Currently set to Index
Currently set to Follow

Buruan Catat Sobat Cuan! Ini Jadwal Puasa dan Libur Lebaran 2021!

Siapa yang tak sabar menunggu datangnya bulan suci ramadan? Selain berkesempatan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah puasa, tak dipungkiri banyak yang menanti momen ini untuk mengantongi Tunjangan Hari Raya (THR) dan libur hari raya Idul Fitri, atau biasa disebut lebaran. Tak terkecuali di tahun 2021 ini.

Pada akhir Februari lalu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) bersama dengan Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait libur lebaran tahun 2021.

Namun, tak seperti tahun-tahun sebelumnya, libur lebaran kali ini harus dipangkas menjadi satu hari saja. Alasannya, tidak lain dan tidak bukan untuk mencegah penularan COVID-19, yang sampai saat ini masih menjadi pandemi di Indonesia.

Lantas bagaimana jadwal terbaru tersebut?

Baca juga: Tetap Produktif Meski Kerja dari Rumah, Ini 9 Trik dari Para Freelancer Sukses

Buruan Catat Sobat Cuan! Ini Jadwal Puasa dan Libur Lebaran 2021!, Pluang

Jadwal Puasa dan Libur Lebaran 2021

Namun, sebelum melangkah ke jadwal libur lebaran, ada baiknya kita mengetahui jadwal puasa di tahun ini.

Hingga saat ini, pemerintah belum mengumumkan hari jatuhnya 1 Ramadan 1422 Hijriah lantaran keputusan tersebut akan diterbitkan setelah pemerintah menyelenggarakan sidang itsbat. Namun, jika mengambil jadwal kalender penanggalan Islam, maka 1 Ramadan tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 13 April 2021.

Muhammadiyah sendiri juga sudah menetapkan awal puasa di tanggal yang dimaksud. Di sisi lain, Nahdlatul Ulama belum menetapkan tanggal awal puasa meski sudah memprediksi bahwa 1 Ramadan 1422 Hijriah akan jatuh di tanggal tersebut.

Setelah berpuasa selama sebulan lamanya, umat Islam bisa merayakan hari raya Idul Fitri pada Kamis 13 Mei dan Jumat 14 Mei 2021. Adapun menurut SKB yang dimaksud, cuti bersama untuk lebaran 2021 hanya akan ada pada Rabu tanggal 12 Mei 2021.

Hal tersebut bisa terlihat di kalender di bawah ini. (Geser ke bulan April dan Mei untuk melihat tanggal perkiraan awal dan akhir bulan ramadan dan hari raya Idul Fitri)

Baca juga: Lebaran di Masa Pandemi, Yuk Atur Uang THR dengan 4 Cara Bijak Ini

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Tirto, Detikcom

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img