Currently set to Index
Currently set to Follow

Menghilang Tiga Bulan, Jack Ma Akhirnya Muncul ke Publik

Jack Ma, pendiri Alibaba Group dan triliuner asal China, akhirnya muncul ke publik setelah “menghilang” sejak Oktober. Kemunculan Ma terlihat pada Rabu (21/1) ketika ia sedang berbicara dengan sekelompok guru melalui video.

Di dalam video berdurasi 50 detik itu, Jack Ma mengenakan pakaian berwarna biru gelap dan berbicara di dalam ruangan berdinding abu-abu. Namun, lokasi ruangan tersebut masih belum diketahui dengan pasti.

Alibaba dan yayasan amal milik Jack Ma mengonfirmasi kehadirannya di acara tersebut. Pada Rabu kemarin, Ma berpartisipasi dalam seremoni yang diselenggarakan yayasan tersebut dan mengundang guru-guru yang mengajar di daerah terpencil.

Hanya saja, yayasan tersebut dan Alibaba enggan berkomentar lebih jauh.

Baca juga: China Niat Nasionalisasi Alibaba dan Ant Milik Jack Ma

Kapan Jack Ma Hilang?

Jack Ma tidak muncul ke publik setelah melontarkan kritikan pedas kepada regulator finansial China pada Shanghai Forum 24 Oktober lalu. Kala itu, ia menyebut bahwa regulator China menghambat inovasi bisnis di negara tersebut.

China diduga marah keras dan membuat Ma gagal melaksanakan salah satu aksi korporasi terbesar sepanjang karier bisnisnya. Yakni, menawarkan saham perdana (IPO) Ant Group miliknya ke publik sebesar US$37 miliar, yang seharusnya dijadwalkan pada 4 November lalu.

Spekulasi mengenai keberadaan Ma bergulir pada awal bulan ini, di mana ia urung menjadi juri di babak final sebuah reality show. Keberadaan Ma menjadi kekhawatiran setelah pemerintahan China melakukan serangkaian investigasi yang diduga akan menghancurkan gurita bisnisnya.

Pada Desember lalu, Komisi Persaingan Usaha China mengatakan telah memulai investigasi atas dugaan praktik monopoli yang dilakukan oleh perusahaan belanja daring besutan Ma, Alibaba. China menuduh Alibaba telah memaksa penjual yang berada di situsnya hanya untuk menjual barangnya secara eksklusif di platform belanja daring tersebut.

Kemudian, People’s Bank of China juga mengatakan bahwa Ant Group, perusahaan Jack Ma di bidang jasa keuangan digital, telah dipanggil empat regulator keuangan negara tirai bambu tersebut. Mereka akan “memandu” Ant Group untuk menerapkan pengawasan keuangan dan mengatur layanannya.

Baca juga: Kerugian Jack Ma US$7 M Berimbas ke Ekonomi China

Dampak Munculnya Jack Ma ke Saham Alibaba Group

Kemunculan Ma tentu meredakan kekhawatiran pelaku pasar atas tindakan China yang seolah-olah “kontra investasi”. Kabar ini juga melontarkan harga saham Alibaba Group naik 8,5% di Bursa Saham Hong Kong.

Kondisi ini memulihkan harga saham Alibaba Group yang runtuh lantaran menjadi objek investigasi otoritas China. Namun, harga saat ini masih 11% lebih rendah dibanding harga sebelum pembatalan IPO Ant Group.

Banner Blog Pluang

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img