Perkara Wabah Coronavirus, Jack Ma Gelontorkan Dana Bantuan Sebesar Rp201,6 Miliar

Jack Ma, pendiri Alibaba (BABA), dalam siaran coronavirus update dinyatakan telah menyumbangkan dana sebesar 100 juta yuan (setara USD 14,4 juta). Ini dilakukan lewat yayasannya untuk bantu menemukan vaksin bagi coronavirus Wuhan.

Angka yang disumbangkan orang terkaya di China ini setara Rp201,6 M (dengan kurs Rp14.000). Sementara itu, Jack Ma Foundation sebutkan miliarder ini alokasikan 40 juta yuan (USD 5,8 juta) untuk dua organisasi penelitian pemerintah China.

Yayasan ini menyebutkan bahwa sisa dana akan digunakan untuk mendukung langkah-langkah pencegahan dan perawatan pasien yang terpapar virus. Sejauh ini, belum ditemukan vaksin untuk coronavirus.

coronavirus update
Sumber: CNN Indonesia

Coronavirus update ini memang menarik perhatian warga global, tak terkecuali orang-orang terkaya di dunia seperti Jack Ma dan Bill Gates.

Dalam kabar terakhir, korban meninggal telah mencapai 170 orang. Wabah terus menyebar ke sejumlah 18 negara dan capai hingga 7.711 kasus. Sementara itu, menurut Komisi Kesehatan Nasional Cina, 170 orang berhasil disembuhkan dan dipulangkan.

Senada dengan Jack Ma, Bill Gates melalui yayasan Bill and Melinda Gates Foundation juga memberikan bantuan berupa dana sebesar USD 10 juta (Rp136 M). Ini ditujukan untuk akomodasi bagi perawatan pasien terjangkit coronavirus di Cina dan Afrika.

Baca juga: Merosot hingga 1,6%, Pasar Saham Global “Tumbang” Hadapi Virus Corona

Sejumlah miliarder dunia, bersama Jack Ma, guyurkan dana untuk bantu tangani wabah

 jack ma
Sumber: Forbes

Dalam coronavirus update, sejumlah miliarder dan perusahaan multinasional Cina, AS, dan negara-negara global berbondong-bondong membantu penyembuhan wabah virus corona.

Selain menyumbang 100 juta yuan, perusahaan Jack Ma Alibaba mengumumkan akan menggalang dana 1 milyar yuan (USD 144 juta). Sumbangan ini untuk membantu rumah sakit membeli pasokan medis yang sangat dibutuhkan di Wuhan.

Perusahaan Alibaba juga tawarkan tenaga komputasi kecerdasan buatan cuma-cuma bagi organisasi penelitian ilmiah yang dukung pencarian vaksin atau perawatan pasien.

Di samping Jack Ma, raksasa teknologi China mesin pencari Baidu (BIDU), e-commerce Tencent (TCHEY), Huawei, dan ByteDance pemilik TikTok yang dijalankan miliarder Robin Li, Ma Huateng, Ren Zhengfei, dan Zhang Yiming juga ikut serta memerangi virus corona.

Baidu, Tencent, dan ByteDance menjanjikan dana 800 juta yuan (USD 115 juta) untuk meneliti perawatan baru dan membantu pihak berwenang di daerah yang paling terdampak.

Industri fashion LVMH di bawah miliarder Perancis Bernard Arnault dan Francois Pinault juga menyumbangkan USD 2,3 juta dan USD 1 juta.

Merek pakaian olahraga Anta Sports yang dijalankan miliarder China Ding Shizhong juga menjanjikan 10 juta yuan (USD 1,4 juta) kepada Federasi Amal Cina, yang bantu kirimkan pasokan ke petugas kesehatan di Hubei.

CEO Apple Tim Cook lewat Twitter juga umumkan bahwa produsen iPhone akan berkontribusi pada upaya di lapangan.

Baca juga: Khawatir Penyebaran Virus Corona, Starbucks Tutup Separuh Gerainya di Cina

Selain miliarder, beberapa selebritas Cina ini bantu awasi coronavirus update

virus korona
Medical staff members carry a patient into the Jinyintan hospital, where patients infected by a mysterious SARS-like virus are being treated, in Wuhan in China’s central Hubei province on January 18, 2020.
Sumber: CNBC

Beberapa selebritas berdarah Cina menunjukkan kepeduliannya atas bencana nasional yang diakibatkan virus mematikan ini.

Dari donasi ribuan masker hingga penyediaan alat-alat kesehatan dilakukan oleh para selebritas ini demi bantu Cina melawan wabah coronavirus.

Barbie Hsu menyumbangkan 10.000 masker untuk dikirim ke Wuhan. “Istriku juga orang Taiwan dan dia beli 10.000 masker di Jepang. Kami mengirimkannya ke perantara saya di Wuhan dan dia akan membantu kami mendonasikannya,” tulis akun Weibo, Wang Xiaofei, suami Barbie.

Selain Jack Ma dan miliarder lainnya, media Cina juga ramai melaporkan sumbangan. Louis Koo menyumbang RMB 10 juta (setara Rp19 M) ke Wuhan Benevolent General Association. Bantuan ini lalu digunakan untuk membeli peralatan medis.

Sementara itu, Han Hong, penyanyi berdarah Cina, mengajak selebritas lain seperti Sun Li, Chen Xiao, dan Michelle Chen untuk berdonasi demi Wuhan. Hasil pengumpulan dana tahap pertama digunakan mensuplai obat-obatan dan peralatan medis.

Zhu Yilong, aktor Cina, juga mendonasikan dana RMB 1 juta (Rp1,9 M) ke Wuhan Benevolent General Association. Diketahui bahwa Zhu Yilong memang adalah salah satu warga Wuhan juga.

Sumber: CNN International, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Indonews, Detik, Kompas

Simak juga:

Dibanderol Rp1,5 Juta per Kg, Kinmemai Premium Jadi Beras Temahal di Dunia

Psst.. Ini 5 Rahasia Sukses Warren Buffett, Tokoh Investasi Paling Sukses di Dunia

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img