Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Jadi Kaya dengan Rebahan di Masa Tua? Yuk, Investasi di S&P 500!

Beberapa tahun yang lalu, raja saham dunia Warren Buffet mengatakan bahwa ia sangat mengidolakan indeks saham S&P 500 lantaran pertumbuhan nilainya fantastis dalam jangka panjang. Menurutnya, itu adalah salah satu cara yang tepat bagi masyarakat untuk menjadi kaya.

Bahkan, ia meminta wali amanat hartanya untuk menginvestasikan 90% uang yang dimilikinya untuk diberikan ke istrinya dalam bentuk reksadana S&P 500 setelah ia meninggal.

Rencana tersebut tampaknya sangat jitu dalam mendulang cuan. Sebab, S&P 500 adalah jajaran 500 perusahaan paling bonafit seantero Amerika Serikat. Sehingga, berinvestasi di dalamnya tentu bukan pilihan yang salah.

Namun, apa benar berinvestasi di S&P 500 bisa bikin seseorang menjadi miliuner di masa tua?

Baca juga: Apa Itu S&P 500?

Mau Jadi Kaya dengan Rebahan di Masa Tua? Yuk, Investasi di S&P 500!, Pluang

Investasi di S&P 500: Cara Tepat Menjadi Kaya

Dalam 25 tahun terakhir, indeks S&P 500 memang menunjukkan pertumbuhan yang cukup bikin senyum mengembang.

Di akhir 1996, nilai indeks saham tersebut hanya di angka 748,87. Tapi, di akhir tahun 2020, nilainya sudah mencapai kisaran 3.600. Artinya, nilai indeks tersebut sudah tumbuh 380%.

Namun, di tengah kinerja cemerlang tersebut, tentu saja nilai indeks saham tersebut sempat mengalami goncangan pada 2000, 2008, dan 2020. Hanya saja, investor jangka panjang yang menaruh harapan di indeks saham bergengsi itu pasti sudah menikmati imbal hasil yang luar biasa selama kurun waktu tersebut.

Bayangkan saja jika investor-investor juga melakukan reinvestasi dividen yang mereka terima. Pasti cuan yang mereka hasilkan bisa bernilai fantastis!

Tapi, mungkin ada satu pertanyaan yang tersisa: Bagaimana cara memprediksi investasi S&P 500 di masa depan?

Sebagai contoh, anggap saja imbal hasil indeks saham itu terbilang 10% per tahun dan investor berencana untuk “merelakan” dananya selama 30 tahun mendatang. Maka, berinvestasi US$446 per bulan saja nantinya akan bikin mereka berjuta-juta dolar lebih kaya saat pensiun.

Bagi para pensiunan, imbal hasil tersebut tentu sudah lebih dari cukup untuk menghidupi sisa hidup mereka. Imbal hasil tersebut juga mungkin bisa ikut menghidupi keturunan mereka kalau biaya hidup dan gaya hidupnya pun tidak terlalu mewah.

Baca juga: Vaksin dan Stimulus Fiskal AS Cerahkan Prediksi Saham S&P 500 Tahun Ini

Apakah Berinvestasi di S&P 500 Saja Sudah Cukup Menjamin Jadi Kaya?

Jawaban untuk pertanyaan di atas tentu saja adalah “betul”. Namun, berinvestasi di S&P 500 bukan cuma soal naik-turun nilai indeksnya semata. Sebab, agar bisa menikmati cuan maksimal dari indeks saham itu, investor juga harus punya niat yang kokoh.

Mereka harus rela menempatkan dananya di indeks bonafit itu dalam jangka waktu yang lama, tidak berencana untuk keluar dari pasar, dan menempatkan dividen yang mereka hasilkan untuk reinvestasi. Selain itu, yang terpenting, investor tidak boleh latah ikut-ikutan strategi jual-beli secara cepat.

Kalau seluruh cara itu sudah dilakukan dengan tekun, maka investasi di indeks saham tersebut dijamin bikin tajir!

Intinya, berinvestasi di S&P 500 adalah cara yang tepat menjadi kaya di masa depan asal kamu juga merencanakannya dengan baik.

Menaruh harapan pada imbal hasilnya setelah pensiun juga tidak ada salahnya. Apalagi, indeks saham tersebut bisa diakses oleh investor pemula maupun investor kawakan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: The Motley Fool

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img