur.

Olayan memasuki bisnis keluarga pada awal 1980-an meski ketika itu secara sosial tidak lazim bagi perempuan Saudi untuk bekerja dalam bisnis tersebut. Namun, dia bertahan. Olayan mempekerjakan lebih dari 540 perempuan di perusahaannya dan memperjuangkan perempuan di dunia kerja.

Dia dikenal sebagai sosok cerdas, terampil, dan tekun. Selain posisinya yang terkenal di Olayan Financing, dia menjadi anggota dewan perempuan pertama dari perusahaan publik Saudi. Dia bergabung dengan Saudi Hollandi Bank pada 2004 dan menjadi anggota dewan perusahaan investasi Perusahaan Keuangan Mesir dan investasi bank Capital Union.

Baca juga: Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

#6 Deborah A. Farrington, mitra dana modal ventura

investor saham sukses
Sumber: Forbes

Deborah adalah pendiri dan presiden perusahaan perangkat lunak keuangan StarVest Management dan mitra dari dana modal ventura StarVest Partners.

Posisinya sebelumnya selain investor saham sukses, termasuk presiden dan CEO dari sebuah perusahaan investasi ekuitas swasta, pendiri investor dan ketua perusahaan dan manajer staf yang sukses dengan beberapa lembaga keuangan.

Dia juga merupakan direktur dari dua perusahaan publik. Yakni perusahaan otentikasi koleksi Collectors Universe, Inc. Juga perusahaan perangkat lunak keuangan bisnis NetSuite, Inc.

#7 Linda Bradford Raschke, pedagang

linda bradford raschke

Linda Raschke adalah presiden dua perusahaan keuangan yang menyandang inisial namanya; LBRGroup, Inc., penasihat perdagangan komoditas, dan LBR Asset Management, operator kumpulan komoditas.

Sebagai investor saham sukses, Linda mulai berdagang secara profesional pada 1980-an dan bekerja sebagai market maker untuk opsi saham. Selama enam tahun, dia bekerja di Bursa Pantai Pasifik dan Bursa Efek Philadelphia sebelum jadi pedagang mandiri.

Linda menulis buku tentang strategi perdagangan probabilitas tinggi. Dia juga memberi kuliah tentang perdagangan untuk sejumlah organisasi, termasuk Managed Futures Association dan Bloomberg.

Kesamaan dari ketujuh investor saham sukses perempuan ini adalah bahwa mereka berani terus melangkah di sektor yang sebelumnya didominasi laki-laki. Dengan keuletan dan kecerdasannya, mereka tunjukkan perempuan pun tak kalah bersaing di bidang keuangan.

Sumber: Investopedia, Okefinance

Simak juga:

Nggak Pakai Ribet, Begini Cara Praktis Top Up Kartu Flazz BCA-mu

5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari!

Jajal Peruntungan Bisnis Kuliner Online, Ini 7 Cara yang Bisa Kamu Coba

Enggak Semuanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

Artikel Terbaru