Currently set to Index
Currently set to Follow

Jade Plants, “Tanaman Uang” Keberuntungan ala Drama Korea Start-Up

Drama Korea Start-Up menjadikan pohon jade plants tren di kalangan penonton drakor. Kamu tentunya ingat tanaman hias daun dengan pot berwarna pink yang diberikan Seo Dal-mi kepada Nam Do-san saat berkunjung ke “kantor” Samsan Tech. Ketika itu, pot berisi jade plants ini diberikan dengan label “semoga sukses”.

Tanaman Jade Plants yang sedang tenar saat ini umumnya ditanam karena memiliki daun yang berwarna hijau cerah.

Meskipun tanaman ini merupakan tanaman untuk dalam ruangan, ketika dipelihara di bawah sinar matahari langsung, daunnya akan berubah merah.

Di beberapa tempat, tanaman jade plants ini sering dijuluki sebagai “tanaman uang“ dan dianggap sebagai perlambang keberuntungan dan kemakmuran.

Daun tanamannya yang berwarna hijau cerah ini dianggap menyerupai batu giok yang merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran. Berdasar feng shui, tanaman ini akan sangat baik diletakkan di dekat pintu depan rumah. Artinya untuk menerima uang masuk ke rumah.

Dengan batang yang tebal dan daun berbentuk oval, jade plants menjadi menarik untuk digunakan sebagai hiasan. Tumbuhan ini masa hidupnya panjang. Di beberapa tempat, tumbuhan ini seringkali diwariskan dan bisa mencapai tinggi 1 meter ketika ditanam di dalam ruang.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

Tanaman Kesayangan dan Keberuntungan Seo Dal-mi dan Nam Do-san di Drakor Start-Up

Jade plants bisa bertahan dari kondisi penanaman yang beragam. Jika ingin tanaman anda tumbuh menjadi tanaman yang paling cantik, jangan lupa untuk menaruhnya di bawah sinar matahari.

Melakukan hal tersebut akan menumbuhkan daun jade plants yang tebal. Jika jade plants ditaruh di tempat yang hanya mendapatkan sedikit sinar matahari, daunnya akan tumbuh menyempit dan berwarna agak abu-abu.

Tanaman ini juga lebih cocok ditanam pada tanah yang agak kering namun diairi dengan baik. Menanam jade plants pada tanah yang terlalu asam akan membuat akarnya membusuk. Pada musim tanam, berikan tanaman anda dosis rendah pupuk sesekali untuk menjaga kehijauan tanamannya.

Jade plants membutuhkan setidaknya 4 jam sinar matahari langsung setiap harinya. Dapur dan kantor yang jendelanya menghadap selatan dan barat biasanya tempat yang baik untuk mendapatkan cahaya.

Mengairi jade plants dengan tepat sangatlah penting. Pada saat musim kemarau tanaman ini akan membutuhkan lebih banyak air.

Tanaman ini harus dibasahi seluruhnya, kemudian tunggu dulu hingga tanahnya agak kering sebelum menyiram lagi. Pada musim hujan, tanaman ini bisa menjadi dorman. Ini berarti pertumbuhannya akan melambat atau bahkan berhenti seluruhnya.

Pada masa ini, tidak perlu menyiram terlalu sering. Hindari membasahi daunnya ketika menyiram karena pada lingkungan yang lembab, hal ini bisa membusukkan lebih cepat.

Baca juga: Jadi “Cewek Keren” dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

Pintar-pintar merawat “pohon uang” Jade Plants

Jade plants bisa sangat sensitif terhadap kandungan garam pada air keran. Air yang sudah disaring atau ditawarkan adalah pilihan yang lebih baik. Jika tanaman sudah mulai meranggas dan daunnya mengkerut, atau muncul bintik, itu tandanya airnya kurang. Untuk nutrisi tanaman, gunakan pupuk campuran atau yang terbuat dari kaktus.

Meskipun bisa ditanam di luar selama daerah tersebut beriklim kering, tanaman ini tidak tahan dingin. Tanaman ini juga tak tahan jika ditaruh di tempat yang berangin.

Di tempat dimana suhunya berada pada atau dibawah titik beku, sebaiknya ditanam di dalam container. Jangan taruh jade plants di luar jika suhunya berada di bawah 10°C.

Jade plants sebaiknya dipindahkan ke pot baru setiap 2 atau 3 tahun sekali agar pertumbuhannya baik. Jika tanamannya lebih tua, lakukan setiap 4 atau 5 tahun sekali. Setelah memindahkan pot, tak perlu menyiramnya selama seminggu. Tunggu selama setidaknya sebulan agar tidak menghilangkan akar yang baru.

Ketika tanaman ada di luar, semprot dengan rutin untuk membersihkan debu-debu yang menumpuk. Periksa tanamannya, termasuk bagian bawah daunnya, untuk melihat apakah ada hama. Menyingkirkan hama tersebut bisa dengan tissue beralkohol.

Varian jade plants

Ada beberapa varian dari tanaman ini. Berikut beberapa diantaranya yang populer. Pertama adalah varietas Hummel’s Sunset. Varietas ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 90 cm. Ukuran daunnya kira-kira sama dengan Crassula Ovata. Yang membedakan dengan jade plants yang berwarna hijau, varietas ini berwarna kuning keemasan. Warna bunganya putih dan wanginya serupa dengan bunga lavender.

Yang kedua adalah Tricolor. Varietas jade plants yang ini warnanya mirip dengan lemon. Jika terkena matahari, warna daunnya bisa berubah menjadi pink. Tingginya hanya sekitar 90 cm. Daunnya tebal dan panjangnya bisa mencapai 5 cm. Bunganya berbentuk bintang yang berwarna putih namun ada nuansa pinknya.

Varietas ketiga adalah Gollum. Pada varietas ini, daunnya kecil namun berbentuk tabung dengan nuansa warna merah, Jade plants ini bisa tumbuh hingga 90 cm. Bunganya berbentuk bintang namun lebih kecil dari varietas tricolor. Warnanya juga serupa, yaitu putih dengan nuansa pink.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: CNN Indonesia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img